Thursday, August 9, 2018

Legenda Cthulhu


Cthulhu adalah entitas kosmik yang diciptakan oleh penulis H. P. Lovecraft dan pertama kali diperkenalkan dalam cerita pendek "The Call of Cthulhu", dalam majalah pulp Amerika, Weird Tales pada tahun 1928.

Dianggap sebagai Great Old One dalam jajaran entitas kosmik Lovecraftian, Cthulhu telah ditampilkan dalam berbagai referensi budaya populer.


Cthulhu digambarkan sebagai entitas raksasa (dewa) yang disembah oleh para pemuja.

Penampilan Cthulhu digambarkan terlihat seperti gurita, naga, atau berbentuk manusia.


Meskipun diciptakan pada tahun 1928 (oleh Lovecraft), nama Cthulhu mungkin berasal dari kata Chthonic (bahasa Yunani Klasik), yang berarti "subterranean", seperti yang dikemukakan oleh Lovecraft sendiri di akhir kisahnya pada tahun 1923, The Rats in the Walls.

Lovecraft menuliskan pelafalan Cthulhu sebagai Khlûl′-hloo dan mengatakan bahwa "suku kata pertama diucapkan secara guttural dan sangat tebal."

Cthulhu juga telah dieja dengan banyak cara, termasuk Tulu, Katulu dan Kutulu. Namanya sering didahului oleh julukan Great, Dead, atau Dread.

Lama setelah kematian Lovecraft, pengucapan ejaan /kəˈθuːluː/ kə-THOO-loo (atau ditranskripsikan sebagai kuh-THOO-loo) menjadi umum.

Role Playing Game Call of Cthulhu telah menggunakan pelafalan klhul-hoo atau tluhluh

Dalam "The Call of Cthulhu", H. P. Lovecraft menggambarkan sebuah patung Cthulhu sebagai "Monster yang secara garis besar menyerupai manusia, tetapi dengan kepala mirip gurita yang wajahnya dipenuhi oleh peraba, tubuh bersisik tampakk elastis, cakar yang luar biasa besar pada kaki belakang dan depannya, dan sayap kecil yang tipis dan panjang di belakangnya."

Gambar Cthulhu oleh H. P. Lovecraft pada tahun 1934

Cthulhu telah digambarkan memiliki penampilan menyerupai gurita, naga dan berbentuk manusia, sepanjang ratusan meter, dengan tangan dan kaki berselaput yang tampak seperti manusia dan sepasang sayap belum sempurna di punggungnya.


Kepala Cthulhu digambarkan mirip dengan gurita raksasa, dengan sejumlah tentakel tak terhitung di sekitar mulutnya.


Hanya dengan melihatnya, dapat membuat seseorang menjadi gila, suatu sifat yang dimiliki oleh banyak Great Old Ones dan Outer Gods.

Cerita pendek awal H. P. Lovecraft "The Call of Cthulhu" yang diterbitkan di Weird Tales pada tahun 1928, menetapkan karakter tersebut sebagai entitas jahat yang berhibernasi (terperangkap atau terkubur) di dalam R'lyeh, sebuah kota bawah laut di Pasifik Selatan.


Cthulhu yang dipenjara tampaknya merupakan sumber kecemasan yang terus-menerus bagi umat manusia pada tingkat bawah sadar, dan juga subjek pemujaan oleh sejumlah agama (terletak di beberapa tempat di seluruh dunia, termasuk Selandia Baru, Greenland, Louisiana, dan pegunungan Cina) dan monster Lovecraftian lainnya (disebut Deep Ones dan Mi-Go).

Cerita pendek ini menegaskan premis bahwa, sementara untuk saat ini terjebak, Cthulhu pada akhirnya akan bangkit kembali dan menghancurkan peradaban manusia agar dapat menguasai planet Bumi.

Para penyembahnya menyanyi dengan memuji-muji "Ph'nglui mglw'nafh Cthulhu R'lyeh wgah'nagl fhtagn" ("Di rumahnya di R'lyeh, Cthulhu yang mati menunggu bermimpi").


Karakter Cthulhu juga diperluas ke dalam Game seperti :

Perusahaan game TSR memasukkan seluruh bagian tentang mitos Cthulhu (termasuk statistik untuk karakter) dalam cetakan pertama Dungeons & Dragons, Deities & Demigods (1980).


Cthulhu kembali disebutkan dalam edisi ke-5 Dungeons & Dragons Player's Handbook (2014), setelah Dagon (salah satu kreasi fiksi Lovecraft), tampil menonjol dalam edisi ke-4 dari aturan permainan.

Pada tahun 2006, Bethesda Softworks bersama dengan Ubisoft dan 2K Games menerbitkan sebuah game yang dibuat oleh Headfirst Productions berjudul Call of Cthulhu: Dark Corners of the Earth, berdasarkan karya Lovecraft.

Meski Cthulhu sendiri tidak muncul, kehadirannya disinggung beberapa kali dan sebuah patung yang menggambarkan dirinya muncul di salah satu kuil yang berdampak negatif terhadap kesehatan jiwa pemain.

Pada tahun 2007, Steve Jackson Games merilis perulangan dari permainan kartu mereka Munchkin disebut Munchkin Cthulhu.

Game itu menghadirkan Cthulhu dan mitos-mitos di sekitarnya dengan gaya seni kartun dan nada komedi yang sangat mengutamakan tema kegilaan dan kultisme.

Cthulhu digambarkan sebagai makhluk hijau terang yang kelebihan berat badan dengan kepala besar, bulat, dan sepasang sayap kecil yang tidak proporsional.


World of Warcraft memiliki banyak referensi Cthulhu dan mitosnya, dengan salah satu "Old Gods" bernama N'Zoth yang beristirahat di sunken city.


Pada tahun 2016, Z-Man, merilis versi alternatif permainan papan Pandemic mereka.

Adaptasi baru ini, Pandemic: Reign of Cthulhu berkaitan dengan mitos Cthulhu dan penjelajah ras untuk menyelamatkan dunia sebalum Cthulhu kembali.

Cthulhu juga pernah muncul dalam dunia politik, salah satunya berasal dari poster pemilihan Presiden Polandia 2010, dengan judul yang diterjemahkan sebagai "Pilih kejahatan yang lebih besar. Pilih Cthulhu".


Meskipun Cthulhu dipenjara di R'lyeh, yang membuat pengetahuannya terbatas, ia diduga seorang Eldritch dan master dalam kemampuan psikis. Dia dapat membuat orang menjadi gila dan juga membunuh tanpa menyentuh.

Cthulhu memiliki sejumlah besar pengikut manusia dan non-manusia. Meski Cthulhu tertidur, ia masih bisa berkomunikasi dengan pengikutnya melalui telepati.

(Sumber : wikipedia)

15 comments:

  1. jadi intinya cuma karangan atau masih mitos?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Karena pertama kali munculnya dari cerita pendek, kemungkinan besar makhluk ini cuma fiksi..

      Delete
    2. sip mas bro thank atas tanggapannya

      Delete
  2. menakutkan ya kalo bener bener ada

    ReplyDelete
  3. Mirip dajal ya, hanya bentuknya gurita

    ReplyDelete
  4. Maaf saya tidak percaya bahwa cthulhu akan menguasai bumi,karena kan dia kan bukan tuhan(Allah SWT)

    ReplyDelete
  5. Cthulhu ITU asli (kisah nyata oi)


    ReplyDelete
  6. dulu pada zaman nabi nuh, ada malaikat2 dari surga yg naksir sama cewek cantik bangsa manusia, mereka ini melanggar atau berdosa dengan kawin sama cewek bangsa manusia, karna malaikat itu tidak boleh kawin, mereka ini diikat oleh PM atau polisi malaikat yg bernama mikail dan di masukkan ke penjara. ktulu adalah salah satu dari malaikat2 yg kawin itu. dan dia masih dipenjara. nanti dia akan dilepas untuk menghancurkan muka bumi sebelum ia dibuang ke neraka jahanam

    ReplyDelete
  7. bahas outer god yang lain dong min

    ReplyDelete
    Replies
    1. Akan lebih membantu jika disebutkan secara spesifik entitas nya ..

      Delete