Thursday, April 12, 2018

Legenda Well to Hell


"Well to Hell" adalah sebuah legenda tentang lubang bor di Rusia yang konon dibor begitu dalam sehingga menerobos masuk ke Neraka. Legenda ini telah beredar di internet setidaknya sejak tahun 1995.


Legenda mengatakan bahwa tim insinyur Rusia yang dipimpin oleh seseorang bernama "Mr. Azzacov" di tempat yang tidak disebutkan di Rusia, telah mengebor lubang sedalam 14,4 km untuk memastikan bahwa pusat bumi itu berongga, dan sebelum menembus rongga, mata bor tiba-tiba berputar dengan liar.


Karena rasa ingin tahu oleh penemuan yang tidak terduga ini, mereka menurunkan mikrofon yang sangat tahan panas dan super sensitif, bersama peralatan sensorik lainnya.

Suhu di dalam lubang yang sangat dalam itu mencapai sekitar 1.000 °C (2,000 °F).

Mereka kemudian terkejut karena telah mendengar suara ribuan, atau mungkin jutaan jiwa yang menderita seperti dalam keadaan tersiksa, sebuah jeritan jiwa-jiwa terkutuk dari dalam bumi.



Kisah ini dilaporkan pertama kali diterbitkan oleh surat kabar Finlandia Ammennusastia, sebuah jurnal yang diterbitkan oleh sekelompok orang Kristen dari Leväsjoki, sebuah desa di kotamadya Siikainen di Finlandia Barat.


Dalam Ammennusastia, Mr. Azzacov mengatakan :
Jeritan telah terdengar dari jiwa-jiwa terkutuk dari lubang terdalam di bumi. Para ilmuwan takut bahwa mereka telah melepaskan kekuatan jahat neraka ke permukaan bumi.

Informasi yang kami kumpulkan sangat mengejutkan, bahwa kami sangat takut dengan apa yang mungkin kami temukan di sana. Kejutan kedua adalah suhu tinggi yang kami temukan di pusat Bumi. Perhitungan menunjukkan suhu sekitar 1.100 derajat Celsius, atau lebih dari 2.000 derajat Fahrenheit. Ini sangat jauh dari yang kami harapkan. Sepertinya api seperti neraka secara brutal terjadi di pusat bumi.

Penemuan terahir adalah yang paling mengejutkan bagi telinga kami, sedemikian banyak sehingga para ilmuwan takut untuk melanjutkan proyek. Kami mencoba mendengarkan pergerakan bumi pada interval tertentu dengan mikrofon supersensitif, yang dilepaskan melalui lubang.

Apa yang kami dengar mengubah pemikiran logis para ilmuwan menjadi ketakutan. Suara itu terkadang lemah, tetapi ada suara bernada tinggi yang kami pikir berasal dari peralatan kami sendiri.

Tapi setelah beberapa penyesuaian, kami dapat memahami bahwa suara itu berasal dari dalam bumi. Kami hampir tidak percaya telinga kami sendiri. Kami mendengar suara manusia, menjerit kesakitan. Meskipun satu suara dapat dibedakan, kami dapat mendengar ribuan, mungkin jutaan, yang terdengar di sekitarnya, teriakan jiwa-jiwa yang menderita.

Setelah penemuan yang mengerikan ini, sekitar setengah dari para ilmuwan berhenti karena ketakutan. Semoga, apa yang ada di sana tetap berada di sana.

Sebagai seorang Komunis, Saya tidak percaya surga atau Alkitab, tetapi sebagai seorang ilmuwan, sekarang saya percaya pada neraka. Dan kami benar-benar yakin bahwa kami telah mengebor sampai ke gerbang Neraka!

Bor tiba-tiba mulai berputar liar, menunjukkan bahwa kami telah mencapai sebuah daerah kosong yang besar atau gua. Sensor suhu menunjukkan peningkatan panas yang dramatis hingga 2.000 derajat Fahrenheit.

Kami menurunkan mikrofon, yang dirancang untuk mendeteksi suara pergerakan lempeng di bawah lubang. Tapi bukannya mendengar suara gerakan lempeng bumi, kami mendengar suara manusia yang menjerit kesakitan! Awalnya kami pikir suara itu berasal dari peralatan kami sendiri.

Tetapi ketika kami melakukan penyesuaian, jeritan itu bukan berasal dari satu manusia, itu adalah jeritan jutaan manusia.
Rich Buhler, yang mewawancarai para editor, menemukan bahwa ceritanya didasarkan pada ingatan atas surat yang dicetak di bagian surat kabar Etelä Soumen (mungkin Etelä-Suomen Sanomat).

Ketika menghubungi penulis surat itu, Buhler menemukan bahwa itu cerita diambil dari sebuah kisah yang muncul dalam buletin Kristen Finlandia bernama Vaeltajat, yang telah mencetak kisah itu pada Juli 1989.

Editor buletin kemudian mengklaim bahwa asal-usulnya berasal dari sebuah buletin yang disebut Jewels of Jericho, yang diterbitkan oleh sekelompok orang Yahudi Mesianik di California. Di sini, Buhler berhenti menelusuri asal-usul kisah ini lebih jauh.

Tabloid Amerika segera menyebarkan kisah itu dan file suaranya mulai muncul di berbagai situs di Internet.

Kisah itu akhirnya sampai ke Trinity Broadcasting Network (TBN), yang menyiarkannya di jaringan, mengklaimnya sebagai bukti keberadaan Neraka secara harfiah.

Åge Rendale, seorang guru Norwegia, menulis kepada jaringan, awalnya mengklaim bahwa dia tidak mempercayai kisah itu, tapi ketika dia kembali ke Norwegia, dia diduga membaca cerita asli dari kisah tersebut.

Menurut Rendalen, kisah itu menyatakan bahwa bukan hanya lubang kutukan yang nyata, tetapi juga muncul penampakan hantu seperti kelelawar (gambaran umum dari setan, seperti dalam The Torment of Saint Anthony karya Michelangelo atau Bat Boy oleh by Weekly World News) yang telah bangkit dari lubang itu sebelum membara di sepanjang langit Rusia.

Untuk mengabadikan tipuannya, Rendalen dengan sengaja salah menerjemahkan artikel Norwegia tentang inspektur bangunan lokal ke dalam cerita, dan menyerahkan baik artikel asli dari Norwegia dan terjemahan bahasa Inggris ke TBN.

Rendalen juga mencantumkan nama asli, nomor telepon, dan alamatnya, serta orang-orang teman pendeta yang tahu tentang tipuan itu dan telah setuju untuk mengungkapkannya kepada siapa pun yang meminta verifikasi.

Bagaimanapun, TBN tidak melakukan apa pun untuk memverifikasi klaim Rendalen, dan menyiarkan kisah itu sebagai bukti kebenaran cerita aslinya.

Sejak publisitasnya, banyak versi alternatif dari cerita Well to Hell telah diterbitkan.

Pada tahun 1902, tabloid Amerika Serikat Weekly World News menerbitkan versi alternatif dari kisah tersebut, yang bertempat di Alaska di mana 13 penambang tewas setelah Setan keluar dari neraka.


Pada kenyataannya, Uni Soviet telah mengebor sebuah lubang sedalam lebih dari 12 km, Kola Superdeep Borehole, yang terletak di Kola Peninsula (tidak di Siberia), yang berbatasan dengan Norwegia dan Finlandia.

Kola Superdeep Borehole

Setelah mencapai kedalaman 12,262 meter pada tahun 1989, beberapa anomali geologis yang menarik ditemukan (seperti formasi batuan langka, aliran gas dan air), suhu ketika itu mencapai 180 °C (tidak 1,000 °C), dan tentu saja tidak ada jeritan mengerikan yang terdengar dari dalam lubang tersebut.

Rekaman suara berupa jeritan manusia dari legenda Well to Hell diidentifikasi sebagai soundtrack atau suara yang diambil dari film tahun 1972 berjudul Baron Blood.

Bagian cerita "Well to Hell" adalah murni merupakan fitur yang ditambahkan setelah kejadian nyata terjadi sehingga cerita fiksi itu berubah menjadi legenda, sebuah gabungan antara urban legend dan hoax yang menjadi terkenal.

Legenda "Well to Hell" adalah salah satu daya tarik khusus bagi beberapa kelompok Kristen yang menawarkan konfirmasi bahwa Neraka itu ada.

Bagian terakhir yang populer dari cerita itu mengatakan bahwa ilmuwan (simbol ateisme) berlari sambil berteriak dari tempat kejadian dalam teror ketika dihadapkan dengan kebenaran bukti tersebut.

(Sumber : wikipedia, snopes)

2 comments:

  1. Itu bohong coeg, mereka cari sensasi aja, gk masuk akal klo neraka dibawah bumi, toh klo di dalamnya berarti luasnya bisa lebih kecil dari bumi, lah padahal nampung orang dari jaman buyutnya buyutnya buyutnya buyutnya buyutnya buyutnya firaun,lagi pula toh kan dah jelas, tuh proyek dihentikan marena panas bumi yg bikin alat konstruksi pada rusak, dan g sebanding juga sama hasil penelitian makanya ditutup (tok!tok!tok!)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Alasan kenapa postingan ini diberi label hoax karena cerita di atas sudah terbukti cuma tipuan, jadi kalo ada orang yang masih percaya sama kisah di atas, mungkin mereka belum membaca penjelasan yang sebenarnya..

      Delete