Pada tahun 1994, Paul Freeman mengklaim telah bertemu dan merekam Sasquatch di dekat Blue Mountains Washington.

Paul Freeman adalah seorang pemburu Bigfoot yang mengklaim telah menemukan jejak Bigfoot yang memperlihatkan tonjolan di kulit mereka.

Cetakan gips yang kemudian dibuat Freeman cukup meyakinkan untuk dianggap sebagai bukti penting oleh Grover Krantz (antropolog) dan Jeff Meldrum (Idaho State University).

Pada 10 Juni 1982, Freeman dilaporkan melihat Bigfoot di dekat Walla Walla, Washington, yang dia gambarkan sebagai makhluk setinggi 2,4 meter dengan tubuh ditutupi rambut berwarna coklat kemerahan.

Pada tahun 1994, Freeman mengklaim telah merekam Sasquatch di dekat wilayah Blue Mountains, di mana rekaman tersebut dianggap otentik oleh beberapa penyelidik Bigfoot, meskipun videonya sendiri terlalu beresolusi rendah.


Rekaman itu berisi Freeman sedang menyelidiki jejak kaki baru di daerah terpencil, dan setelah casting (pengecoran) jejak tersebut, dia memeriksa area sungai dan melihat lebih banyak jejak, yang jelas-jelas baru.

Jejak itu menunjukkan perjalanan dalam dua arah, baik mendekati atau meninggalkan air. Saat dia terus mengikuti jejak, dia mendengar suara di semak-semak, dan kemudian merekam sesosok Sasquatch dewasa, lalu Sasquatch dewasa yang lain dengan Sasquatch berukuran kecil (baby Sasquatch).

The Freeman footage

Bukti yang paling meyakinkan untuk keaslian rekaman Freeman adalah adegan "mengangkat bayi" menjelang akhir rekaman.

Adegan itu ditemukan oleh Doug Hajicek (produser Legend Meet Science dan Monster quest) setelah kematian Freeman, bahwa bagian akhir dari rekaman itu mungkin menggambarkan Sasquatch Dewasa mengangkat Sasquatch remaja.

Dalam rekaman HD televisi, pergelangan kaki dan kaki makhluk kecil itu dapat terlihat.

Terlepas dari kenyataan bahwa Freeman menyatakan dengan suara terengah-engah, "Ada dua dari mereka", Hajicek percaya bahwa Freeman mengacu pada dua Sasquatch dewasa.

Ketika membuat film untuk Legend Meets Science, Freeman tidak pernah menyebut individu (Sasquatch) ketiga kepada Hijacek, dan Hijacek menemukan subjek ketiga setelah melihat gambar pada layar HD, yang mungkin tidak pernah dilakukan oleh Freeman.

Beberapa tanggapan mengenai video ini :

"Wow, orang ini menemukan begitu banyak jejak kaki yang luar biasa. Dia membuat banyak cetakan selama hidupnya."


"Bukti terbaik sejauh ini, bahkan sebaik Rekaman Paterson."

"Pada jalur ganda yang menurun, anda bisa melihat di mana kaki meluncur di lumpur yang membuat jejak itu memanjang, tentu saja itu terlihat legit bagi saya."

"Pada DVD 'Legend Meets Science', ada (versi) Enhanced, versi extended video ini yang memperlihatkan bayi Squatch yang diraih oleh salah satu orang tuanya. Paul sendiri tidak memperhatikannya, (adegan) itu terlihat setelah editing."


"(Terdapat perkataan) 'Oh there he goes'. Alasan dia mengatakannya adalah bahwa Paul Freeman adalah seseorang yang mengetahui (mereka) dan sebelumnya telah melihat Sasquatch."


"Saya pikir dia terdengar cukup terkejut. Anda bisa mendengar pola pernapasannya berubah dan saya pikir dia sedikit ketakutan. Freeman telah mengikuti makhluk-makhluk itu untuk waktu yang lama. Dan 1 menit video itu adalah 1 dari 1000 (kejadian yang dia alami). Saya memilih (video itu) sebagai (video) asli. Hidup di Pacific Northwest anda belajar bahwa binatang-binatang ini hidup dalam keluarga, dan mengunjungi area yang sama. Hanya mendengarnya akan meningkatkan detak jantung. Saya tidak bisa membayangkan bisa sedekat Freeman."


"Saya memperhatikan bahwa jika rekaman Freeman dan Patterson memang sebuah hoax ? Maka, keduanya (Freeman dan Patterson) mendapatkan seseorang yang sangat sangat besar (untuk memakai) kostum-kostum itu ? Karena kedua subjek berada di kedua film, menurut pendapat saya, itu terlihat benar-benar besar !!! 7 kaki atau lebih dan di atas 6 atau 7 lbs. Atau setidaknya begitulah bagaimana itu tampak di kedua film."


"Saya tidak bisa benar-benar mengatakan apa-apa mengenai video ini karena kualitasnya rendah, tetapi saya pikir suatu hari nanti kita akan mendapat bukti untuk membuktikan binatang ini hidup. Rekaman Patterson adalah Sasquatch asli. Dengan alam liar yang tidak tersentuh di Amerika Utara, tidak akan sulit bagi binatang seperti Sasquatch untuk hidup tanpa terdeteksi."


"Saya pikir rekaman ini cukup meyakinkan. Benar bahwa anda tidak melihat begitu banyak, tetapi dari yang saya dengar, Freeman telah melihat makhluk itu beberapa kali sebelum berhasil merekam mereka. (Freeman) mungkin tidak bereaksi berlebih karena pertemuan ini."

"Anda dapat mengetahui setelah dia melihat makhluk itu, dia terdengar seperti mengalami panic attack ditambah rekaman ini adalah yang terbaik."


"Saya memiliki feeling bahwa sebagian besar saat mereka (Sasquatch) melempar bebatuan, itu adalah taktik untuk menakuti siapa saja, tetapi jika anda tidak pergi seperti yang mereka inginkan, mereka akan menandai anda sebagai orang baik. Saya tahu saya tidak akan berdiri di sana dan merekamnya karena siapa yang tahu apa yang akan terjadi setelah mereka selesai melempar batu. Saya pikir alasan utama mereka tidak menyerang karena Freeman (karena dia) tidak bergerak lebih mendekat."

(Sumber : Paul Freeman (cryptozoologist), The Paul Freeman Bigfoot Video)