Sebuah gambar belum lama ini beredar di internet, mengklaim berhasil menangkap sosok yang diduga alien sedang berbaring pada sebuah batu di planet Mars.

Penampakan ini dimulai di blog UFO Sightings Daily yang ditulis oleh Scott Waring, di mana dia memfokuskan pada gambar yang diambil Mars Rover terhadap sosok yang tampak berbaring di antara bebatuan planet Mars.

"Semua orang di sini tahu saya suka memeriksa foto-foto NASA. Yah, saya menemukan sesuatu yang unik...Sesuatu yang merupakan 100% bukti kehidupan yang cerdas."

"Ada seseorang sedang berbaring mengawasi NASA Mars Rover dari jarak yang aman."


"Orang itu tingginya sekitar 1 kaki dan sedang berbaring, dada bagian atas, leher dan wajah berwarna merah muda, mengenakan pakaian gelap, tetapi memiliki objek abu-abu di atas satu bahunya...terlihat seperti sebuah ransel. Bahkan ada jejak kaki di belakangnya yang menuju ke lokasi yang dipilihnya untuk berbaring."



Namun, Alih-alih mendapat bukti nyata mengenai keberadaan makhluk luar angkasa, gambar ini masih jauh untuk dikatakan sebagai bukti alien, dan hampir pasti hanya tipuan mata, atau diakibatkan oleh sebuah fenomena yang dikenal dengan istilah pareidolia.

Ini bukan pertama kalinya fenomena ini terjadi, dan bahkan sangat lazim terjadi di planet Mars atau planet lain yang belum dijelajahi oleh manusia.

Itu terjadi karena dunia yang asing menawarkan begitu banyak objek yang berbeda, gambar dari sudut yang berbeda, yang masing-masing menghasilkan sesuatu yang dapat dilihat oleh mata sebagai sebuah objek buatan manusia atau objek familiar yang telah kita kenal.

Terlepas dari tidak ada bukti kehidupan makhluk asing dalam gambar tersebut, ada banyak objek aneh yang terlihat di permukaan planet Mars yang dapat dijelaskan oleh fenomena pareidolia ini.

(Sumber : ‘Alien figure on Mars’: Why people are saying an anonymous piece of rock is proof of life on the red planet)