Ada banyak lubang yang berada di Bumi, beberapa berisi air, beberapa hanya kosong dengan kegelapan di dalamnya, dan sebagian dirumorkan tidak berdasar.

Lubang yang gelap di mana cahaya tidak dapat menembus jauh ke dalamnya, membuat orang-orang berpikir bahwa lubang itu tidak memiliki dasar.

Banyak kisah atau cerita rakyat tentang lubang, danau, kolam atau rawa yang konon tidak memiliki dasar, yang bahkan bertahan hingga zaman modern.


Secara alami, penduduk setempat akan khawatir tentang kedalaman sebuah lubang terbuka, kolam atau rawa yang akan mereka masuki. Khawatir jika area tersebut memiliki kedalaman yang sangat dalam, atau bahkan terlihat tidak berdasar.

Gua Mammoth di Kentucky diklaim sebagai lubang tanpa dasar meskipun kedalamannya sekitar 42,7 meter. Eksplorasi terhadap lubang ini dikatakan telah terhenti sejak gua ini menjadi Taman Nasional.


Diperkirakan masih ada 600 mil sistem gua yang belum dijelajahi, yang berarti masih banyak penemuan dan masih banyak hal yang belum diketahui.

Bottomless Lake State Park di New Mexico memperoleh nama itu ketika gembala lokal menurunkan tali untuk mencoba mencapai dasar danau, namun tali itu tidak cukup panjang, sehingga dia mengira danau itu tidak memiliki dasar.


Marie Bonaparte mencatat bahwa gagasan "tidak terduga" telah diterapkan pada perairan yang tenang, bukan laut atau sungai.

Laut, meski jelas lebih dalam, setidaknya bergerak, surut dan mengalir, seperti halnya sungai, yang terkadang memperlihatkan dasar sungainya.

Namun, air tenang yang tergenang seperti danau, atau kolam berwarna gelap, tentu membuat orang tidak nyaman sekaligus takut akan bahaya yang dia hadapi jika berada di dekat atau bahkan jatuh ke dalam air tersebut.


Legenda Danau Bale di Wales, yang dikabarkan menyimpan seekor naga, menceritakan tentang suara danau yang berteriak seperti "pergilah atau aku akan menelanmu", dan tidak ada yang mencoba berenang sejak itu.

Michel Meurger menulis tentang tradisi monster danau di Eropa dan Amerika Utara, yang menunjukkan kehadiran monster legendaris, di mana adanya air yang gelap dan kedalaman yang dianggap tak terduga.

Saat air dikatakan tak berdasar dan kedalamannya tidak diketahui, ada asumsi bahwa ada monster yang bersembunyi di jurang ini.

Mungkin contoh yang paling terkenal adalah Loch Ness (monster Loch Ness) yang memiliki air yang gelap dengan gua-gua tersembunyi di dalamnya.

Knucker Hole (lubang Knucker) adalah kolam bundar yang sangat dalam, bahkan dianggap tidak berdasar, yang dikaitkan dengan air penyembuhan serta naga.

Kolam atau lubang ini bisa berbahaya karena airnya terus-menerus dingin dan sisi-sisinya curam sehingga sulit bagi seseorang yang jatuh untuk memanjat keluar.


Ada kisah lokal di Scompting sekitar tahun 1940an yang menggambarkan lubang tanpa dasar yang sangat berbahaya, yang menelan sebuah gerobak serta kuda.

Meskipun Knucker Hole di Lymnister hanya sedalam enam meter, legenda lokal mengatakan bahwa penduduk desa mengikat lonceng menggunakan tali dari menara gereja dan menurunkannya ke kolam, tetapi penduduk tidak pernah mencapai dasarnya.

Danau Ronkonkoma di Long Island adalah danau terbesar dan terdalam di mana penduduk asli mengira danau itu tidak berdasar karena mayat yang tenggelam tidak selalu berhasil ditemukan.


Meskipun hanye memiliki kedalaman sekitar 70 kaki (21 meter), mitos ini tetap ada, hal ini karena kurangnya visibilitas di danau sehingga bahkan seseorang yang terendam sedalam tiga meter akan menghilang dari pandangan seseorang yang berada di permukaan.

Sebuah kawah yang terbentuk di Siberia terlihat sangat mirip dengan lubang tanpa dasar. Penjelasan untuk kawah yang pertama kali ditemukan pada Juli 2014 ini adalah runtuhnya tanah yang sebelumnya membeku.

Tidak ada yang pernah melihat salah satu kawah ini terbentuk sehingga tidak jelas apakah itu terjadi secara eksplosif atau bertahan. Lubang itu juga dapat melepas sejumlah besar gas metana secara tiba-tiba.


Selain lubang berwarna gelap, adapula lubang yang dikaitkan dengan iblis, yang juga dikatakan tidak berdasar, biasanya disebut lubang neraka atau lubang setan.

Devil's Hole di Death Valey, telah merenggut nyawa dua anak laki-laki pada 1965, yang dikatakan juga sebagai gua terkutuk.


Devil Hole adalah gua berisi air yang memiliki kedalaman gua lebih dari 152 meter dengan bagian dasarnya yang tidak pernah dipetakan.

Lalu ada "Well to Hell" yang melegenda, di mana pekerja proyek pengeboran di Siberia diklaim mendengar suara teriakan dari dalam Bumi.

Sebuah jurang maut terkenal yang dikatakan telah melepaskan setan dan monster, dikabarkan terletak di bawah Kastil Houska, Republik Ceko.

Kastil ini konon dibangun pada pertengahan abad ke-13 dengan tujuan untuk mengelilingi dan menutup lubang neraka yang terbentuk secara spontan.


Roh dan binatang buas dari dunia bawah akan melarikan diri untuk menyiksa penduduk setempat yang berada di atas permukaan.

Selain itu, ada Mel's Hole (Lubang Mel's), yang menurut legenda adalah jurang maut yang terletak di dekat Ellensburg, Washington.

Menurut Mel Waters, kedalaman lubang itu tidak diketahui. Dia mengklaim telah mengukurnya dengan alat pancing dan pemberat, dan saat tali pancing sudah menyentuh kedalaman 24.000 meter, dia masih tidak mengenai dasarnya.


Perlu diketahui bahwa lubang tanpa dasar yang menembus bumi, lalu keluar dari sisi lain bumi, adalah suatu hal yang mustahil untuk terjadi. Lapisan terdalam sekalipun tidak pernah menembus hingga ke bawah kerak bumi.

Menurut Jack Powell (Ahli Geologi Departemen Sumber Daya Alam Luar Negeri) :

"Lubang tersebut tidak akan ada dan secara geologi tidak mungkin terjadi. Sebuah lubang dengan kedalaman yang diklaim, akan runtuh karena tekanan dan panas yang luar biasa dari lapisan sekitarnya."

Memang benar ada banyak lubang yang tampak tidak berdasar, namun kenyatannya, biasanya hanya turun puluhan meter sebelum benar-benar mencapai dasar.

Lubang-lubang ini mungkin dalam, tetapi mereka tentu saja tidak tanpa dasar, orang-orang mungkin telah membesar-besarkan kedalaman sebenarnya dari lubang tersebut atau sengaja menciptakan sebuah hoax agar wilayah tersebut menarik perhatian masyarakat sekitar.

(Sumber : Legends and science of bottomless holes)