Menurut seorang ilmuwan terkemuka, Nessie di Skotlandia bisa jadi adalah sejenis penyu laut yang terperangkap di Loch Ness.

Profesor Henry Bauer menunjukkan bahwa penyu (yang belum ditemukan oleh sains) mungkin telah terperangkap di Loch Ness ketika permukaan air berkurang pada akhir Zaman Es terbaru, sekitar 12.000 tahun yang lalu.

Profesor yang bekerja di Virginia Polytechnic Institute dan Universitas Negeri ini tidak percaya terhadap dugaan Nessie sebagai dinosaurus.

Dia berpikir semua penampakan dan deskripsi potensialnya menggambarkan perilaku seperti penyu, misalnya menghirup udara tetapi hidup di bawah air.


Penelitiannya baru-baru ini diterbitkan dalam jurnal ilmiah terkemuka.

Publikasinya melaporkan bahwa ahli Nessie percaya bahwa makhluk di Loch Ness belum ditemukan dengan tepat dan mungkin (di sana) ada bukti penyu besar yang tak diketahui, yang mirip dengan yang hidup di lautan kita sekarang ini.

Profesor Henry mendukung klaim tersebut dengan mengatakan dia yakin monster itu nyata, karena dia pernah bergabung dengan penyelidikan terhadap monster Loch Ness sebelumnya.

"Rekaman Tim Dinsdale yang diambil pada tahun 1960 adalah bukti yang meyakinkan, tetapi ada juga kontak yang tak terhitung banyaknya oleh sonar, beberapa foto bawah air yang sangat bagus, dan beberapa foto permukaan yang masuk akal."

"Saya menjadi sangat tertarik setelah melihat rekaman Dinsdale, dan 26 tahun kemudian (saya) menjadi pengamat di Loch Ness selama Operation Deep Scan, saat seluruh armada kapal melakukan pencarian sonar terhadap Nessie."

"Semuanya menunjuk pada makhluk yang menghabiskan sebagian besar waktunya di bagian terdalam di Loch Ness."

"Tidak ada bukti yang mendukung gagasan bahwa (Nessie) adalah belut yang sangat besar."

Henry menjelaskan :

"Gagasan yang paling populer adalah bahwa monster Loch Ness memiliki hubungan dengan plesiosaurus yang telah punah."

"Tapi ini sulit untuk disesuaikan dengan langkanya penampakan di permukaan, apalagi penampakan sesekali di darat."

"Di sisi lain, segala sesuatu yang digambarkan untuk monster Loch Ness, dikenal di antara banyak spesies yang hidup serta dengan spesies penyu yang diperkirakan telah punah, seperti menghirup udara tetapi menghabiskan waktu yang sangat lama di perairan dalam, berkelana ke darat, bergerak sangat cepat di air, memiliki kemampuan untuk aktif di air yang sangat dingin, dan memiliki leher yang relatif panjang."


"Loch Ness monster atau Nessie, adalah sejenis penyu laut besar yang belum ditemukan dan juga kemungkinan besar (penyu ini) masih ada di beberapa relung di lautan."

(Sumber : Loch Ness mystery solved Scientist says Nessie is ancient sea TURTLE 'trapped' in lake, Loch Ness Monster is 'ancient sea turtle' as mystery 'cracked' by US expert)