Rekaman yang didapat oleh Gino Meekis saat berburu di Sioux Lookout, Ontario, sempat menjadi viral dan sebuah teori mengatakan itu adalah suara asli dari makhluk legendaris Sasquatch.

Gino tidak tahu apa yang membuat suara aneh itu, karena itu tidak terdengar seperti suara binatang yang pernah dia dengar sebelumnya.



Saat ditanya, Ontario MNRF (Ministry of Natural Resources and Forestry) juga tidak bisa memastikan sumber suara tersebut :

"Ahli biologi kami mengatakan itu bisa jadi adalah mamalia yang lebih besar - misalnya serigala - tetapi karena jarak yang cukup jauh dari alat perekam, tidak ada cara untuk memastikannya."

Untuk menggali lebih dalam mengenai masalah ini, Cottage Life berbicara dengan Tim Irvin (ahli ekologi satwa liar yang bekerja di Ontario Algonquin Provincial Park).

Irvin dilatih untuk mengenali suara satwa liar untuk studi populasi hewan dan untuk pekerjaannya sebagai pemandu, dan Cottage Life meminta dia untuk memeriksa rekaman tersebut.

Tim Irvin mengatakan :

"Saya pikir, inilah yang membuat hal ini begitu menarik - bahwa suara itu benar-benar tidak biasa."

"Sudah menjadi tugas saya untuk keluar dan mendengarkan serta merekam hewan, dan terutama burung, dan ketika anda telah melakukannya dalam waktu yang lama, anda menjadi cukup pandai dalam mengetahui hal-hal apa saja."

"Jadi, ketika anda mendengar sesuatu yang anda sendiri tidak dapat mengidentifikasinya, itu mengejutkan. Tapi ketika saya mendengar (rekaman) ini, itu benar-benar tidak jelas."

"Ketika anda memiliki pelatihan atau tumbuh besar menghabiskan waktu untuk mendengarkan (suara) di hutan, memmbedakan suara panggilan bisa jadi sebuah tantangan."

"Saya pernah meminta orang untuk mengirimkan suara barred owl (burung hantu hoot) dan mereka pikir itu adalah serigala. Sangat jelas bagi saya itu bukan serigala, itu barred owl. Saya tahu orang sering salah mengira anjing laut pelabuhan di malam hari - (mengeluarkan suara gemuruh) - tetapi orang-orang bersikeras bahwa mereka mendengar puma."

"Yang paling mendekati bagi saya, apakah itu mungkin (suara itu) terdengar seperti suara panggilan serigala yang terdistorsi."

Cottage Life sekarang memiliki bukti catatan dan memiliki penyelidik (Tim Irvin) dan berikut beberapa dugaan sumber suara tersebut :

*) Serigala

Namun, Irvin mengatakan :

"Yah, saya belum pernah mendengar serigala bersuara seperti itu. Itu tidak cocok dengan serigala. Serigala memiliki semacam suara gonggongan, atau panggilan yang mereka buat jika diganggu atau (bereaksi)terhadap sesuatu."

"Serigala melakukan banyak komunikasi secara vokal, seperti yang kita tahu yaitu melalui lolongan, mereka berkomunikasi, biasanya dengan anggota grup yang jauh. Tapi sulit untuk mengatakannya. Itu tidak terdengar seperti serigala yang pernah kudengar."

*) Beruang

Sebagai pemandu di Great Bear Rainforest, Irvin telah menghabiskan banyak waktu di sekitar beruang dan mengatakan :

"Kapan suara ini direkam ? Awal oktober, jadi ya, dengan waktu itu, beruang-beruang masih berada di luar. Tapi saya belum pernah mendengar suara beruang seperti itu sebelumnya."

"Anda tahu, biasanya, beruang tidak terlalu (mengeluarkan suara) vokal. Anak beruang cenderung yang paling vokal, tetapi (suara itu) jelas tidak terdengar seperti anak beruang. Beruang dewasa, saat mereka terlibat pertempuran, membuat suara, tetapi suara beruang hitam saat dalam pertempuran dengan beruang hitam lainnya, benar-benar tidak (mengeluarkan suara) seperti itu."

* Moose (Rusa besar)

Irvin mengatakan :

"Pria yang merekam suara ini menyarankan itu mungkin rusa besar, tetapi kemudian dia mengatakan tidak. Dan inilah masalahnya."

"Sepertiniya dia (pria yang merekam) adalah orang yang berpengalaman, dia menghabiskan banyak waktu di luar sana dan dia juga bingung karena hal (suara) itu."

*) Burung

"Itu jelas tidak terdengar seperti burung. Itu terdengar mamalia bagi saya."

Gino Mekis juga melaporkan tentang langkah kaki yang besar di hutan, jadi tidak mungkin itu berasal dari burung.

*) Sasquatch

Beberapa orang telah mengatakan kemungkinan bahwa sumber suara itu berasal dari Sasquatch, tetapi Irvin tidak bisa menjelaskan mengenai hal tersebut, karena itu adalah pertanyaan untuk ahli cryptozoology.

Dengan tidak adanya bukti lebih banyak, sumber asli dari suara ini mungkin tetap menjadi misteri yang belum terpecahkan.

(Sumber : Is this the sound of a sasquatch ? )