Colin McCallum melihat kejadian tersebut saat sedang berkendara di sepanjang garis pantai Cornish dekat Falmouth pada hari Jumat.

Dia mengatakan :

"Saat saya pertama kali melihat perahu itu, saya harus memotretnya dua kali karena saya benar-benar mengira perahu itu mengapung."


"Namun, setelah diperiksa lebih lanjut, saya menyadari bahwa itu sebenarnya hanyalah ilusi optik yang luar biasa."


Mengenai foto tersebut, juru bicara Met Office mengatakan, gambar itu tampaknya menunjukkan bukti fenomena yang disebut Fata Morgana.

"Fata Morgana ini terjadi di atas permukaan air dan dihasilkan oleh superposisi beberapa lapisan udara dengan indeks bias yang berbeda."

Ahli meteorologi BBC, David Braine mengatakan, fenomena tersebut disebabkan oleh kondisi di atmosfer yang membelokkan cahaya.

"Fata Morgana Superior terjadi karena kondisi cuaca yang dikenal sebagai inversi suhu, di mana udara dingin terletak di dekat laut dengan udara hangat berada di atasnya."


"Karena udara dingin lebih padat daripada udara hangat, itu akan membelokkan cahaya ke arah mata seseorang yang berdiri di darat atau di pantai, mengubah tampilan objek yang berada di kejauhan."

Beberapa hari sebelumnya, beberapa kapal pesiar juga terlihat seperti melayang di perairan lepas pantai Paignton, Devon.


(Sumber : Whatever floats your boat! Ship appears to be sailing across the sky in bizarre optical illusion, Boats seen 'floating in the sky' around Britain thanks to bizarre optical illusion)