Saat tidak dapat atau tidak mau merawat hewan peliharaan mereka lagi, pemilik ikan mas di Minnesota telah melepas ikan mereka ke danau dan kolam di negara bagian, dan penduduk setempat melaporkan tentang potensi invasi ikan mas.

Foto yang diposting pada tanggal 9 Juli ini disertai dengan keterangan : "Tolong jangan melepas ikan mas peliharaan anda ke kolam dan danau. Mereka tumbuh lebih besar dari yang anda kira..."


Brian Sidlauskas (profesor dan kurator ikan di Oregon State University) menjelaskan kepada Inverse :

"Setelah dilepaskan ke perairan baru, ikan mas dengan cepat menjadi spesies invasif yang bersaing dengan ikan asli setempat. Mereka berkembang di perairan Midwestern ini - mungkin (berkembang) terlalu banyak."

"Spesies ini asli Asia, bukan Amerika Utara. Ikan mas bisa menjadi sangat invasif di luar ekosistem aslinya, dan bersaing dengan ikan asli kita untuk mendapatkan ruang dan sumber daya ketika dilepaskan ke perairan Amerika Utara."


Invasi ikan mas di
Danau Colorado

Prosanta Chakrabarty (kurator ichthyology, studi tentang ikan di Louisana State University) mengatakan kepada Inverse bahwa :

"Ikan mas juga dapat membahayakan spesies ikan asli melalui parasit dan nafsu makan yang rakus. Ikan mas tidak memiliki makanan khusus dan karena itu, mereka dapat menemukan banyak makanan di perairan baru mereka. Ini berkontribusi pada ukurannya yang sangat besar."

"Ikan mas, karena mereka adalah pemakan umum, benar-benar dapat menyebabkan kerusakan pada spesies asli yang terbatas pada makanan tertentu, dan penduduk asli mungkin sebelumnya tidak pernah menemukan parasit dan penyakit yang dibawa oleh ikan mas ke suatu lingkungan."


Menurut Tweet Burnsville, ikan mas juga dapat mencemari saluran air dengan mencabut tanaman dan sedimen.

Chakrabarty mengatakan jenis ikan mas tertentu dapat tumbuh dengan berbagai ukuran dan bentuk, dan membandingkannya dengan ras anjing yang berbeda.

"Ikan mas menjadi cukup besar. Mereka dapat tumbuh hingga lebih dari satu kaki. Seperti pada anjing, ada jenis yang berbeda, dan ada jenis kecil yang berumur panjang dan ada jenis raksasa yang berumur pendek."

Culum Brown (profesor di Macquarie University) mengatakan kepada Inverse bahwa ikan mas dapat mencapai ukuran 23 inci jika dilepas di kolam besar. Mereka juga dapat hidup hingga 30 tahun, meskipun lebih umum antara 10 hingga 20 tahun. Itu adalah waktu yang lama untuk tinggal di perairan Minnesota.

"Ikan mas yang tumbuh seukuran kolam mereka, dianggap sebagai mitos tergantung di mana anda mencarinya di internet. Teorinya adalah bahwa ikan mas hanya tumbuh sebesar tempat mereka berada."


Colum Brown menjelaskan :

"Jika anda memlihara ikan mas dalam tangki/kolam kecil, pertumbuhannya terhambat. Jika anda memindahkannya ke tangki yang lebih besar atau memasukannya ke dalam kolam, mereka tumbuh dengan sangat cepat untuk mengejar ketinggalan (pertumbuhannya). Mereka akan terus tumbuh sampai mereka mati."

"Sebagian besar ikan mas akan mati atau pertumbuhannya akan terhambat jika tidak memiliki cukup ruang untuk tumbuh hingga ukuran maksimum mereka."

Lynne Sneddon (dosen senior Gothenburg University) mengatakan kepada Inverse :

"Ikan mas dapat tumbuh hingga lebih dari satu kaki panjangnya, tetapi ketika mereka ditempatkan di tangki kecil dengan ikan mas lainnya, pertumbuhan mereka terganggu oleh stres."

"Sedikit ruang yang mereka miliki untuk bergerak dan kehadiran (ikan) lain, menghambat pertumbuhan mereka. Akibatnya, ikan mas peliharaan mungkin memiliki kekebalan dan sistem reproduksi yang lebih butuk. Di sisi lain, ikan mas masih membutuhkan kolam yang luas."


Dengan kata lain, gagasan bahwa ikan mas akan hanya tumbuh seukuran lingkungan mereka, dapat membahayakan ikan mas itu sendiri, jika anda memelihara ikan mas kecil di tempat yang juga kecil. Mereka akan Undergrown, tidak tumbuh hingga ukuran maksimum mereka.

Menurut Sidlaukus, ikan mas yang terlihat di foto Burnsville (di atas) sebenarnya adalah anggota dari spesies yang sudah dewasa. Mereka tumbuh dengan ukuran yang sama dengan sepupu dekat mereka, ikan mas biasa (common goldfish).

Sementara pemilik hewan peliharaan mungkin berpikir mereka merasa kasihan lalu melepaskan ikan ke alam liar, itu sebenarnya menyakiti ikan mereka sendiri, dan juga ilegal untuk melepaskan ikan anda ke alam liar di sebagian besar negara bagian.

"Hal yang lebih buruk adalah memperkenalkannya ke alam liar, di mana itu benar-benar dapat membahayakan atau lebih mungkin, (ikan akan) mati dengan perlahan dan menyakitkan karena kedinginan atau kekurangan gizi."

"Jangan membuang ikan peliharaan anda di danau setempat - demi mereka dan kelangsungan hidup satwa liar setempat."


Chakrabarty dan Sidlauskas menyarankan untuk memberikan ikan kepada orang lain yang dapat merawatnya.

The US Fish and Wildlife Service memberi panduan tentang cara aman berhenti mengurus ikan mas anda, dengan menyumbangkan ikan ke toko hewan peliharaan atau sekolah, atau menemukan orang lain yang ingin merawat ikan anda, dan anda juga harus berkonsultasi dengan dokter hewan tentang cara membuang ikan anda dengan benar.

(Sumber : Fact-checking the Minnesota goldfish mystery: Scientists explain)