Menanggapi request yang masuk lewat kolom komentar, maka dipostingan kali ini akan membahas sedikit tentang album Everyday Chemistry yang diklaim milik The Beatles dari paralel universe.

Everyday Chemistry adalah album remix yang tersedia sebagai unduhan digital gratis pada 9 September 2009.

Album ini pertama kali diposting di situs thebeatlesneverbrokeup.com, dengan cerita pendek yang ditulis oleh anonim dengan nama pena James Richard.

Nama itu diambil dari gabungan nama, James paul McCartney dan Richard Starkey (Ringo), dua personil The Beatles yang saat ini masih hidup.

James menggambarkan pertemuan dengan seorang pria bernama Jonas yang tinggal di alam semesta paralel, di mana The Beatles tidak pernah bubar.

Jika diibaratkan mungkin seperti ini :

James dari Bumi 1 : The Beatles bubar dan Hanya tersisa dua anggota The Beatles
Jonas dari Bumi 2 : The Beatles tidak pernah bubar dan personil masih lengkap


Kisah ini dimulai di gurun California yang terisolasi yang disebut Del Puerto Canyon. Di sinilah James mengklaim bahwa ketika dia mengejar anjingnya yang melarikan diri, dia tersandung dan pingsan.

"Sekarang di sinilah ceritanya menjadi sedikit lebih sulit dipercaya."

Setelah itu, dia menemukan dirinya terbangun di sebuah ruangan yang asing, yang berisi banyak perabotan rumah tangga serta mesin elektronik aneh. Di luar, dia bisa mendengar suara lalu lintas, suara yang tidak biasa bagi hamparan Del Puerto.

James segera menemukan ruangan itu milik seorang pria bernama Jonas, yang ternyata berasal dari dimensi paralel.

James dan Jonas berbicara tentang banyak persamaan dan perbedaan antara dunia mereka, dan subjek tentang The Beatles kemudian muncul ketika jonas menyebut saudaranya telah menghadiri konser Beatles baru-baru ini, dengan keempat Personil masih hidup (sedangkan di dunia James, dua personil sudah meninggal).

Jonas lalu memperlihatkan sebuah ruangan tempat dia menyimpan koleksi The Beatles nya. James mengatakan bahwa dari kaset yang dimiliki Jonas, ada empat judul yang tidak bisa dia kenali.


Ketika ditanya, apakah dia bisa memiliki salah satu salinan kaset, James diberi tahu untuk tidak mengambil sesuatu apa pun dari dimensi Jonas, demi keselamatannya.

James dan Jonas sama-sama membahas kecintaan mereka terhadap The Beatles, dan tepat sebelum meninggalkan alam semesta Jonas, dan melakukan perjalanan kembali ke dunia James berasal, James berhasil mencuri kaset yang berisi salah satu album The Beatles dari alam semesta tersebut.

"Saya memiliki kaset berisi album The Beatles yang tidak pernah dirilis."

Tentu akan lebih menarik jika Jonas memperlihatkan foto keempat personil The Beatles yang masih hidup, sehingga kita bisa melihat seperti apa rupa mereka di dimensi alternatif ini, atau menjelaskan juga bagaimana dia bisa berpindah dari paralel universe dan kembali ke Bumi ini ?

Mengingat perilisan album ini bertepatan dengan rilisan album remaster The Beatles dalam stereo dan mono, serta perilisan The Beatles : Rock Band, dan bahwa tidak ada tindakan pelanggaran hak cipta terhadap album ini, perilisannya diduga disetujui oleh Apple Records secara diam-diam.


List lagu dalam album tersebut meliputi :

"Four Guys" 4:17
"Talking to Myself" 3:38
"Anybody Else" 6:03
"Sick to Death" 2:56
"Jenn" 3:34
"I'm Just Sitting Here" 3:23
"Soldier Boy" 3:22
"Over the Ocean" 3:36
"Days Like These" 3:23
"Saturday Night" 3:22
"Mr Gator's Swamp Jamboree" 3:24

James Richard mengatakan :

"Saya memiliki perasaan beberapa lagu memiliki suara yang akrab bagi mereka (pendengar). Satu-satunya kesimpulan yang bisa saya dapatkan adalah meskipun di alam semesta alternatif The Beatles belum bubar, itu tidak berarti ide musik masa depan mereka menghilang."

Perlu diketahui bahwa James Richard (atau seseorang di balik kisah ini) mustahil untuk dilacak, situs webnya tidak memberi petunjuk identitas aslinya, dan alamat emailnya hanya dapat ditelusuri kembali ke Yahoo.com.

Segera setelah album ini bocor pada tahun 2009, para penggemar di dunia maya memperhatikan bahwa setiap lagu mengandung beberapa elemen berbeda dari berbagai proyek solo Beatles, dicampur dengan beberapa instrumentasi yang tampaknya asli.

Pada kenyataannya, album ini adalah mashup dari keempat materi lagu solo personil The Beatles selama bertahun-tahun.

*) Mashup : komposisi menggabungkan dua lagu atau lebih menjadi 1 lagu baru dengan biasanya menimpa (cut atau copy) trek vokal dari sebuah lagu dengan audio instrumental dari lagu lain. Mashup juga biasanya digunakan untuk menghindari hak cipta saat sebuah lagu rilis

Beberapa komentar di media sosial juga tidak begitu menanggapi serius soal album yang kabarnya diambil dari paralel universe ini, mereka justru menikmati dan mengapresiasi seseorang yang membuat album ini :

"Seseorang yang meluangkan waktunya untuk memotong materi solo dari setiap personil Beatles dan menggabungkannya menjadi satu album original yang tidak terdengar buruk patut untuk diapresiasi."

"Saya tidak peduli jika semua ini adalah mashup di setiap lagu. Imajinasi dan Kreatifitas seseorang yang menyatukan ini memiliki respect dan cinta saya."

"Saya tidak peduli jika ini palsu, ini di remix dan dibuat dengan baik."

"Siapa saja yang mengedit ini, sangat jenius."

"Saya datang untuk menjelajahi teori konspirasi dan berakhir dengan mendengarkan album yang bagus."

"Secara pribadi saya berpikir seseorang yang membuat ini tidak berpikir orang-orang akan mempercayainya. Menyenangkan untuk berpikir bahwa ini berasal dari The Beatles alam semesta alternatif."

"Menyakitkan bahwa kita berada di alam semesta di mana (The Beatles) bubar.

"Saya ingin tahu apakah orang-orang menyadari bahwa nama album 'Everyday Chemistry'merupakan mashup dari karir musik solo personil The Beatles, chemistry adalah reaksi dari berbagai elemen. Dalam hal ini, album ini menampilkan empat elemen berbeda yang digabungkan, sehingga menciptakan ikatan (The Beatles) yang berhasil. Bahkan jika ikatannya lemah (Beatles bubar) mereka masih bekerja sama. Nama albumnya murni jenius."

"Kisah 'Everyday Chemistry' tentu saja palsu, tetapi trek pertamanya keren. Saya menyukai sampel dan remix yang dilakukan dengan baik, dan (album) ini dilakukan dengan baik."

"Saya senang dengan 'album palsu' ini, ini terdengar luar biasa. Saya ingin percaya ada alam semesta paralel dengan The Beatles yang hidup dan membuat album seperti ini. Terima kasih untuk orang yang membuat ini, ini menunjukkan anda adalah orang berbakat yang cinta The Beatles."

(Sumber : Everyday Chemistry, Everyday Chemistry: The Story Behind The Greatest Beatles’ Albums That Never Existed)