Menanggapi komentar dari Io, maka dipostingan kali ini akan membahas sedikit tentang hilangnya Mekayla Bali.

Mekayla Bali adalah warga negara Kanada yang menghilang pada 12 April 2016 di Yorkton, Saskatchewan, Kanada.

Mekayla terakhir terlihat antara pukul 1:00 dan 1:45 siang di halte bus lokal, dan meskipun beberapa penampakan dilaporkan, tida ada petunjuk pasti tentang keberadaan Mekayla, dan nasibnya masih tidak diketahui sampai saat ini.

Ibu Mekayla menggambarkan dia sebagai gadis pemalu dan pendiam. Dia menikmati bermain biola dan berpartisipasi dalam klub drama di sekolahnya, di mana dia menghadiri kelas 11 pada saat dia menghilang.


Teman-teman sekolah menengahnya mengatakan kepada wartawan bahwa pada hari menjelang kepergiannya, Mekayla menyebutkan beberapa tempat yang akan segera dia kunjungi.

Mereka juga mengatakan bahwa Mekayla memiliki $5.000 di rekening banknya, meskipun polisi mengonfirmasi bahwa bukan itu masalahnya.

Pada Senin (11 April), satu hari sebelum menghilang, dia mengirim pesan teks ke seorang teman yang meminta tumpangan ke Bank TD setempat pada keesokan paginya. Dia juga berkomunikasi dengan bank itu beberapa kali dan akhirnya mentransfer $ 25 ke rekeningnya.

Pada malam hari, dia mengirim pesan ke beberapa teman lain yang menyatakan bahwa dia tidak senang tentang sesuatu dan membutuhkan bantuan.

Pada Selasa pagi (12 April), Mekayla mengirim pesan teks lain ke teman, meminta tumpangan lagi ke Bank TD setempat namun temannya menolak dengan alasan bank tidak akan buka sampai nanti.

Menurut ibunya, 12 Apil adalah pagi yang sangat biasa di rumah kami, dan bahwa tidak ada hal yang luar biasa.

Telepon Mekayla dimatikan pada pukul 6:51 pagi pada hari Rabu. Menurut polisi, dia tidak menggunakan akun sosial media sejak saat itu.

Polisi juga menegaskan bahwa akun banknya belum digunakan sejak saat itu, dan dia tidak membawa paspor, yang akan membuatnya sulit untuk meninggalkan negara itu.

Hilangnya Mekayla diketahui oleh keluarganya pada sore hari tanggal 12 April, saat neneknya pergi menjemputnya di sekolah.

Saat nenek mengetahui bahwa Mekayla tidak bersekolah sepanjang hari, dia menghubungi ibu Mekayla. Keduanya lalu mencari Mekayla dan saat mereka tidak dapat menemukan tanda-tanda keberadaannya setelah mencari selama berjam-jam, mereka melapor pada polisi pada malam hari di hari yang sama.


Kasus ini awalnya ditangani oleh RCMP (Royal Canadian Mounted Police) Yorkton yang meminta bantuan publik untuk menemukannya pada 14 April 2016.

Setelah 3 minggu, RCMP menyerahkan berkas Mekayla ke GIS (General Investigations Section), unit khusus yang menyelidiki pelanggaran-pelanggaran besar.

Pada 21 Juli (3 Bulan setelah hilang), RCMP meningkatkan pencarian mereka dengan mengeluarkan peringatan pencarian anak untuk tiga provinsi, Alberta, Saskatchewan dan Manitoba.

Pada 4 Desember 2017, peringatan pencarian diperbarui dan diperluas di seluruh Kanada.

Polisi meninjau ratusan jam rekaman kamera pengintai yang disediakan oleh bisnis lokal dan melakukan puluhan wawancara dengan saksi potensial untuk mengumpulkan pergerakan Mekayla pada 12 April 2016.


Polisi tidak pernah mengonfirmasi tersangka dalam kasus ini, tetapi mengumumkan seseorang yang terlibat. Orang ini terlihat oleh saksi meninggalkan Trail Stop Restaurant dengan Mekayla.

Orang ini terlihat bertubuh kekar, lengan berotot, berambut hitam, dan tato salib berapi-api yang besar dan jelas di lengannya. Polisi kemudian dapat menemukan beberapa kenalan online Mekayla dan menghubungi hotel-hotel di area.

Namun, tidak ada satu pun dari upaya ini yang mengarah pada petunjuk lebih lanjut.

Pada tahun 2019, polisi mulai merilis rekaman kamera pengintai secara ekstensif dengan harapan akan membawa petunjuk baru dari orang-orang yang melihat Mekayla pada hari itu.


Polisi dan keluarga Mekayla menerima ratusan petunjuk tentang kemungkinan keberadaan Mekayla termasuk kemungkinan penampakannya.

Pada 9 Oktober 2016, dilaporkan bahwa Mekayla diyaini berada di Vancouver. Ibunya lalu pergi ke kota untuk membuat poster untuk membantu menemukan putrinya.

Pada tahun 2017, dinas kepolisian Tsuut'ina Nation melaporkan bahwa mereka percaya Mekayla menghadiri sebuah acara pada bulan Januari di Grey Eagle Entertainment Centre.

Pada 8 Agustus 2019, Ibu Mekayla menerima telepon dari seoran pria yang mengaku melihat dia di Edmonton.

Pada Januari 2020, kemungkinan penampakannya berasal dari Penticton, namun polisi setempat dapat memastikan bahwa orang yang dimaksud bukan Mekayla.

Sejak awal, ibu Mekayla terus bekerja untuk menemukan putrinya dengan menyelenggarakan acara penggalangan dana dan tampil di media.

Pada Agustus 2017, dia memberi wawancara ekstensif untuk The Night Time Podcast, salah satu podcast paling populer di Kanada yang membuat kasusnya dikenal di seluruh negeri, dan selama bertahun-tahun kasusnya telah ditampilkan di beberapa podcast seperti Dark Poutine, True North True Crime dan True Crime Timeline.

Pada tahun ini juga, hilangnya Mekayla menjadi salah satu dari 10 kasus yang disorot pada Hari Anak Hilang Internasional pada 25 Mei oleh The Missing Children Society of Canada.

Pada tahun 2023, video YouTube tentang kepergiannya telah menerima beberapa juta penayangan yang secara signifikan meningkatkan kesadaran publik tentang kasus ini.

  • Teori

  • Kasus ini telah dibahas secara luas secara online di situs seperti Websleuths dan Reddit dengan berbagi teori tentang nasibnya, termasuk sengaja melarikan diri, bunuh diri, diperdagangkan, dan menjadi korban predator online.

    Meski sempat mengatakan "tidak bahagia dan berencana pergi", ibunya menjelaskan bahwa postingan ini sudah sangat tua dan tidak lagi relevan pada saat dia menghilang.

    Ibu Mekayla awalnya mengira putrinya melarikan diri, tetapi dengan cepat berubah pikiran saat menyadari bahwa obat jerawat, serta uangnya yang dia simpan di rumah untuk keadaan darurat, dalam keadaan tidak tersentuh.

    National Center for Missing & Exploited Children mendefinisikan perdagangan manusia di situs webnya sebagai "suatu bentuk pelecehan anak yang terjadi ketika seorang anak di bawah 18 tahun diiklankan, diminta atau dieksploitasi melalui tindakan seks komersial."

    Secara khusus, kota-kota Winnipeg, Edmonton, Calgary dan Regina disebut sebagai hubs (pusat kegiatan yang aktif) yang penting.

    Yorkton, tempat di mana Mekayla menghilang berada di tengah-tengah tempat ini, sehingga ibu Mekayla telah mengatakan beberapa kali bahwa dia takut putrinya telah menjadi korban perdagangan manusia.

    Mekayla juga memiliki aktivitas online di sejumlah aplikasi media sosial di mana dia mengobrol dengan orang lain, sering menggunakan nama alias yang berbeda.

    Pada tanggal 1 Maret 2016, Mekayla menulis di Snapchat dan salah satu akun Instagramnya : "Mencari teman Snapchat karena saya tidak punya apa-apa di kehidupan nyata. Add me.."

    Tulisan tersebut membuat beberapa orang percaya bahwa dia kemudian dihubungi oleh seseorang yang terlibat dalam kepergiannya.

    Penyelidik akhirnya melakukan upaya substansial untuk memperoleh informasi tentang riwayat online Mekayla, tetapi undang-undang Amerika Serikat menyebabkan penundaan yang signifikan.

    Ibu Mekayla mendukung upaya ini dengan memberi "semua kata sandi, semuanya (yang berkaitan dengan) akun Mekayla".

    Salah satu aplikasi khususnya, Klik, telah dipilih oleh teman-teman Mekayla serta penyelidik sebagai penyebab kekhawatiran.

    Klik telah dituduh memberi kontrol kepada orang tidak bertanggung jawab yang menawarkan anonimitas kepada seseorang yang berpotensi jahat, dan teman-teman Mekayla telah mengonfirmasi bahwa mereka tidak tahu banyak tentang siapa saja yang berhubungan dengan Mekayla secara online.

    Ibu Mekayla selalu mengalami masa-masa sulit selama bulan April lalu, terlebih 12 April kemarin menandari tujuh tahun kepergian putrinya.

    "Ini membingungkan. Saya tida bisa membayangkan bahwa tujuh tahun kemudian, kami masih tidak tahu apa yang terjadi pada anak kami."

    "Waktu terus berjalan, entah ada menginginkannya atau tidak. Saya melihat teman-teman Mekayla di media sosial, dan mereka memiliki bayi dan melanjutkan karir mereka, dan itu sulit. Saya senang untuk mereka, tetapi sedih mengetahui bahwa Mekayla tidak bisa mengalaminya bersama mereka."


    Pihak kepolisian menulis :

    "Tidak bisa dibayangkan bagaimana perasaan keluarga dan orang-orang terkasihnya, bertahun-tahun setelah kepergiannya, hidup dengan rasa ketidakpastian dan harapan."

    Dalam sebuah pernyataan yang diberikan melalui email ke Leader-Post, RCMP menulis, "tidak ada penampakan yang dikonfirmasi."

    Namun, para penyelidik tetap berkomitmen untuk menindaklanjuti semua petunjuk potensial yang ada.

    (Sumber : Disappearance of Mekayla Bali)