12 November 1933, Hugh Gray sedang berjalan-jalan seperti biasa di sepanjang Loch Ness, dekat Inverness di mana Sungai Ness mengalir ke ujung utara. Saat itulah makhluk dengan ukuran cukup besar muncul sekitar 2 atau 3 kaki dari air tidak jauh darinya.

Gray mengeluarkan kamera kodak dan mengambil beberapa foto sebelum objek itu tenggelam dari pandangan.

Gray mengirim laporan tentang kejadian yang baru saja dia alami dengan memberikan satu-satunya gambar yang dia dapatkan, dan percaya telah menangkap makhluk misterius di Loch Ness.


Kisah Hugh Gray semakin menambah banyak laporan tentang makhluk yang tidak dapat diidentifikasi di Loch Ness.

"Foto itu memulai era modern perburuan (Nessie). Sampai saat itu, itu hanya misteri lokal."

Dalam analisisnya, penulis Watson mengatakan seperti kebanyakan gambar monster Loch Ness, foto Hugh Gray dapat dijelaskan.

Beberapa orang sekilas melihat seekor binatang yang dikaburkan oleh cipratan air, anjing yang berenang dengan tongkat atau kayu di mulutnya atau seekor angsa yang sedang menyelam.



Namun, saya menemukan komentar yang mengatakan :

Pada tanggal 12 November 1933, Hugh Gray melakukan perjalanan sepulang dari gereja seperti biasa di tepi Loch dekat rumahnya di Foyers dengan anjing labradornya yang setia. Pada suatu titik di sebelah barat River Foyers, Gray mengaku telah melihat gangguan besar di air dan dengan cepat mengambil lima foto dari sesuatu yang dia gambarkan sepanjang 40 kaki.

Mengingat 'Nessie Mania' sudah menjadi bahan perbicangan, seperti yang anda duga, gray terburu-buru mengembangkan film tersebut. Faktanya, film itu tidak dikembangkan sampai 1 Desember di mana dia kecewa karena hanya menemukan satu dari lima foto yang menunjukkan apa yang dia klaim telah dia lihat..atau benarkah seperti itu ?

Saya pikir gambar monster Loch Ness yang pertama kali muncul tidak lebih dari ingatan yang buruk dan kesalahan. Saya yakin Gray, beberapa waktu sebelumnya, telah mengambil foto anjing labrador miliknya yang sedang mengambil tongkat dari Loch Ness. Tanpa Gray sadari bahwa dia telah mencapai akhir gulungan film.

Pada saat dia duduk di tepi danau melihat objek atau makhluk yang berputar di air, dia lupa (tidak sadar) bahwa dia telah mencapai akhir gulungan film, dan mengklik (memotret) tanpa menyadarinya. Tindakan yang terburu-buru dalam mengembangkan film tersebut mungkin mengisyaratkan bahwa dia mulai menyadari kesalahannya.

Apa yang dia lakukan ?, (karena) dia telah memberi tahu keluarga dan teman tentang penampakan yang dia alami dan bagaimana dia memotretnya, jadi dia memilih gambar anjing yang tidak fokus, berkabut, dan tidak jelas, yang berenang ke pantai dengan tongkat di mulutnya untuk mewakili apa yang dia lihat. Itu lebih baik daripada tidak sama sekali.


Gary Campbell dari Official Loch Ness Sightings Register, mencatat bahwa banyak penampakan dapat dibantah dengan mudah. Apa yang tampak seperti makhluk mirip dengan Nessie, sebenarnya bisa jadi hanya perahu, ombak, batang kayu, atau puing-puing lainnya.

Sedangkan jika objek itu tampak hidup, itu bisa jadi anjing laut, berang-berang, belut besar, sturgeon, atau lele, dengan satu laporan Nessie yang ternyata adalah penyelam google maps.

Darren Nash, ahli zoologi, telah mempelajari fenomena sosiokultural di sekitar penampakan Nessie, dan mengatakan :

"Sebagian besar penampakan Nessie dilaporkan oleh orang-orang yang tidak tahu apa yang mereka lihat."

"Banyak yang belum pernah melihat rusa yang berenang, berang-berang, atau (mereka) tidak terbiasa dengan pola gelombang khusus di Loch Ness."

Mengenai informasi seputar Loch Ness, belum lama ini para peneliti dan pemburu monster berkumpul di Dataran Tinggi Skotlandia Inggris untuk mencari monster Loch Ness, dan menjadikan ini pencarian terbesar untuk Nessie dalam lebih dari 50 tahun.

Loch Ness Center dan kelompok riset Loch Ness Exploration meminta semua pemburu monster untuk bergabung dalam pencarian terbesar ini.

"Tujuan kami adalah untuk mengamati, merekam dan mempelajari perilaku alami Loch dan fenomena yang mungkin lebih menantang untuk dijelaskan."

"Jika anda percaya bahwa monster Loch Ness ada, maka kami mengundang anda untuk bergabung dalam pencarian, kami mengundang anda untuk mendukung studi tentang Loch dan perilaku alami dari unsur-unsur yang mungkin menjadi akar penyebab laporan aneh di Loch Ness."


Para penyelidik sedang mengembangkan segala macam teknologi, termasuk peralatan survei yang menurut Loch Ness Center, belum pernah digunakan di danau air tawar sebelumnya.

"Drone dengan kamera inframerah akan terbang di atas danau dan hidrofon akan digunakan di bawah permukaan untuk mendeteksi 'panggilan seperti Nessie".

Relawan akan berpartisipasi untuk mengawasi permukaan danau yang besar dan memindai permukaan untuk setiap pergerakan di sekitar danau.

Karena permintaan yang luar biasa dari penggemar monster, kelompok ini tidak lagi menerima pelamar yang berharap bisa berpartisipasi secara langsung, tetapi bagi mereka yang ingin berpartisipasi, mereka dapat melakukannya secara virtual melalui streaming online.

(Sumber : How a 1933 photo (maybe of a dog) sparked the Loch Ness monster craze, Monster hunters are conducting the largest search of Loch Ness in more than 50 years)