Dalam cerita rakyat Armenia, Lake Van Monster atau monster Danau Van, adalah monster danau yang dikatakan hidup di Danau Van, Turki Timur.

Danau Van adalah danau terbesar di Turki, danau soda garam yang menerima air dari banyak aliran kecil yang turun dari pegunungan sekitarnya.

Sebua cerita di surat kabar Ottoman Saadet bertanggal 29 April 1889, menceritakan bahwa seekor makhluk telah menyeret seorang pria ke danau Van.

Menyusul laporan insiden itu, pemerintah Ottoman mengirim kelompok survei ilmiah resmi ke danau yang kemudian gagal menemukan makhluk itu.

Cendekiawan James Russell mengabaikan hubungan antara keyakinan penduduk tentang Vishap (naga dalam mitologi Armenia) danau dengan penampakan makhluk danau tahun 1990an.

Hal ini didasarkan karena kepercayaan rakyat di antara penduduk Kurdi cenderung lebih dipengaruhi oleh cerita monster budaya barat daripada tradisi Armenia yang masih bertahan.

Russell juga menceritakan bahwa orang Kurdi yang dia temui di Danau Van pada tahun 1994 dan 1997, menganggap kisah monster di danau sebagai taktik komersial dan lelucon.

Beberapa penampakan terdokumentasi yang paling dikenal muncul antara 1995 dan 1997, sedangkan penampakan pertama terdokumentasi tahun 1889.

Monster itu dikatakan menyerupai reptil laut purba seperti plesiosaurus, yang kemudian dikaitkan dengan monster Loch Ness karena karakteristiknya yang sama.

Surat kabar tahun 1889, menceritakan tentang laporan penampakan yang dialami oleh tiga orang saat bepergian dari Tatvan ke Ahlat.

Mereka berkemah di dekat danau dan saat mencuci tangan di air danau, makhluk besar muncul dan menyerang mereka.

Makhluk itu menangkap kaki salah satu dari mereka dan mencoba menariknya ke danau. Karena kekuatan mereka tidak cukup untuk melawan, dan makhluk itu terlalu kuat, mereka mengambil api dari perkemahan, dan menyerangnya mengggunakan api tersebut.

Saat api menyentuhnya, makhluk itu menjerit, melarikan diri ke kedalaman danau dengan membawa pria bersamanya. Pria yang dibawah oleh makhluk itu tidak pernah ditemukan.


Pada tahun 1997, seorang pria lokal bernama Ünal Kozak mengaku telah berhasil merekam monster danau yang kemudian dikirim untuk dianalisis.


Rekaman itu terus-menerus mendapat kritik, seperti :

Mengapa monster itu tidak pernah bergerak ke kiri, apa karena itu diseret oleh perahu ?

Mengapa hanya bergerak lurus, tidak melengkung ?

Mengapa pernapasannya tidak masuk dan keluar, tetapi terus-menerus keluar, seperti efek selang udara ?


Beberapa mengklaim melihat bentuk seperti paruh, sementara yang lain berpendapat bahwa itu hanyalah gajah yang berenang, meskipun tidak ada gajah yang tinggal di dekat danau.

Ada juga kemungkinan bahwa itu adalah anggota dari apa yang disebut sebagai kadal danau. Sementara skeptis menduga itu hanyalah kantong sampah yang diseret di sepanjang danau.

Pada akhir tahun 1997, rekaman ini ditayangkan di CNN dan sejak saat itu telah menjadi pusat kontroversi cryptozoology.

Para peneliti dan komunitas ilmiah Turki bingung untuk menjelaskan makhluk dalam video tersebut.

"Tidak ada yang bahkan menyerupai monster Danau Van yang mampu hidup di danau. Tidak mungkin makhluk sebesar yang diklaim oleh saksi mata, hidup danau yang tertutup seperti Van. Juga, danau Van adalah danau soda sehingga tidak ada yang bisa tinggal di sana."

Skeptis berpendapat bahwa wilayah tersebut mendapat pendapatan dari wisatawan dan hoax monster danau telah minat menarik pengunjung yang tentunya menguntungkan daerah tersebut.

Beberapa tanggapan mengenai rekaman ini di antaranya :

"Terlihat seperti batang pohon bagi saya."

"Anda dapat melihat tiupan gelembung jadi itu tentu bukan batang yang mengambang di air. Saya penasaran apakah ada gua bawah laut atau lubang di mana makhluk itu bersembunyi. Makhluk itu tampaknya bergerak sangat cepat dan sangat panjang."

"Tiga detik pertama rekaman ini membuktikan bahwa ini bukan gajah. Rekaman luar biasa dari sesuatu yang aneh. Sangat mengecewakan bahwa tidak ada informasi lebih lanjut atau rekaman baru atau foto baru, atau berita terbaru lainnya. Dalam video diklaim bahwa dia telah mengintai monster itu dan berhasil mendapatkannya dalam kamera. Jadi tentunya mudah bukan bagi seseorang untuk merekamnya lagi ?."

"Saya tidak percaya bahwa tidak ada ilmuwan atau ahli YouTube yang menyelidiki ini lebih dalam."

"Sangat menarik bahwa anda mendengar tentang ini, lalu melihat rekamannya, dan kemudian tidak ada lagi (informasi) yang benar-benar pernah didengar mengenai makhluk yang tidak diketahui ini. Menarik."

"Apakah mungkin (makhluk) ini telah punah dan (rekaman) ini adalah satu-satunya penampakan yang bisa kita lihat."


(Sumber : Lake Van Monster, Lake Van Monster)