Setelah melihat beruang madu Malaysia yang berdiri dengan kedua kakinya dan melambai kepada para pengunjung di Kebun Binatang Cina, sebuah spekulasi muncul bahwa itu hanyalah manusia yang mengenakan kostum beruang.

Video yang direkam di Kebun Binatang Hangzhou ini langsung menjadi bahan perbincangan di Facebook, Twitter, TikTok dan Instagram.

"Kerutan di punggung adalah . Pasti seseorang dengan pakaian beruang."

"Itu pasti gerakan manusia."

"Beruang tidak bisa berdiri selama itu. Jelas tidak (berdiri lama) seperti itu."

"Itu terlihat seperti kostum yang buruk tetapi bisa juga beruang yang kekurangan gizi. Saya pernah melihat beruang madu dan mereka berdiri dengan kaki belakangnya."



Dalam rekaman audio yang beredar di WeChat, pihak kebun binatang menolak perkataan bahwa beruang madu itu adalah penipu.

Mereka bersikeras bahwa itu benar-benar beruang, hanya saja ukurannya sedikit lebih kecil dan sedikit berbeda dari yang biasa dilihat orang-orang.

Kebun binatang menekankan bahwa orang yang mengatakan itu, tidak mengerti soal beruang.

"Tidak semua beruang dipersonifikasi besar dan berbahaya. Beruang madu kami mungil, beruang terkecil di dunia."

"Beruang adalah mamalia dan mereka juga seperti primata. Meskipun wajah mereka tidak terlihat seperti primata, tubuh mereka pasti sangat mirip primata."



Seorang juru bicara kebun binatang berpendapat bahwa beruang itu asli, dan mengingatkan orang-orang bahwa tingkat penipuan seperti itu, tidak akan terjadi di fasilitas yang dikelola oleh negara.

"Beruang hidup pada suhu 40°C di dalam fasilitas pada musim panas. Tidak mungkin bahwa itu manusia berkostum beruang."

"Seorang manusia dengan kostum tidak akan bertahan lebih dari beberapa menit sebelum akhirnya ambruk."


Meskipun begitu, netizen tetap tidak yakin dan bahkan menuduh bahwa beberapa kebun binatang Cina merwarnai anjing untuk menjadi serigala atau kucing Afrika, atau mengecat keledai agar terlihat seperti Zebra.

"Sejak usia sangat muda, beruang ingin berdiri lebih tinggi untuk mendapatkan udara, mengambil lebih banyak indera (mencium benda yang jauh) dan menyelidiki lingkungan mereka."

"Di kebun binatang, beruang akan melihat semua orang (pengunjung) dan melambaikan tangan untuk mendapat perhatian mereka. Kebun binatang khusus ini juga memungkinkan pengunjung untuk memberi makan beruang."

"Ini adalah masalah yang sangat besar karena cepat atau lambat, beruang belajar bahwa ini adalah tingkah laku positiv. Saat beruang berdiri, saat mendapat perhatian manusia, beruang melambaikan tangan, dan mereka akan mendapat makanan. Begitu beruang tahu akan hal itu, mereka akan melakukannya lagi, melakukannya lebih dan lebih."


(Sumber : Chinese zoo denies its sun bears are humans dressed in costumes)