Pada tanggal 23 April 2006, seorang pria berpenampilan kuno atau vintage berusia sekitar 20 sampai 30an ditangkap oleh polisi karena perilaku yang mencurigakan dan terlihat sangat bingung, sebelum pada akhirnya mengklaim berasal dari masa lalu dan telah melakukan perjalanan waktu.

Dia mengatakan kepada pihak berwenang bahwa dia lahir pada tahun 1932, dan yang menarik adalah dia membawa kamera kuno serta dokumen Soviet dari tahun 1950an.

Dia juga menjelaskan bahwa sekitar dua menit yang lalu, dia hidup di tahun 1958, dan bingung mengapa dia tiba-tiba hidup di tahun ini.

Polisi membawa Sergei dan menurunkannya di sebuah klinik psikiatri di Kyiv untuk diperiksa, di mana Dr. Pablo Kutrikov memeriksa dan merekam sesi percakapan tersebut yang berlangsung pada 23 April 2006.

Setelah memerika identitasnya, polisi mulai merasakan sesuatu yang aneh, seperti menurut ID, pria ini sebenarnya lahir pada tahun 1932, kartu yang dia miliki seperti kartu identitas nasional Uni Soviet yang telah dibubarkan.

Menurut pengakuannya, dia mengatakan bahwa namanya adalah Sergei Valentinovich Ponomarenko, lahir di Kyiv, 16 Juni 1932, dan hal terakhir yang dia ingat adalah bahwa dia berjalan-jalan di Kyiv bersama tunangannya.


Setelah dia berfoto dengan tunangannya, Valentina Curish, dia melihat objek berbentuk lonceng yang terbang dengan cara yang aneh.

Sergei berpikir akan lebih baik jika dia memotretnya. Dia lalu mengambil gambar objek aneh itu dan tanpa disadari, secara tiba-tiba dia menemukan dirinya berada di tahun 2006.

Sergei lalu memperlihatkan bukti bahwa dia telah memotret objek tersebut, dan untuk memastikan keasliannya, foto-foto itu dibawa ke seorang fotografer Kiev bernama Vadim Pozmer.

Vadim terkejut setelah menyadari bahwa film itu sudah tua, namun kondisinya masih sangat bagus dan cukup mudah untuk dicetak.

Di dalam film itu ada foto-foto Kyiv dari tahun 1950, seorang wanita seusia Sergei, foto Sergei mengenakan pakaian yang sama yang juga dikenakan selama wawancara, dan foto objek atau UFO berbentuk lonceng di langit yang diambil oleh Sergei.


Pada 25 April, setelah memeriksa foto-foto tersebut, Vadim mencoba menghubungi polisi lagi, namun Sergei, yang seharusnya menunggu di kamar, tiba-tiba menghilang.

Sebelumnya Sergei terlihat di kamera keamanan memasuki kamarnya di klinik dan tidak pernah terlihat lagi. Sergei tidak pernah tertangkap keluar ruangan, dan jeruji di jendela kamar pun tidak memungkinkan untuk digunakan sebagai tempat melarikan diri.


Polisi kemudian melacak jejak Sergei dengan mencari tunangannya, dan menemukan Valentina masih hidup di tahun 2006, yang kini berusia 74 tahun.

Polisi juga menyelidiki ID lama dari Uni Soviet dan memverifikasi ada seorang pria bernama Sergei Valentinovich Ponomarenko dari Kyiv, namun laporan menunjukkan bahwa Sergei secara resmi dinyatakan hilang pada tahun 1960.

Saat polisi bertanya tentang Sergei, Valentina mengenalinya, dan dia juga ternyata memiliki foto yang sama dengan yang dimiliki polisi. Valentina bahkan memiliki foto Sergei yang ada di masa depan, lebih tepatnya di tahun 2050.

Ada perbandingan antara foto yang sama-sama diambil di Kiev antara tahun 2006 dan 2050, dan perbedaan yang paling terlihat adalah adanya beberapa gedung pencakar langit.


Valentina mengatakan bahwa Sergei memang menghilang selama beberapa hari pada tahun 1958, dan saat dia menghilang lagi, dia belum kembali kepadanya, yang tampak seperti perjalanan terakhir Sergei melalui waktu, di mana dia tidak bisa kembali lagi ke masa sebelumnya.

Apa kisah ini benar-benar asli atau tipuan, beberapa orang telah mencoba mencari kebenaran cerita ini, dan mulai mengamati setiap detailnya, apakah ada celah yang akan mengungkapkan sebuah tipuan.

Hal pertama yang diperhatikan adalah mengenai kartu identitas yang ditunjukkan kepada polisi memiliki cetakan stempel kabur seolah-olah tinta mengering di atas materai.


Kartu identitas di Uni Soviet selalu memiliki perangko yang jelas dan terlihat, dan jauh lebih gelap daripada milik Sergei.


Tidak hanya stempel resmi yang sedikit mencurigakan, bulan kelahiran Sergei juga tidak benar. Sergei diketahui lahir di Kyiv pada 16 Juni 1932, jika melihat sisi kiri ID Sergei, anda akan melihat apa yang tampak seperti tulisan "mapm", namun sebenarnya itu adalah Cyrillic (alfabet Rusia) dari kata, M. A. R. T, yang merupakan bagaimana kata March dieja dalam bahasa Rusia.

Kartu tersebut mengatakan bahwa Sergei lahir pada Maret 1932, bukan pada bulan Juni.

Bukti berikutnya adalah saat melakukan perjalanan waktu, film tidak akan bisa dikembangkan, namun dalam kisah Sergei, film dalam kondisi sempurna, dan itu adalah jenis film yang dihentikan pada tahun 1970an.

Selama era Soviet, perusahaan film terkemuka adalah Svema, dan perusahaan itu menghentikan jenis film yang digunakan Sergei pada tahun 1958. Namun, anda masih dapat membeli film Svema jenis ini, di toko-toko hingga tahun 1990.


Ahli fotografi tidak akan terkejut untuk melihat jenis film tertentu pada tahun 2006. Kondisi film jika datang dari tahun 1958, akan menjadi buruk dalam hal kualitas.

Ini berarti bahwa bahkan ketika orang mencari film jenis ini pada tahun 2006, barang-barang ini masih belum langka.

Mengenai percakapan radio Sergei, menurut analisis fern-flower.org, rekaman itu terdengar terlalu bersih untuk file yang telah disimpan cukup lama.

Bukti yang paling jelas bahwa ini adalah tipuan mungkin berasal dari foto tahun 2050 yang memperlihatkan Sergei dengan banyak gedung pencakar langit di belakangnya.

Jika diperhatikan lebih detail, beberapa bangunan terlihat identik satu sama lain, hanya berbeda ukuran, dan beberapa tampak hasil dari editan Photoshop.


"Dengan demikian, semua bukti perjalanan waktu itu dibangun di atas kepalsuan (mungkin dibuat untuk hiburan). Dan oleh karena itu, ini tidak dapat dianggap sebagai bukti perjalanan waktu."

"Tampaknya, kisah penjelajah watu yang paling meyakinkan, tidak meyakinkan seperti dulu."


(Sumber : Convincing case of man who appeared 'out of nowhere' in 2006 claiming to be a time-traveller, An infamous Ukrainian time-traveller story has finally been explained, Testing The Time Traveler Story Told By Reomit's Korean YouTube Channel)