Setelah menghilang selama hampir 10 tahun, foto yang diduga memperlihatkan penampakan makhluk legendaris Dobhar Chu mulai beredar di media sosial.


Saat ini, tidak banyak informasi yang bisa didapat mengenai dugaan penampakan Dobhar-Chu ini, namun terdapat beberapa komentar yang membahas foto ini saat muncul di YouTube :

"Gambar ini sedikit membuktikan pada poin bahwa bahkan jika anda mengambil gambar yang jelas dari hewan cryptid, tidak ada yang akan mempercayainya."

"Ini pasti salah satu gambar terbaik yang pernah saya lihat dalam cryptozoology. Saya tidak bisa melihatnya sebagai gambar palsu. Temuan yang bagus."

"Jika ini adalah berang-berang, ini pasti spesimen paling mengancam yang pernah saya lihat."

"Bertahun-tahun yang lalu saya melihat ke bawah ke Liffey di sepanjang dermaga di Dublin dekat Jembatan Grattan. Ada seekor binatang sedang berenang sambil membawa ikan di mulutnya. Awalnya saya mengira itu anjing laut atau berang-berang. Kemungkinan besar memang demikian. Tapi itu terlihat agak tidak biasa, khususnya kepalanya, lebih mirip persilangan antara anjing laut dan anjing besar, yang tentu saja tidak mungkin terjadi. Apakah saya melihat dobhar-chu berenang di Liffey bertahun-tahun yang lalu ?."

"Kisah yang menarik! Saya suka foto itu! Secara pribadi, terlepas dari kebenaran foto dalam cerita tersebut, saya masih sangat percaya pada keberadaan dobhar-cu di zaman modern. Keyakinan saya sepenuhnya didasarkan pada penampakan yang terdokumentasi dengan baik beberapa tahun lalu di Pulau Omey. Suami dan istri yang melihat spesimen itu sangat dapat dipercaya dan tampak cerdas serta jujur. Mereka menggambarkan hewan mirip berang-berang yang kira-kira seukuran manusia dewasa. Sangat menarik."

"Menurutku itu adalah berang-berang Eurasia yang umum. Mulutnya terlihat aneh karena memanjang saat sedang memakan hasil tangkapan yang besar. Sulit untuk mengukur ukurannya - tetapi bilah rumput di depannya sepertinya menunjukkan panjang rata-rata (antara 2,5 - 3 kaki) - Saya pernah melihat Berang-berang laut di Liffey di mana semua orang mengira mereka adalah anjing laut.


"Mengapa hanya ada 1 foto? Bukankah seharusnya ada beberapa ? Jika saya melihat sesuatu yang aneh seperti itu dan memiliki kamera, saya pasti akan mengambil lebih dari satu foto."

"Mereka memilikinya di Leadville Colorado di puncak pegunungan. Saya melihatnya, panjangnya setidaknya 6-7 kaki, sangat besar, hampir tidak terlihat sekilas, tetapi melihatnya dua kali, saya bertanya kepada penjaga hutan setempat, katanya mereka ada dan mereka ada. tidak ada di buku mana pun dan tidak ada gambar. Itu sangat besar."

"Mereka memiliki makhluk itu di Leadville Colorado di puncak pegunungan. Saya melihatnya, panjangnya setidaknya (1,8 meter), sangat besar, saya bertanya kepada penjaga hutan setempat, katanya mereka ada dan mereka tidak ada di buku mana pun dan tidak ada gambarannya. Itu sangat besar."

"Ada banyak hewan aneh di luar sana yang hanya terlihat sekilas, tetapi mereka nyata, Irlandia penuh dengan anomali perairan, termasuk belut raksasa, monster danau Irlandia, dan banyak lagi rekaman aslinya! Terima kasih, ini sangat menarik."

"Saya tidak pernah bisa mengeja nama penulisnya tetapi dalam buku "In the Wake of Sea Serpents", penulis memiliki beberapa kategori penampakan di mana "berang-berang super" adalah salah satu monsternya. Ia pada dasarnya adalah berang-berang raksasa atau makhluk dengan ciri-ciri mirip berang-berang."

"Itu mungkin foto Berang-berang laut sepanjang enam kaki dari delta Okavango. ikan itu bisa jadi adalah belut."

"Mungkinkah ini anjing serigala Irlandia? Moncongnya sangat mirip, dan tampak kepala binatang itu sedikit diputar ke arah kanan, dan juga sedikit dimiringkan ke kiri."

"Itu adalah Black Irish Wolfhound dewasa yang menangkap ikan besar."


"Itu berang-berang biasa. Moncong panjang adalah ilusi berdasarkan bagian (atau tambahan) ikan yang tampak seperti kelanjutan dari moncongnya. Itu bisa berupa rumput liar, pertumbuhan penyakit pada ikan, dll. Letakkan ibu jari Anda di bagian “ekstra” rahang atas dan lihatlah, seekor berang-berang."

"Hewan ini terlihat sangat mirip dengan mustela macrodon... yang biasa dikenal sebagai berang-berang laut. Spesimen terakhir yang diketahui dibunuh di Maine, AS pada tahun 1889. Berang-berang laut dianggap punah, karena tidak ada laporan yang dilaporkan sejak saat itu."

"Saya yakin masih ada beberapa hewan yang belum teridentifikasi oleh para ahli biologi. Saya mengatakan ini sebagai seseorang yang dibesarkan dan dididik oleh seorang ahli biologi satwa liar. Setiap tahun spesies baru yang tidak diketahui ditemukan dan diberi nama oleh para ahli biologi."

"Pertanyaan saya adalah apakah ada yang bertanya kepada ahli biologi, apa pendapat mereka tentang hal ini? Mereka akan tahu seperti apa bentuknya dan apa yang bisa dikesampingkan. Mereka mungkin dapat mengidentifikasi keluarga mamalia ini."

"Secara pribadi, saya tidak dapat mengidentifikasi hewan ini meskipun saya telah mempelajari banyak hewan dari berbagai tempat di bumi. Ada ribuan spesies. Jadi, hanya ahli biologi yang berpengetahuan luas yang dapat menentukan keluarga hewan ini dan apakah ia termasuk spesies yang telah diketahui."

"Satu hal terakhir. Saya menyukai sains tetapi saya tahu banyak mitos yang kemudian terbukti kebenarannya setelah para ilmuwan terlatih menemukan bukti fakta yang membuktikan realitas dari setiap kisah tertentu. Saya ingin melihat tindak lanjut cerita ini setelah para ahli biologi diperlihatkan foto ini."

"Hanya masalah sudut pandang dan pencahayaan, itu adalah sejenis berang-berang. Mulut terlihat besar karena mulut yang menggigit ikan. Mulut itu terlihat aneh karena ikan besar di rahangnya."

"Bagi saya itu terlihat seperti berang-berang biasa. Apa yang tampak seperti muka yang memanjang, bagi saya terlihat seperti cakar atau kaki lain yang memegang ikan."

"Mungkinkan itu spesies berang-berang lain atau itu adalah Dobhar Chu ?."

Satu-satunya info tambahan mengenai foto ini adalah sebuah keterangan yang jika diartikan kurang lebih sebagai berikut :
Pada suatu sore, Joanne berada di salah satu gudang di belakang kebun mereka, saat dia melirik ke luar jendela, dia langsung terpaku pada sebuah pot.

Di tepian air, hanya beberapa meter darinya, ada makhluk predator dari spesies yang belum pernah dia lihat sebelumnya (dia dibesarkan di pedesaan), duduk dengan seekor ikan yang mungkin beratnya enam atau tujuh pon, dan masih berkedut dalam penderitaan.

Joanne berlari ke rumah untuk mengambil kamera, dan saat dia kembali ke gudang beberapa menit kemudian, makhluk yang sejak itu dikenal sebagai Monster Cleenagh, telah memasuki Lough (danau) dan berenang menjauh dengan ikan besar, mungkin ikan pike, mencengkeram kuat di rahangnya yang besar.

Meski itu pemandangan yang menakutkan, Joanne mempertahankan ketenangan dan memotret pemandangan tersebut.

Banyak yang percaya itu adalah berang-berang. Ada banyak berang-berang di perairan sekitar sini. Banyak juga (seperti saya dan Jimmy) sama sekali tidak berpikir itu terlihat seperti berang-berang.

Makhluk ini memiliki bulu kasar daripada kulit licin, dan bentuk kepalanya berbeda dengan berang-berang. Tak satu pun dari kita sebagai warga lokal yang pernah melihat salah satu dari mereka, jadi sulit untuk mengatakannya secara pasti.

Memang benar ada wabah mink (cerpelai) liar di sistem sungai Shannon, karena mereka tidak memiliki predator alami, mereka telah meningkat pesat dan berlipat ganda di sungai sejak itu.

Perdebatan berkecambuk dan salinan bukti foto Joanne baru saja dikirim ke otoritas satwa liar dengan harapan bisa mengidentifikasinya dengan tepat. Kami menunggu temuan mereka.

Sementara air Lough telah surut mendekati tingkat normal, belum ada penampakan lebih lanjut dari monster tersebut.

(Sumber : A Dobhar-Chu Photograph From Western Ireland?)