Kabagon adalah makhluk cryptid air berukuran besar yang terlihat sekali oleh awak kapal penangkap ikan Jepang.

Dalam bahasa Jepang, nama Kabagon berarti "hippo monster" (monster kuda nil).

Makhluk ini digambarkan sebagai makhluk berwarna keabu-abuan, dengan tekstur kulit kasar serta berbulu, dan memiliki mata yang sangat besar di bagian atas kepalanya.

Kabagon telah dikaitkan dengan makhluk cryptid perairan Antartika seperti Antarctic Godzilla, Ningen, atau dengan hantu laut raksasa Umibozu di perairan Jepang.

Pada 13 Februari 1958, sekitar pukul 7 malam, semua anggota awak termasuk kapten kapal penangkap ikan Jepang dari Mekawa, Miyagi, menyaksikan makhluk besar di semenanjung Lytteleton.

Mereka hanya bisa mengamati bagian kepalanya saja dan makhluk itu menyelam kembali setelah melihat para kru kapal.

Kapten Kimura membuat sketsa makhluk itu, dengan New Zealand Weekly Magazine kemudian memilih penampakan ini, dan jejak kaki misterius dilaporkan di pantai dekat lokasi penampakan.


Kabagon awalnya diduga sebagai kasus kesalahan identifikasi pinnipeds seperti anjing laut, meskipun spesies ini hanya berhabitat di perairan Arktik.

Namun, deskripsi Kabagon sebenarnya cocok dengan beberapa spesies pinnipeds seperti leopard seal (anjing laut macan tutul dan southern elephant seal (gajah laut selatan).


Sangat mungkin bahwa para awak kapal salah mengidentifikasi gajah laut selatan sebagai Kabagon dan ini disebabkan oleh kondisi cuaca, dan keadaan sekitar yang kurang mendukung, terlebih penampakan terjadi pada malam hari.

Kabagon juga memiliki kemiripan yang mencolok dengan monster dalam film Godzilla Vs. Hedorah, dirilis pada tahun 1971, tidak lama sebelum Kabagon terlihat.


Terlihat kebetulan, sehingga memunculkan dugaan mungkinkah cerita ini adalah bentuk promosi untuk film tersebut.

"Bisa jadi itu adalah sejenis ikan paus, bahkan mungkin bangkai seekor ikan yang muncul dari air karena pembusukan (sehingga terlihat aneh)."

"Mungkinkah itu Anjing Laut Gajah cacat, itulah sebabnya 'membuat takut' para nelayan ?."

(Sumber : Kabagon, Kabagon)