Postingan ini sebenarnya melanjutkan artikel sebelumnya tentang munculnya foto penampakan Nessie tahun 2018.

Chie Kelly memutuskan untuk membagikan gambarnya pada tahun lalu, dengan Steve Feltham (pemburu Nessie) yang membantu Kelly merilis gambar ke pers sehingga menyebabkan banyak rumor.

Namun, mereka menyadari bahwa video akan lebih baik daripada sekedar foto untuk bisa melihat pergerakan makhluk ini.

Mereka menemukan bahwa tidak semua foto telah dihapus, dan memutuskan untuk mengubah gambar-gambar ini menjadi video dengan beberapa bantuan.

Setelah selesai (sekitar 71 frame), yang dapat terlihat adalah makhluk besar tak dikenal yang bergerak di danau, dan terkadang memecah permukaan air untuk memperlihatkan bagian tubuhnya.


"Kualitas dalam pengumpulan gambar ini tidak ada duanya, belum pernah ada objek misterius yang difoto di permukaan begitu jelas dan dan fokus, di sini, di Loch Ness."

"Merupakan suatu kehormatan untuk terlibat dengan bukti berkualitas seperti ini, penjelasan sederhananya tetap sulit dipahami bagi saya."

Chie Kelly yang mengambil foto mengatakan :

"Rekaman yang disatukan oleh Leon dari gambar diam kamera saya, adalah apa yang kami lihat. Menontonnya membawa kembali ingatan saat kita menyaksikan fenomena aneh ini."

"Kadang-kadang berputar dan berguling. Kami tidak pernah melihat kepala atau leher. Setelah beberapa menit, itu menghilang begitu saja dan kami tidak pernah melihatnya lagi."

"Awalnya saya bertanya apakah itu berang-berang atau sepasang berang-berang atau anjing laut, tetapi kami tidak pernah melihat kepala dan tidak pernah muncul lagi untuk menghirup udara."

"Itu membuat gerakan aneh di permukaan. Kami tidak mendengar suara apapun. Ada bentuk-bentuk aneh di bawah permukaan. Saya tidak bisa melihat warna apa pun, airnya gelap."

"Saya tidak bisa menilai panjangnya secara akurat, tetapi dua bagian yang terlihat, panjangnya kurang dari dua meter. Saya tidak tahu apa itu, tapi itu pasti adalah seekor makhluk, seekor hewan. Apa yang saya lihat tampak seperti ular. Itu pasti seekor makhluk dan itu bergerak.

"Pada saat itu saya tidak mempostingnya karena tidak ingin menghadapi ejekan publik."


Steve Feltham pun mengatakan :

"Kami beruntung keluarga Kelly akhirnya memutuskan untuk go public. Saya meyakinkan mereka bahwa foto-foto ini sangat penting sehingga harus dipublikasikan."

"Ini adalah gambar permukaan yang paling menarik dari fenomena tersebut. Menempatkan 71 frame diharapkan akan memicu perdebatan internasioanl dan analisis."

"Ini masih menentang penjelasan. Saya tidak berpikir itu berang-berang, yang jauh lebih kecil dari apa yang ada di gambar atau penyelam. Tampak juga ada dua objek. Ini tentu saja memerlukan penyelidikan lebih lanjut."

"Ini adalah pembenaran bagi semua orang yang percaya bahwa ada sesuatu yang tidak dapat dijelaskan di Loch Ness. Itu luar biasa. Saya telah mempelajarinya dan masih belum tahu apa itu."

Pembawa acara, Cryptid Factor mengatakan :

"Video ini memungkinkan kita untuk melihat bagaimana monster itu bergerak, yang merupakan 'game changer'. Apakah anda seorang skeptis atau orang percaya, video misterius ini membuat anda merinding dan membuat anda berdebat hingga laur malam, memikirkan apa yang ditangkap oleh Chie di danau pada hari itu."

(Sumber : Game-changing' Loch Ness Monster video shows 'creature' breaking surface)