David Attenborough, naturalis yang terkenal dan dihormati, berpikir bahwa Yeti benar-benar bisa ada dan hidup di Pegunungan Himalaya.

Menurutnya, makhluk legendaris dari Himalaya itu bisa jadi lebih dari sekedar makhluk mitos.

Di program UKTV, Attenborough berbicara :

"Saya percaya Abominable Snowman (sebutan lain untuk Yeti) mungkin nyata. Saya pikir mungkin ada sesuatu di sana."

"Ada jejak kaki yang membentang ratusan mil dan kami tahu bahwa pada tahun 1930an, sebuah fosil ditemukan dengan gigi geraham besar yang berukuran empat atau lima kali lebih besar dari ukuran geraham manusia."

"(Fosil itu) pasti molar (geraham) dari kera besar, yang sangat besar, tingginya sekitar 10 atau 12 kaki (3 atau 3,6 meter). Itu luar biasa. Dan bukan tidak mungkin, (kera) itu mungkin ada. Jika anda berjalan di Himalaya, ada hutan rhododrendron yang sangat luas, membentang ratusan mil persegi, yang dapat menampung yeti (di dalamnya)."

"Hutan di sini, hingga baru-baru ini, (adalah) yang paling tidak dikenal di dunia dan orang luar tidak tahu banyak tentang apa yang bisa bersembunyi di dalamnya."

"Ada cerita tentang monster mirip manusia, Yeti, Abominable Snowman, yang meninggalkan jejak kaki aneh di salju."

Setelah ditanya oleh Jonathan Ross pada acara Friday Night mengenai "apakah dia percaya pada makhluk mitos ?", Sir David mengatakan ada satu bukti yang sulit diabaikan.

"Saya rasa monster Loch Ness tidak ada, karena jika ada, pasti ada dua atau tiga (makhluk di sana) - satu keluarga (dari monster Loch Ness)."

"Jika itu adalah ichthyosaurus atau semacam makhluk yang menghirup udara, dia akan muncul sepanjang waktu."

"Tetapi saya benar-benar bingung dengan Abominable Snowman, yang juga disebut Yeti atau Sasquatch karena jejak kaki yang sangat besar, yang (juga) sangat meyakinkan, telah ditemukan. Terutama jejak kaki yang ditemukan 18.000 atau 19.000 kaki, tidak ada yang bisa (pergi) setinggi itu untuk bercanda."


"Jadi saya pikir ada masalah yang belum terjawab."

"Dan memang ada monyet yang hidup di hutan bersalju ini dan mereka sangat aneh."

"Perkenalkan, mereka adalah blue-faced-golden-coated-snub-nosed snow monkey. Mereka termasuk salah satu monyet terkuat."

"Binatang besar lebih mudah menghangatkan diri daripada yang berukuran kecil, dan mereka bertahan hidup dalam kondisi yang lebih dingin daripada monyet lainnya di Bumi."

"Sebenarnya saya pernah membacanya di sebuah makalah ilmiah, dan saya membaca semua tentang monyet ini dan berpikir kita harus pergi dan memfilmkannya - dan itu terjadi pada tahun 1960an." "Saya mencoba menemukannya, tetapi tidak bisa, mencoba dan gagal dan semacamnya. Saya selalu memikirkan mereka di pikiran saya. Lalu yang mengejutkan saya, (binatang ini) benar-benar keluar dan, 'kami mendapatkannya, kami mendapatkannya !'."

Monyet ini juga telah dianggap melahirkan mitos Yeti, meskipun hanya memiliki tinggi 20 inci.


Hutan Himalaya yang lebat masih belum tersentuh oleh manusia dan penduduk setempat menceritakan tentang kisah makhluk-makhluk yang hidup didalamnya.

Attenborough menjelaskan mengapa keberadaan makhluk itu belum terbukti dan tetap tersembunyi sampai sekarang :

"Jika ada beberapa yang hidup (di sana) dan anda berjalan di dekat habitat mereka, anda dapat berspekulasi bahwa makhluk-makhluk ini mungkin memperhatikan anda, tetapi anda tidak menyadarinya (dan mereka lebih memilih untuk bersembunyi daripada harus menampakkan diri)."

(Sumber : David Attenborough I believe the Abominable Snowman may be real, Monkey thought to have given birth to yeti myth is latest star of Sir David Attenborough’s One Planet)