Kurang dari dua minggu setelah ditemukannya struktur monolith di Gurun Utah, kali ini sebuah monolith muncul di Rumania.

Setelah detektif internet menentukan lokasinya, pengunjung berbondong-bondong datang untuk melihatnya, namun sehari kemudian monolith tersebut menghilang.

Struktur (setinggi sekitar 2,8 meter ) tersebut ditempatkan di Bukit Batca Doammei, sebuah kawasan arkelog yang dulunya merupakan Kastil Dacia, dan bentuknya hampir serupa dengan yang ditemukan di gurun, namun tidak identik.


Monolith ini memiliki coretan dan lingkaran, tidak polos seperti yang di gurun.


Juru bicara polisi Piatra Neamt, Georgiana Mozu mengatakan petugas sedang menyelidiki struktur yang dipasang secara ilegal.

Monolith tersebut kemudian diketahui sebagai lelucon oleh pekerja logam lokal. Strukturnya memiliki coretan yang disengaja, sambungan las yang buruk, tampaknya telah dilas menjadi satu, dan tertanam di tanah.

Kepada Reuters, reporter surat kabar Ziar Piatra Neamt, mengatakan :

"Orang tak dikenal, tampaknya seorang tukang las lokal, membuatnya. Sekarang yang tersisa hanyalah lubang kecil yang tertutup tanah berbatu."

Jurnalis, Ziar Piatra, Robert Iosub mengatakan monolith Rumania tampaknya merupakan tiruan yang jelek dari monolith di Utah.

(Sumber : Mystery monolith reappears in Romania then vanishes again)