Apakah misteri di sekitar Loch Ness akan terungkap karena kondisi kering di Dataran Tinggi Skotlandia telah menyebabkan air turun ke level terendah yang pernah ada ?

Cuaca kering yang terjadi pada Juni telah mengakibatkan dermaga tua yang dulunya berada di bawah permukaan air Loch Ness, sekarang muncul jauh di atas permukaan air.


RNLI (Royal National Lifeboat Institution) melaporkan bahwa ketinggian air saat ini adalah yang "terendah yang pernah tercatat" setelah awak sekoci tidak dapat membawa kapal pesiar ke titik pendaratan karena kurangnya kedalaman air.

Peringatan dini langkanya air telah diberlakukan oleh Scottish Environment Protection Agency untuk barat laut Skotlandia dan Kepulauan Barat.

Aliran sungai di barat laut dikatakan sangat rendah dan ahli cuaca menyarankan hanya sedikit curah hujan dalam perkiraan jangka panjang.


Steve Feltham, pemburu Nessie, yang telah berada di tepi danau selama tiga dekade, menulis di halama Facebooknya :

"Dalam 30 tahun berada di sini, saya tidak ingat pernah melihat air serendah ini."

"Jika terus seperti ini, kita akan memecahkan misteri Nessie."


Sebelumnya, penampakan ketujuh yang resmi telah dicatat oleh The Official Loch Ness Monster Sightings Register.

Penampakan ini terjadi pada tanggal 2 Juni, tetapi sayangnya ini hanya keterangan saksi mata, tidak ada bukti foto atau video.

Pada 2 Juni, seorang pemuda yang berkunjung dari Cambridge melihat makhluk tak dikenal selama dua detik di Teluk Urquhart, saat melihat permukaan danau menggunakan teropong dari kastil.

Dia mengatakan sebuah punuk muncul dengan melawan ombak. Punuk itu tampak seperti punggung kura-kura yang berwarna hitam dengan sedikit warna hijau.

Dia juga melaporkan bahwa cuaca saat itu hangat dan cerah dengan keadaan yang dapat diamati dan dilihat dengan baik.

(Sumber : Loch Ness monster 'mystery could be solved' as dry conditions in Scottish Highlands sees it drop to lowest ever level)