Dalam kurang lebih 40 tahun sejak dugaan dokumentasi Bigfoot ini dirilis, banyak orang telah mengambil setiap detail bahkan setiap frame dari video ini dan mempelajarinya dengan teliti.

Beberapa orang, termasuk Dr. Dmitri D. Donskoy (ahli biomekanik manusia terkemuka), percaya bahwa subjek tersebut bukan manusia, sementara yang lainnya langsung menganggapnya sebagai tipuan.

Sebagian besar orang yang familiar dengan film Patterson-Gimlin, mengingatnya sebagai rekaman yang goyang, tidak begitu jelas (blur) dengan penampakan sekilas dari seekor makhluk bipedal berbulu yang berjalan di kejauhan.

Versi stabil dari film Patterso-Gimlin kemudian dibuat oleh MK Davis (peneliti amatir) dan dimodifikasi oleh anggota komunitas Reddit.

Untuk pertama kalinya penonton bisa melihat sosok humanoid yang berjalan lalu menoleh ke arah kamera dengan stabil dan jelas.

Adegan ini adalah yang paling terkenal dari semua video dugaan penampakan Bigfoot yang pernah ada, dan tetap menjadi adegan yang ikonik.


Jadi, sebenarnya makhluk apa itu ?, para ilmuwan berpikir itu adalah palsu dan pengakuan mengenai tipuan itu telah dibuat. Namun, itu tidak seperti yang dipikirkan orang-orang.

Dalam hampir 50 tahun kemudian, beberapa fakta kunci tentang film Patterson-Gimlin masih meningkatkan kemungkinan bahwa subjek yang terlihat di video bukanlah seorang aktor yang mengenakan kostum, tetapi makhluk hominid tak diketahui dari barat laut Amerika.

Perlu diketahui bahwa jejak kaki yang serupa di lokasi kejadian, telah ditemukan tujuh tahun sebelum film Patterson-Gimlin diambil.

Foto-foto dan cetakan plester dari jejak kaki besar di sekitar Bluff Creek yang didokumentasikan mulai tahun 1960, kemudian mengarah ke dugaan pertemuan Patterson-Gimlin dengan makhluk hominid, tujuh tahun kemudian.

Professor D. Jeffrey Meldrum (ahli anatomi dan antropologi), dan salah satu dari sedikit akademisi yang bersedia menganalisi dugaan bukti Sasquatch secara panjang lebar, menyimpulkan bahwa setiap jejak kaki yang ditemukan di dekat Bluff Creek, cocok dengan sumber individu yang sama.

Jika ini adalah tipuan, ini menyimpulkan bahwa Patterson dan Gimlin adalah bagian dari upaya terkoordinasi yang melibatkan beberapa kelompok orang yang tidak terkait selama 7 tahun untuk menciptakan ciri khas Bigfoot tertentu yang nantinya akan mendukung film yang singkat dan tidak begitu jelas.

Namun, Patterson sendiri pertama kali mengunjungi Bluff Creek adalah pada tahun 1962, dua tahun setelah jejak pertama yang cocok mulai didokumentasikan.

Beberapa ahli anatomi, antropolog, pemeriksa forensik, dan ahli primata terkemuka telah menganalisis film Patterson-Gimlin selama beberpa dekade.

Banyak orang, termasuk Meldrum, yang sangat percaya pada keaslian film tersebut karena sejumlah alasan, termasuk dimensi dan gaya berjalan yang tampaknya bukan manusia. Yang lain menunjuk ke payudara berbulu dan sikap (makhluk) yang tampaknya terlalu santai jika itu adalah tipuan.

Dr. Heuvelmans adalah satu-satunya yang mengatakan itu benar-benar palsu.

Sebagian besar dugaan rekaman Bigfoot bisa dikatakan tidak begitu jelas (blur), dan goyang, ke titik di mana anggota tubuhnya cukup sulit untuk diamati, apalagi detail lebih lanjut tentang anatomi, perilaku, dan penggerak tubuhnya.

Film Patterson-Gimlin, setidaknya mampu memperlihatkan makhluk ini cukup jelas sehingga terdapat dua kesimpulan yang dapat dibuat : Entah itu adalah manusia yang memakai kostum atau itu adalah hominid yang tidak diketahui.

Meskipun telah diperkecil hanya menjadi dua pilihan, lebih dari 80% analisis ilmiah yang memeriksa film Patterson-Gimlin, menolak untuk menentukan satu atau pilihan yang lainnya, dengan alasan banyak karakteristik yang meyakinkan.

Jika film itu palsu, itu sangat baik, sampai-sampai membodohi para ahli di setiap bidang ilmu yang relevan.

Penata rias dan perancang kostum terkenal di dunia, percaya jika itu adalah kostum, itu adalah sebuah masterpiece.

Dua seniman efek telah menganggap makhluk itu palsu. Salah satunya adalah Stan Winston, pemenang Academy Award dari Aliens, Jurassic Park, Predator, dan Terminator, yang merasa kostum itu tampak tidak mengesankan.

Mayoritas penata rias profesional dan perancang kostum yang familiar dengan film Patterson-Gimlin, menganggap makhluk itu sebagai karya seni yang belum pernah terjadi sebelumnya, dengan catatan itu adalah tipuan.

Yang paling menonjol adalah John Chambers, pemenang penghargaan Academy, pencipta kostum yang digunakan dalam The Planet of the Apes, dirilis satu tahun setelah dugaan pertemuan Patterson-Gimlin.


John Chamber menyatakan bahwa jika makhluk itu palsu, pembuatan makhluk itu dicapai dengan keterampilan yang melebihi dirinya.

Petinggi di Disney percaya bahwa teknisi mereka juga tidak akan dapat meniru film tersebut, dan para teknisi sendiri menolak untuk percaya bahwa itu adalah sesuatu yang dapat dicapai secara artifisial (buatan).

Argumen yang mengatakan bahwa Patterson bisa mendapat kostum seperti itu, bertentangan dengan fakta bahwa koboi dan pemburu Bigfoot tidak memiliki koneksi satu sama lain, keduanya miskin, dan tidak berpendidikan, meskipun mereka memiliki keterampilan otodidak.

Meskipun sebuah upaya telah didanai dengan baik, tidak ada yang pernah berhasil menduplikasi atau membuat ulang rekaman itu.

Upaya paling terkenal yang didanai dengan baik untuk membuat ulang film Patterson-Gimlin hingga saat ini, dilakukan oleh BBC (British Broadcasting Corporation) pada tahun 1998, dan dimasukkan dalam program berjudul X-Creature.

Penonton diberi tahu bahwa film Patterson-Gimlin akhirnya akan dipecahkan melalui reka ulang yang identik.

Program tersebut berjanji untuk membuktikan bahwa, adalah sesuatu yang mungkin untuk membuat kostum yang cocok dengan (makhluk) yang terlihat dalam film Patterson-Gimlin.

Sampai tahun 2015, tidak ada yang berhasil membuat versi duplikat dari film Patterson-Gimlin, dan itu belum dilakukan dalam hampir setengah abad, meskipun ada upaya yang dipublikasikan untuk melakukannya.


Roger Patterson meninggal pada tahun 1972 karena kanker, dan bersumpah sampai akhir hidupnya bahwa apa yang dia lihat di Bluff Creek adalah Bigfoot.

Sementara itu, Bob Gimlin menghindari sorotan publik sampai pergantian abad ke-21, saat dia muncul di konferensi orang-orang yang percaya Bigfoot.

Gimlin bersikeras seperti biasa bahwa apa yang dia lihat pada tahun 1967 adalah sesuatu yang tidak manusiawi.

Untuk informasi lebih lanjut dan detail mengenai analisis film Patterson-Gimlin mungkin akan diposting nanti.

(Sumber : The Patterson-Gimlin Film of Bigfoot What Skeptics Still Struggle to Explain)