Menanggapi open request bagian II, maka dipostingan kali ini akan membahas sedikit tentang 21 grams experiment.

21 Grams Experiment (Percobaan 21 gram), adalah istilah yang mengacu kepada studi ilmiah oleh Duncan MacDougall, seorang dokter dari Haverhill, Massachusetts, yang diterbitkan pada tahun 1907.

Duncan MacDougall berhipotesis bahwa jiwa memiliki berat fisik, dan mencoba untuk mengukur massa tersebut ketika jiwa meninggalkan tubuh seseorang.

Sebagian besar dari mereka yang beragama percaya bahwa ada kehidupan yang abadi, bahwa kematian bukanlah akhir melainkan itu adalah transformasi, di mana jiwa seseorang terlepas dari tubuh yang fana untuk kembali kepada Sang Pencipta.

Dr. Duncan MacDougall mengatakan pada awal abad ke-20 :

"Mereka yang percaya bahwa tubuh seseorang menjadi lebih ringan pada saat kematian, tampaknya berpikir bahwa jiwa memiliki berat."

Dr. Duncan mengatakan bahwa jiwa adalah materi dan karena itu memiliki massa, sehingga penurunan berat dari orang yang meninggal dapat tercatat saat jiwa berpisah dengan tubuh fisiknya.

Keyakinan bahwa jiwa meninggalkan tubuh seseorang setelah kematian dan bahwa jiwa-jiwa ini memiliki kehadiran fisik yang dapat dideteksi, sudah ada jauh sebelum abad ke-20, tetapi klaim bahwa jiwa memiliki massa dapat ditelusuri pada eksperimen yang dilakukan MacDougall tahun 1907.

Setelah MacDougall melakukan eksperimen terhadap enam pasien manusia, MacDougall mengulangi eksperimennya dengan lima belas anjing dan mengamati bahwa hasilnya negatif, tidak ada penurunan berat badan saat anjing-anjing mati.

Hasil ini tampaknya menguatkan hipotesis bahwa penurunan berat badan yang dicatat pada manusia, terjadi karena jiwa yang telah meninggalkan tubuhnya, sedangkan menurut doktrin agamanya, hewan tidak memiliki jiwa, sehingga tidak terjadi pengurangan pada berat badan hewan.


MacDougall mencoba mengukur perubahaan massa berat enam pasien pada saat kematian, dan salah satu dari enam pasien kehilangan 21,3 gram.

Awal percobaan

Pada tahun 1901, Duncan MacDougall, seorang dokter dari Haverhill, Massachusetts, yang ingin menentukan secara ilmiah apakah suatu jiwa memiliki berat badan, mengidentifikasi enam pasien di panti jompo yang kematiannya sudah dekat.

Empat pasien menderita TBC, satu diabetes, dan satu dari penyebab yang tidak ditentukan. MacDougall secara khusus memilih orang yang menderita kondisi yang menyebabkan kelelahan fisik, karena ia membutuhkan pasien untuk tetap diam ketika mereka meninggal untuk mengukurnya secara akurat.

Ketika pasien tampak seperti hampir mati, seluruh tempat tidur mereka ditempatkan pada skala ukuran industri yang sensitif dalam dua persepuluh ons (5,6 gram).


Selain manusia, MacDougall pun mengukur perubahan berat dari lima belas ekor anjing setelah kematian.

MacDougall mengatakan dia ingin menggunakan anjing yang sakit atau dalam keadaan sekarat untuk eksperimennya, dan karena dia tidak menemukannya, MacDougall diduga meracuni anjing yang sehat untuk percobaannya.

Hasil Percobaan

Salah satu pasien kehilangan berat badan tetapi kemudian menambah berat badan kembali, dan dua pasien lainnya mencatat penurunan berat badan saat meninggal tetapi beberapa menit kemudian kehilangan lebih banyak berat badan.

Salah satu pasien kehilangan berat "tiga perempat ons" (21,3 gram), bertepatan dengan saat kematiannya.


MacDougall mengabaikan hasil pasien lain dengan alasan timbangan "tidak disesuaikan dengan baik", dan mengabaikan hasil lain karena pasien meninggal saat peralatan masih dikalibrasi. MacDougall melaporkan bahwa tidak ada anjing yang kehilangan berat badan setelah kematian.

MacDougall mengakui dalam artikel jurnalnya bahwa eksperimen ini harus diualng berkali-kali dengan hasil yang sama sebelum kesimpulan apa pun dapat ditarik.

Reaksi setelah percobaan

Sebelum MacDougall dapat mempublikasikan hasil eksperimennya, The New York Times menerbitkan ceritanya dalam sebuah artikel. Hasil MacDougall diterbitkan pada bulan April tahun yang sama di Journal of American Society for Psychical Research, dan jurnal medis American Medicine.


Setelah publikasi percobaan di American Medicine, dokter Augustus P. Clarke mengkritik validitas percobaan MacDougall.

Clarke mencatat bahwa pada saat kematian ada kenaikan suhu tubuh secara tiba-tiba karena paru-paru tidak lagi mendinginkan darah, menyebabkan peningkatan keringat, yang dapat dengan mudah menjelaskan hilangnya 21 gram pada percobaan MacDougall.

Clarke juga menunjukkan bahwa, karena anjing tidak memiliki kelenjar keringat, mereka tidak akan kehilangan berat badan dengan cara ini setelah kematiannya.

Kritik Clarke diterbitkan dalam American Medicine edisi Mei. Argumen antara MacDougall dan Clarke yang memperdebatkan validitas eksperimen terus dipublikasikan di jurnal ini hingga setidaknya Desember tahun itu.

Eksperimen MacDougall telah ditolak oleh komunitas ilmiah, dan dia telah dituduh melakukan metode yang cacat dan penipuan langsung dalam memperoleh hasilnya.

Fakta bahwa hanya satu dari enam pasien yang diukur mendukung hipotesis tersebut, Karl Kruszelnicki telah menyatakan bahwa eksperimen tersebut adalah kasus pelaporan selektif, karena MacDougall mengabaikan sebagian besar hasil.

Kruszelnicki juga mengkritik ukuran sampel yang kecil, dan mempertanyakan bagaimana MacDougall dapat menentukan saat yang tepat ketika seseorang meninggal mengingat teknologi yang tersedia pada saat itu.

Fisikawan Robert L. Park telah menulis bahwa eksperimen MacDougall "hari ini tidak dianggap memiliki manfaat ilmiah", dan psikolog Bruce Hood menulis bahwa "karena penurunan berat badan tidak dapat diandalkan atau dapat ditiru, temuannya tidak ilmiah".

Sebuah artikel oleh Snopes pada tahun 2013 mengatakan percobaan itu cacat karena metode yang digunakan dicurigai, ukuran sampel terlalu kecil, dan kemampuan untuk mengukur perubahan berat terlalu tidak tepat, menyimpulkan: "tidak boleh mempercayai ide yang dibuktikan oleh eksperimennya. sesuatu, apalagi mereka mengukur berat jiwa sebagai (seberat) 21 gram."

Pada tahun 1911, The New York Times melaporkan bahwa MacDougall berharap untuk menjalankan eksperimen untuk mengambil foto jiwa seseorang, tetapi ia tampaknya tidak melanjutkan penelitian lebih lanjut, dan meninggal pada tahun 1920.


Pada bulan Desember 2001, fisikawan Lewis E. Hollander Jr. menerbitkan sebuah artikel di Jurnal Eksplorasi Ilmiah di mana ia memamerkan hasil eksperimen serupa.

Dia menguji berat satu domba jantan, tujuh domba betina, tiga domba dan satu kambing pada saat kematian, berusaha untuk mengeksplorasi temuan yang diakui oleh MacDougall.

Eksperimennya menunjukkan bahwa tujuh domba dewasa memiliki berat badan yang bervariasi saat mereka mati, meskipun tidak hilang atau berkurang, melainkan memperoleh jumlah 18 hingga 780 gram, yang hilang lagi dari waktu ke waktu hingga kembali ke berat awal mereka.

Pada tahun 2009, eksperimen Hollander Jr. menjadi sasaran tinjauan kritis oleh Masayoshi Ishida di jurnal yang sama.

Sama halnya dengan penelitian MacDougall, dokter Gerard Nahum pada tahun 2005 mengusulkan eksperimen lanjutan, berdasarkan penggunaan serangkaian detektor elektromagnetik untuk mencoba menangkap semua jenis energi yang keluar pada saat kematian.

Dia menawarkan untuk menjual idenya ke departemen teknik, fisika, dan filsafat di Yale, Stanford, dan Duke University, serta Gereja Katolik, tetapi idenya ditolak.

Untuk suatu hal, hasil eksperimen MacDougall jauh dari kata konsisten karena terdapat perbedaan yang sangat bervariasi, seperti :

*) Bertepatan dengan kematian...kehilangan dipastikan tiga perempat ons

*) Berat yang hilang ditemukan setengah ons. Lalu rekan saya melakukan auskulasi jantung dan menemukannya berhenti. Saya mencoba lagi dan kehilangan satu setengah ons dan lima puluh.

*) Kasus ketiga saya, menunjukkan kehilangan berat setengah ons, tepat dengan kematian dan kehilangan tambahan satu ons beberapa menit kemudian

*) Dalam kasus keempat, sayangnya timbangan kami tidak disesuaikan dengan baik dan ada banyak gangguan oleh orang-orang yang menentang pekerjaan kami...Saya menanggap tes ini tidak berhasil

*) Kasus kelima saya, menunjukkan penurunan sekitar tiga per delapan ons

*) Kasus keenam dan terakhir saya, bukanlah tes yang adil. Pasien meninggal hampir dalam lima belas menit setelah dibaringkan di tempat tidur dan meninggal saat saya sedang mengatur balok (untuk percobaan)

Kelompok ilmuwan pun menolak eksperimen MacDougall dengan berbagai alasan, beberapa di antaranya sebagai berikut :

*) Menurut para ilmuwan, ukuran sampel tidak cukup, percobaan hanya dilakukan pada 6 orang yang jauh lebih kecil dari rasio yang bisa diterima, bahkan dari 6 orang itu, hanya satu tubuh yang menunjukkan tanda (pengurangan berat badan).

*) Eksperimen ini tidak diulang, (bahkan setelah) MacDougall sendiri (yang) mengatakan bahwa untuk mempercayai teori ini, eksperimen harus diulang berkali-kali, barulah setelah itu eksperimen ini akan berhasil.

*) Metodenya kurang sempurna. Banyak ilmuwan mengkritik karena teknik dan peralatan yang kurang, yang dia gunakan untuk percobaan. Banyak ilmuwan mengklaim bahwa percobaan ini adalah kasus pelaporan selektif (mengabaikan sebagian besar hasil yang didapat).

*) MacDougall mengklaim bahwa dia menemukan jiwa anjing tidak memiliki berat sedangkan jiwa manusia mungkin memiliki berat, tetapi ilmuwan lain mengatakan bahwa perbedaan fluktuasi berat ini karena anjing tidak memiliki kelenjar keringat sehingga berat badan mereka tetap sama. Tetapi ketika manusia mati, ilmuwan Clarke mencatat bahwa pada saat kematian, terjadi kenaikan suhu secara tiba-tiba karena paru-paru tidak lagi mendinginkan darah, menyebabkan terjadi peningkatan keringat yang menyebabkan penurunan berat badan. Ini dengan mudah menjelaskan hilangnya 21 gram pada tubuh.

Fakta bahwa MacDougall kemungkinan besar meracuni dan membunuh lima belas anjing dalam kondisi sehat dalam upaya untuk mendukung penelitiannya juga menjadi sumber kritik terhadap penelitian MacDougall.

Eksperimen ini secara luas dianggap cacat dan tidak ilmiah karena ukuran sampel yang kecil, metode yang digunakan, serta fakta bahwa hanya satu dari enam subjek yang memenuhi hipotesis ini.

Kasus ini telah dikutip sebagai contoh pelaporan selektif, dan terlepas dari penolakannya dalam komunitas ilmiah, eksperimen MacDougall cukup mempopulerkan konsep bahwa jiwa memiliki berat, dan secara khusus memiliki berat 21 gram.

MacDougall tidak lagi membuat terobosan eksperimental mengenai pengukuran jiwa manusia setelah tahun 1911, setidaknya tidak ada ekseprimen luar biasa yang dapat diterbitkan di halaman The New York Times, dan eksperimen ini tidak pernah diulangi lagi.

(Sumber : The 21 grams experiment, 21 gram Experiment, 21 grams experiment explained, Was the Weight of a Human Soul Determined to Be 21 Grams?)