Menanggapi request terakhir dari Open Request bagian II, maka dipostingan kali ini akan membahas sedikit tentang Legenda Tapire-iauara.

Tapire-iauara adalah hewan yang dilaporkan dari daerah terpencil di Hutan Hujan Amazo dengan karakteristik antara tapir dan jaguar.

Makhluk ini disebut dengan beberapa nama berbeda oleh penduduk asli di daerah tersebut, termasuk Tai-acu-iara dan Onca d'agua.

Nama-nama ini diterjemahkan ke dalam berbagai referensi untuk jaguar dan tapir, termasuk "jaguar air" dan "nimfa tapir."

Tapire-iauara dilaporkan hidup di wilayah yang luas di lembah Amazon di Amerika Selatan, termasuk Sungai Orinoco di Venezuela, Sungai Negro dan Sungai Madeira di Brasil, serta Sungai Amazon sendiri dari Codajas hingga Santarem Brazil.

Amazon adalah area di mana para ilmuwan mainstream mungkin berharap untuk bisa menemukan spesies baru dari mamalia besar, dan tapire-iauara adalah salah satu makhluk yang menarik untuk ditemukan.

Saksi mata menggambarkan tapire-iauara sebagai hewan yang ukurannya hampir sama dengan sapi.

Dalam kebanyakan penampakannya, makhluk ini memiliki bulu berwarna merah atau merah keemasan, namun beberapa saksi mata menggambarkan hewan dengan bulu berwarna hitam.

Dalam kasus yang jarang terjadi, hewan hitam memiliki bercak putih besar di bagian depan tubuh.

Tapire-iauara memiliki wajah yang mengingatkan orang pada kucing atau jaguar, tetapi tidak memiliki bintik jaguar. Sisa tubuhnya juga tidak banyak memiliki ciri seperti jaguar.

Telinganya yang besar dan terkulai berbentuk seperti sapi, kakinya berbentuk seperti keledai, dan hewan itu tampaknya memiliki kuku.

Saksi tidak selalu yakin tentang detail terakhir ini, karena tapire-iauara sering terlihat berenang atau berdiri di air sehingga menyembunyikan sisa anggota tubuhnya.

Beberapa saksi mengatakan bahwa makhluk ini memiliki cakar seperti jaguar di kaki depannya dan kuku di kaki belakangnya. Mantelnya (atau bulunya) yang mengkilap menahan air seperti bulu bebek, dan mengeluarkan bau berminyak, kemungkinan bukti bahwa bulunya membuat bulunya kedap air dengan sekresi minyak alami seperti pada banyak mamalia air lainnya.

Semua karakteristik ini agak berbeda, dan ketika makhluk itu menyatu dengan cerita rakyat, ada beberapa gambar konyol, seperti jaguar dengan kaki bebek, tetapi ini adalah minoritas dan dapat dengan mudah diabaikan sebagai tipikal distorsi yang dihasilkan oleh cerita rakyat.


Tapire-iauara memberikan sinyal alarm kepada Tapire-iauara lain dengan menampar telinganya yang panjang ke air, seperti berang-berang yang menampar ekornya ke air sebagai bentuk alarm.

Tapire-iauara digambarkan sebagai karnivora. Ia memiliki gigi predator yang tajam, dan sering terlihat mencengkeram caiman berdarah.

Seperti halnya tapir, tapire-iauara mendominasi keberadaan semi-akuatik.

Tapire-iauara cenderung melarikan diri ke dalam air ketika terancam, perenang yang sangat baik, dan tampaknya kebanyakan memakan ikan, caiman dan mangsa air lainnya. Mungkin juga memakan manusia, tetapi kisah-kisah ini sering dibumbui dengan ornamen supranatural dan cerita rakyat, sehingga mereka cenderung tidak mewakili perilaku hewan yang sebenarnya.

Tapire-iauara ditemukan di rawa-rawa yang paling terpencil, kadang-kadang juga hidup di sepanjang sungai berawa yang aliran lamban dan di danau dataran banjir.

Makhluk yang sendiri sering terlihat, tetapi, jika terancam, lebih sering muncul untuk membela rekan mereka sehingga membentuk kelompok. Sangat jarang untuk melihat lebih dari empat Tapire-iauara sekaligus.

Menurut laporan setempat, tapire-iauara terkadang diburu, bukan untuk dimakan, tetapi mereka digunakan untuk menghancurkan hama atau seseorang yang mengganggu keberadaan warga setempat.

Adanya teknik berburu tradisional yang memadukan informasi dari cerita rakyat dengan informasi lain mungkin memang mewakili keberadaan hewan asli tapire-iauara.

Dalam cerita rakyat setempat, tapire-iauara memiliki kemampuan untuk mencuri jiwa orang, seperti banyak makhluk gaib dari daerah yang sama.

Bagaimana Anda bisa tahu jika jiwa seseorang telah dicuri ? Ada beberapa cara. Jika seseorang melihat tapire-iauara dan pingsan atau membeku hingga ketakutan sampai hewan itu hilang, ini ditafsirkan sebagai mencuri jiwa.

Juga, jika orang tersebut memperlihatkan gejala penyakit mental atau malaria segera setelah melihat binatang ini, ini ditafsirkan sebagai mencuri jiwa.

Dalam pengetahuan lokal, jiwa seseorang mungkin dipulihkan setelahnya dengan sendirinya, dengan menggunakan garam yang berbau, atau mungkin memerlukan bantuan dukun. Terkadang tapire-iauara dikatakan mengeluarkan bau seperti sigung yang menyebabkan kehilangan jiwa.

Bagaimanapun, bertemu dengan hewan pemangsa besar dari spesies yang belum pernah anda lihat sebelumnya, terlebih jika memiliki penampilan yang menyeramkan, akan lebih dari cukup untuk membuat banyak orang membeku sesaat, bahkan hingga menyebabkan pingsan.

Jika tapire-iauara adalah binatang yang nyata, makhluk apakah itu ?, Beberapa kemungkinan muncul :

Karena saksi selalu melihat tapire-iauara yang mirip kucing (dan sering kali secara khusus mirip jaguar), makhluk itu itu mungkin sejenis kucing besar.

Dari penampilannya, jelas itu bukan jaguar biasa. Itu pasti subspesies baru jaguar atau spesies kucing yang berbeda sama sekali.

Jaguar tidak memiliki bulu merah padat atau telinga panjang berbentuk sapi, dan kebiasaan mereka tidak cukup akuatik seperti yang digambarkan tapire-iauara.

Karena telinga besar adalah salah satu yang paling sering disebutkan dari laporan tapire-iauara, akan sulit untuk mengecualikan telinga mereka dan kemudian menyatakan bahwa semua penampakan tapire-iauara adalah jaguar. Juga, tapire-iauara secara teratur terlihat di banyak daerah di mana jaguar telah punah selama 40 tahun atau lebih.

Jika ada jaguar berbulu merah dengan telinga besar dan beradaptasi dengan gaya hidup akuatik, maka, paling tidak, itu hampir pasti memenuhi persyaratan untuk memenuhi syarat sebagai subspesies.

Itu kemungkinan akan memenuhi syarat sebagai spesies baru, bahkan jika itu adalah keturunan dari nenek moyang jaguar.


Bulu merah atau hitam tapire-iauara mengingatkannya pada jaguarundi, spesies langka (juga dikenal sebagai kucing berang-berang) yang ditemukan di tambalan sporadis dari perbatasan Amerika Selatan ke selatan sejauh Argentina.

Namun, kucing ini berukuran jauh lebih kecil dari puma, dengan berat maksimum 18 pon, jadi kucing ini tidak mungkin Tapira-iauara yang digambarkan berukuran besar.

Juga, jaguarundi diperkirakan memakan hewan darat lebih banyak daripada ikan. Ada masalah yang lain juga. Telinga besar dan memanjang yang merupakan ciri yang konsisten dari laporan Tapire-iauara akan menghilangkan jaguarundi dan kucing lain yang diketahui sebagai penjelasan untuk penampakan Tapire-iauara.

Biasanya, kucing memiliki telinga kecil yang membulat atau runcing, tidak besar.

Sekali lagi, tapire-iauara sangat berbeda sehingga, jika deskripsinya akurat, bisa jadi itu adalah subspesies dari jaguarundi atau spesies baru yang diturunkan dari jaguarundi, tetapi ini bukan kasus sederhana dari penampakan yang salah.

Argumen yang sama juga dapat dibuat dengan puma, ocelot (kucing liar), dan spesies kucing lain di Amerika Selatan. Jika tapireiauara adalah seekor kucing, tampaknya mereka setidaknya merupakan subspesies baru, dan kemungkinan besar merupakan spesies baru.

Karena tapire-iauara paling sering dibandingkan dengan jaguar dan tapir, perlu ditanyakan juga apakah mereka adalah tapir.

Tapir adalah varietas primitif dari anggota kelompok ungulate berujung ganjil yang berkerabat dengan badak dan kuda. Ada empat spesies yang diketahui, tiga di Amerika Selatan dan Amerika Tengah, satu di Asia.

Tapir memiliki belalai pendek, dan dalam hal lain mereka menyerupai babi berkaki panjang. Mereka memiliki empat jari kaki terbungkus kuku di kaki depan dan tiga jari kaki terbungkus kuku di kaki belakang, tetapi di kaki belakang jari tengah jauh lebih besar dan lebih kuat daripada dua lainnya.

Tapir pada umumnya sesuai dengan sejumlah karakteristik penting tapire-iauara. Mereka akan cocok dengan telinga seperti sapi, kaki berbentuk keledai, dan gaya hidup semi-akuatik.

Mereka juga akan cocok dengan gagasan bahwa tapire-iauara itu berkuku. Bahkan penampakan cakar di kaki depan dan kuku di kaki belakang akan cocok, karena kaki depan tapir terlihat seperti cakar kecuali jika Anda melihatnya lebih dekat, sedangkan kaki belakang lebih mirip hewan berkuku yang biasa kita lihat, seperti kuda.

Tapire-iauara bisa dengan mudah dianggap sebagai tapir, tetapi sekali lagi, jika deskripsinya sangat akurat, itu tidak mungkin spesies tapir yang diketahui, karena tidak ada tapir yang memiliki wajah seperti kucing, dan tapir juga adalah herbivora.

Jika tapire-iauara adalah spesies baru tapir, bisa jadi itu adalah satu-satunya tapir predator yang ada.

Atau kebiasaan memakan daging ini mungkin menjadi contoh dari kecenderungan cerita rakyat untuk menjadikan makhluk mitos sebanyak mungkin sebagai makhluk yang pemakan daging.

Bagaimanapun, sebagai contoh, gorila dalam cerita rakyat diceritakan sebagai karnivora yang rakus, meskipun pada kenyataannya mereka hanya memakan tumbuhan.

Wajah seperti kucing juga menghadirkan lebih banyak masalah.

Semua spesies tapir yang diketahui memiliki wajah yang panjang, sempit, runcing dengan belalai pendek di ujung hidung mereka, berbeda dengan wajah kucing yang moncongnya pendek. Tapir berwajah pendek memang akan menjadi makhluk yang aneh.

Jika tapire-iauara adalah jenis tapir baru, maka ia berada di tempat yang tepat. Jika Anda bertanya kepada ahli biologi di mana mereka mungkin berharap untuk menemukan spesies tapir baru, maka hutan hujan Amazon adalah jawabannya.


Tidak hanya itu, Amazon juga adalah tempat sebagian besar penemuan hewan darat baru di dunia, dan salah satu hutan belantara besar terakhir yang sudah diketahui menyimpan tiga spesies tapir.

Faktanya, ilmuwan Dr. Marc van Roosmalen, seorang ahli zoologi terkenal, mengatakan bahwa dia melihat spesies tapir baru di Brasil saat melakukan ekspedisi selama akhir 1990-an.

Kemungkinan ketiga adalah bahwa tapire-iauara mungkin merupakan mamalia baru yang paling penting dalam sejarah.

Selama jutaan tahun evolusi mamalia, ada dua kelompok besar pemangsa darat, kelompok predator bercakar yang terkait satu sama lain (kucing, anjing laut, beruang, hyena, musang), dan anggota ordo karnivora lain.

Sebelum predaor ini mendominasi, ada urutan besar dari predator lain yang mendominasi, mereka adalah predator berkuku atau mesonychid.

Mereka sejajar dengan keluarga besar pemangsa yang nantinya akan menggantikan mereka, sehingga banyak dari mereka tampak seperti beruang berkuku, kucing berkuku, serigala berkuku, dan sebagainya.

Selama ribuan tahun, binatang berkuku sebagian besar dikejar oleh predator bercakar. Karena hewan ini kalah bersaing dengan predator bercakar dan secara bertahap digantikan, satu spesies mesonychid menolak untuk benar-benar punah.

Mesonychid yang terlihat seperti berang-berang berkuku raksasa, berevolusi menjadi lebih akuatik, dan berakhir sebagai nenek moyang semua paus dan lumba-lumba.

Saat ini, diperkirakan bahwa paus dan lumba-lumba adalah warisan terakhir dari keluarga besar pemangsa berkuku. Para ilmuwan percaya bahwa setiap bentuk daratan dari hewan-hewan ini telah punah.

Namun, jika kebetulan satu spesies daratan telah bertahan, kita akan berharap untuk menemukannya di wilayah dunia yang jarang dijelajahi seperti hutan hujan Amazon.

Mesonychid akan sangat cocok dengan deskripsi tapire-iauara, dan ini juga kemungkinan yang paling menarik, sejauh ini.


Sejauh ini, belum ada ekspedisi ilmiah untuk menjawab pertanyaan seputar tapire-iauara.

Tanpa studi serius yang dilakukan oleh para ilmuwan, seringkali tidak mungkin untuk mengungkap fakta dari cerita rakyat, dan hewan yang benar-benar nyata yang diceritakan oleh cerita rakyat, sering kali tampak jauh lebih aneh daripada bentuk hewan yang sebenarnya biasa-biasa saja.

(Sumber : Tapire-iauara)