The Falkville Metal Man (atau Manusia Logam FalkVille) adalah salah satu dugaan pertemuan dengan makhluk asing yang terjadi di tahun 1973.

Semuanya dimulai pada malam Oktober tahun 1973, Jeff Greenhaw (kepala polisi Falkville) menerima panggilan telepon darurat (anonim) tentang UFO di sebuah lapangan, di luar kota.

Awalnya, saat sudah berada di lokasi, dia mengira sedang berurusan dengan seseorang yang 'idiot', tapi semuanya berubah menjadi aneh dengan begitu cepat.

Dia menggambarkan melihat sosok yang sedikit lebih tinggi dari 6 kaki mengenakan bahan reflektif yang tidak bisa diidentifikasi, yang tampak seperti alumunium foil.

Kepala dan lehernya seperti menyatu, dan pakaian itu berubah warna tergantung pada sudut cahaya. Beberapa laporan menunjukkan sosok itu seperti anak kecil.

Greenshaw mengatakan gerakan sosok itu tidak seperti manusia dan mengingatkannya pada robot di Lost in Space.

Dia mengambil empat foto dari makhluk itu menggunakan kamera polaroid 2 miliknya, dan ketika mencoba berbicara dengan sosok itu, tidak ada jawaban yang keluar.


Sosok itu kemudian melarikan diri dengan kecepatan melebihi kemampuan manusia.

Dengan mobil patroli Greenshaw mengejarnya hingga 35 mph karena medan yang kasar, tetapi gagal untuk mengimbanginya, sampai dia kehilangan pandangan.


Greenshaw menyimpan foto-foto itu di tempat aman selama beberapa tahun, tetapi bersama dengan revolver dan senapan miliknya, foto itu dicuri.

Dia mengajukan laporan polisi tetapi setelah kejadian itu, hidupnya menjadi sulit. Orang yang dia pikir adalah teman ternyata menjadi tidak dapat dipercaya, sehingga dia mengisolasi dirinya dari publik selama bertahun-tahun, dan mengatakan bahwa istrinya dan Tuhan adalah satu-satunya yang membuat kehidupannya terus berjalan.

Meski telah diejek oleh banyak orang dan telah mengisolasi diri, dia tetap percaya pada Falkville Metal Man.

Berdasarkan laporan, daerah pedesaan ini sangat gelap, dengan hanya lampu truk Greenshaw yang bersinar.

Ahli ufologi memegang keyakinan bahwa Metal Man bisa jadi robot pengintai dari kapal luar angkasa yang mendarat, sementara skeptis menyakinkan bahwa seluruh kejadian ini adalah hoax yang dilakukan oleh Greenshaw dan rekannya yang tidak dikenal, mungkin sosok tersebut diperankan oleh seorang anak kecil.


Beberapa berspekulasi bahwa penampilan makhluk itu didapat menggunakan kostum kertas timah, sedangkan yang lain menyarankan bahwa itu bisa jadi adalah setelan tahan api yang dilapisi alumunium reflektif yang digunakan untuk menciptakan penampilan yang berbeda.


Foto-foto yang pernah diambil oleh Greenshaw dikumpulkan dan dikirim ke Walt Andrus (direktur MUFON) untuk dianalisis.


Menariknya, gambar negatif yang dipelajari oleh MUFON tampak memperlihatkan adanya objek "piring terbang", meskipun Greenshaw tidak pernah menyebutnya di awal. Mungkin saja gambar tersebut tidak terkait dengan insiden di Falville.


Ada kemungkinan bahwa beberapa orang yang iseng sengaja memakai kostum bergaya film sci-fi tahun 1950an, melakukan panggilan telepon penampakan UFO palsu, lalu berpura-pura menjadi pria logam, dan Greenshaw yang kebetulan berada di lokasi, berpikir apa yang dilihatnya adalah kejadian nyata.

Para analisis menyimpulkan bahwa insiden itu mungkin merupakan rekayasa yang terinspirasi oleh kasus penculikan alien Pascagoula yang pada saat itu ramai diperbicangkan dan menarik perhatian media di sekitarnya.

(Sumber : The Falkville Metal Man)