Saat balai kota dilahap oleh api, sebuah foto diambil untuk mengabadikan momen tersebut, dan dalam foto hitam putih, terlihat seorang gadis muda tengah berdiri di antara kobaran api.

Gambar itu diambil oleh Tony O'Rahilly (pekerja pertanian limbah) saat berdiri di seberang jalan, di antara kerumunan orang yang menyaksikan gedung di Wem, Shropshire terbakar pada November 1995.

Sejak saat itulah legenda Hantu Wem lahir dan gambar itu dianggap sebagai bukti kuat keberadaan hantu.


Ada spekulasi bahwa gadis itu bernama Jane Chrum (14 tahun) yang secara tidak sengaja memulai kebakaran hebat di Wem pada tahun 1677, sedangkan penyebab kebakaran 1995 masih menjadi misteri.

Tom Edwards (sejarawan lokal) mengatakan : "Dia selalu menyatakan bahwa gambar itu asli dan saya percaya padanya."

Para ahli fotografi telah menyarankan bahwa gambar itu adalah tipuan cahaya yang disebabkan oleh api.

Lima belas tahun tahun kemudian, Brian Lear (pensiunan dari Shrewsbury) mengatakan bahwa sosok hantu itu memiliki kemiripan dengan gadis yang berada di sisi kiri bawah kartu pos tahun 1922.

"Saya tertarik untuk menemukan bahwa dia memiliki kemiripan yang mencolok dengan gadis kecil yang dikatakan sebagai Wem Ghost."

"Gaun, topi dan pitanya tampak sama."


Greg Hobson, kurator foto di National Media Museum Bradford, menyatakan :

"Kartu pos menawarkan bukti yang cukup meyakinkan bahwa ini adalah tipuan. Saya pikir kita dapat mengatakan bahwa misteri ini telah terpecahkan."


(Sumber : Mystery of Wem ghost solved by an 88-year-old postcard and an eagled-eyed pensioner)