Sebuah video yang dibagikan di TikTok berhasil menangkap apa yang tampak seperti piring terbang yang melayang di antara awan.

Video yang dibagikan oleh akun @neshahiggins menjadi viral dan pengguna online banyak mengomentari klip singkat ini.


"Jadi orang-orang mengaku melihat ini tetapi tidak ada seorang pun yang keluar dari mobil dan mulai merekamnya dengan baik."

Sementara banyak yang menghubungkannya dengan objek tak dikenal atau UFO, pemangangan itu sebenarnya hanyalah awan lenticular, yang terkenal karena sering terlihat seperti piring terbang.

Deborah Byrd dari earth sky.org menjelaskan :

"Awan berbentuk lensa ini biasanya terbentuk di mana udara lembab yang stabil mengalir di atas gunung atau pegunungan yang luas."

"Saat ini terjadi, serangkaian gelombang berskala besar dapat terbentuk di sisi bawah gunung. Jika suhu di puncak gelombang turun ke titik embun, kelembapan di udara dapat mengembun untuk membentuk awan lenticular."

"Saat udara lembab bergerak kembali ke palung gelombang, awan dapat menguap kembali menjadi uap. Jadi awan lenticular dapat muncul dan kembali dengan relatif cepat. Ditambah lagi, (awan ini) tidak begitu familiar bagi orang-orang yang tinggal di dataran rendah atau datar."


"Awan lenticular juga telah diketahui terbentuk di tempat-tempat yang bukan pegunungan, sebagai akibat dari angin geser yang diciptakan oleh depan (pegunungan)."

"Untuk semua alasan ini, awan lenticular sering disalahartikan sebagai UFO atau (bentuk penyamaran UFO)."


(Sumber : People terrified after spotting huge 'UFO' hovering in sky)