Gary Opit, (dosen dan pakar satwa liar) yakin bahwa putrinya telah bertatap muka dengan makhluk mirip owa siamang di New South Wales, Australia.

Sebagai ahli zoologi, Gary menolak penampakan itu sebagai penampakan kera yang telah dikenal, karena owa tidak tinggal di area tersebut.

"Putri kami dan pasangannya ketika tinggal bersama kami selama Natal, melihat Nimbinjee atau pria berbulu kecil yang melompat ke atas atap (rumah) kami pada pukul 2 pagi dan deskripsi mereka persis seperti owa dalam segala hal."

"Tentu saja tidak ada owa di sini dan tidak pernah ada owa nokturnal yang diketahui. Mereka mengatakan bahwa ada dua dari (makhluk tersebut) yang saling memanggil dengan diam-diam. Kami memiliki rekaman audio dari panggilan-panggilan tersebut dan ilustrasi berwarna dari apa yang telah mereka lihat."



Andrew McGrath (peneliti Cryptozoology) melaporkan bahwa apa yang disebut sebagai Nimbinjee, memiliki tinggi 3 sampai 4 kaki (1,2 meter), dengan kulit coklat dan ditutupi oleh rambut berwarna coklat tua atau merah.

"Yang membuat ini sangat aneh adalah kenyataan bahwa (makhluk) itu bipedal, berdiri tegak, dan membuat suara yang terdengar seperti 'arroo, ARROO, arroo', diselingi dengan mendenguk (mengeluarkan bunyi nguk-nguk), 'gu-gu-gu-gu'."

Saksi dari seluruh dunia juga mengatakan telah mendengar Nimbinjee yang berkotek seperti ayam.

Gary mengatakan bahwa apa pun yang naik ke atap rumahnya, bisa jadi adalah makhluk yang sama, yang dia dengar di padang semak Koonyam Range pada tahun 1996.

"Saat senja, sebanyak dua kali saya mendengar suara dalam jarak 100 meter dari rumah, sebuah panggilan keras dan kuat - 'ruuff', dari seekor binatang yang tidak dapat saya identifikasi."

"Saya tidak mengamati binatang itu, tetapi cukup beruntung karena dapat mendengar apa yang saya yakini sebagai 'panggilan teritorialnya'."

"Sekitar 50 meter jauhnya di dekat dasar sungai yang kering, di hutan eukaliptus, terdengar serangkaian seruan suara yang keras."

"Di tempat yang sama, saya mendekati binatang dalam jarak beberapa meter dari saya, (yang bergerak) melalui vegetasi (tumbuhan) yang lebat, yang meretakkan dua batang secara bersamaan selama beberapa menit, bahkan saat anjing saya menggonggong, itu kemudian menghilang secara diam-diam."


Gary juga menduga telah menemukan bukti aktivitas Nimbinjee dalam bentuk jejak kaki yang dialaminya pada 9 Agustus 2008.

"Pada Sabtu, 9 Agustus 2008, Ray Westrap dan saya menemukan jejak kaki seukuran anak kecil yang mengarah dari jalur wallabi di lahan kami, ke jalur Jones di mana jejak itu melewati perairan dangkal dalam cekungan besar, dan saya memotretnya."

"Jejak kaki kecil seukuran anak kecil ini terlihat di sepanjang liang dan di dua gumpalan lumpur. Ini menunjukkan banyak aktivitas dari kaki kecil yang berjalan mondar-mandir di sepanjang jalur sehingga menciptakan jejak kaki."



"Mungkinkah ini adalah bukti Hobbit yang tinggal di daerah saya ?."

Andy menjelaskan bahwa orang Aborigin memiliki banyak cerita tentang pria berbulu kecil yang dengan berani menepuk bahu seseorang dan bahkan bergulat dengan mereka, sebelum mereka pada akhirnya akan melarikan diri.

(Sumber : Mythical hobbit 'sighting' after 'little hairy man' jumps onto naturalist's roof)