Katy Elizabeth, ahli kriptozoologi, menangkap apa yang terlihat seperti makhluk berukuran 20 kaki (6 meter) pada tanggal 10 September 2022.

Elizabeth, yang juga bagian dari kelompok "Champ Search", percaya bahwa itu adalah bukti dari monster legendaris di Danau Champlain yang dikenal sebagai Champ.

Perahunya telah dilengkapi dengan peralatan untuk membantu menemukan makhluk mitos di danau tersebut.

Dalam pembacaan sonar, objek itu bergerak pada kedalaman sekitar 42,5 kaki, menggunakan apa yang terlihat seperti sirip untuk mendorongnya melalui air.

Dia telah membandingkan pembacaan sonar tersebut dengan sturgeon, ikan perch kecil dan paus kecil, dan terdapat perbedaan besar dalam hal gerakan dan ukuran.


Gambar ini bisa juga menjadi babak baru dalam pencarian monster Loch Ness.

"Pengalaman terbaru ini, bagaimanapun, mungkin bahkan lebih memuaskan dan mencerahkan karena video tersebut memungkinkan (kita) untuk melihat bagaimana 'monster' dapat bergerak melalui air dan memberikan petunjuk tentang sifat makhluk ini."

Seseorang yang berkomentar mengenai rekaman ini mengatakan :

"Saya merasa kita pasti sangat dekat untuk membuktikan Champ sebagai spesies yang nyata bagi sains, ini adalah rekaman sonar yang sangat bagus!."

"Benar-benar menakjubkan ! hewan itu terlihat sangat seperti ular ! Ini adalah bukti terbaik yang pernah saya lihat mengenai Champ."

(Sumber : Breakthrough in search for America's 'Loch Ness monster' as giant 20ft creature captured on sonar)