Dale Hanchar sedang berlayar di Danau Okanagan pada hari Sabtu saat dia melihat sesuatu yang tidak dapat dijelaskan di dalam air.

Pada saat itu, Dale bersama istrinya, Collen, bersama teman mereka, Myrna Germaine Brown, sedang menikmati hari yang hangat di danau.

"Sebagai seorang tukang perahu, saya sedang melihat-lihat, (untuk melihat) apakah ini sesuatu yang berbahaya, yang perlu ditandai agar seseorang tidak menabraknya, seperti kepala (yang mati) atau sesuatu seperti itu."

"Saya terus melaju dan berpikir tentang itu, dan saya mengatakan kepada Myrna dan istri saya, 'itu tidak terlihat benar, kami harus pergi untuk melihatnya lagi'."


Mereka membalikkan perahu, menyiapkan kamera, dan berhasil mendapat jarak 10 kaki dari sesuatu itu, lalu memotretnya.

Pada saat itu, melalui gambar di handphone, dan bahkan melihat dari perahu, mereka tidak begitu tahu apa yang terlihat di sana, sampai mereka pulang dan memperbesarnya. Namun, hal itu malah membbuat mereka benar-benar bingung.

"Kami semua bingung dengan apa yang mungkin terjadi."


"Apa pun itu, jaraknya sekitar 3 kaki. Dan saya telah melakukan beberapa penelitian sejak kami mengambil dgambar ini, dan itu bukan tanaman."

"Ini bukan rumput laut karena ini adalah danau, bukan lautan. Ini bukan sturgeon. Bukan rusa mati yang terbalik."

"Kami bisa menghilangkan semua dugaan ini, tetapi pertanyaaan selanjutnya adalah, ini apa ?."

"Saya ingin tahu apakah ada orang lain yang melihatnya, apakah sesuatu itu terdampar di pantai di suatu tempat, atau mungkinkah itu semacam hiasan."

"Jika (sesuatu itu) benar-benar menghilang, dan tidak ada yang tahu apa itu, lalu apakah itu ? Kami tidak tahu."


Adam Benedict (dari situs cryptozoological online), memilliki keraguan saat membuka foto itu untuk pertama kalinya.

"Yang menarik perhatian saya adalah dua benda yang menonjol di permukaan. Tetapi ketika saya membawanya ke layar yang lebih besar dan memperbesarnya, saya melihat semacam burung air dalam proses penyelaman tepat di bawah permukaan atau dalam proses naik."

"Dua benda yang menonjol di bagian belakang tentu saja adalah kakinya dalam suatu cara, entah itu ditekuk atau sedang menendang, tetapi anda dapat dengan jelas melihat tepat di bawah permukaan, mata serta paruhnya tepat di bagian atas garis air."

"Satu hal yang perlu anda tahu, setiap kali anda berurusan dengan danau yang memiliki sejarah atau reputasi memiliki sesuatu di dalamnya (seperti monster), pikiran anda akan selalu pergi ke hal itu terlebih dahulu."

"Pikiran anda langsung tertuju pada,' saya melihat monster itu, saya melihat makhluk itu."


Terlepas dari itu, kemunculan foto ini membuat legenda monster di Danau Okanagan tetap hidup hingga saat ini.

(Sumber : Ogopogo or unusually large bird? Kelowna couple spots something strange beneath the waves