Penduduk dan pihak berwenang di Jepang sempat bingung setelah ditemukannya bola logam besar misterius di sebuah pantai di Hamamatsu, kota pesisir di pulau utama Jepang, Honshu.

Bola itu awalnya dilihat oleh seorang pria lokal tak dikenal yang memberi tahu polisi setelah dia memperhatikan benda tak biasa di pantai Enshuhama.

"Bola itu sudah ada di sana selama sebulan. Saya mencoba mendorongnya, tetapi tidak mau bergerak."

Pihak berwenang yang tiba di pantai kemudian menutup area itu dan regu bom dipanggil untuk menyelidiki bola tersebut.

Melalui sinar-X, mereka mengatakan bahwa itu bukan bom dan tidak menimbulkan ancaman, tetapi asal-usulnya tidak diketahui.

Karena kemunculannya yang misterius, bola itu kemudian dijuluki telur godzilla, bahkan hingga ke UFO yang jatuh dari langit.


Setelah beberapa hari berita ini dihiasi berbagai spekulasi, dalam sebuah wawancara, Uwe Send (ahli kelautan di Scripps Institution of Oceanography, University of California) mengatakan bahwa itu hanya pelampung biasa.

Pelampung serupa yang ditemukan di Jepang biasanya terbuat dari baja dan sering digunakan untuk menambatkan kapal di pelabuhan atau laut.

Mereka biasanya mengapung di permukaan, tidak seperti pelampung lain yang dapat menahan tekanan air yang lebih dalam.

Ahli kelautan biasanya menggunakan berbagai jenis pelampung penelitian dan biasanya disertai warna-warna cerah, nama atau nomor telepon, dan lampu atau suar untuk membantu pelacakan.

Dalam beberapa tahun terakhir, pelampung penelitian diketahui telah terdampar di Santa Barbara, California, dan Miami. Dalam kasus tersebut, nomor telepon yang tertera dengan cepat diinformasikan kembali oleh pihak berwenang ke peneliti.

Namun, Yagi (biro pengelolaan pantai) mengatakan bahwa pihak berwenang di Hamamatsu tidak dapat menentukan dari mana objek itu berasal atau siapa pemiliknya karena bagian luarnya terlalu berkarat dan tidak memiliki tanda yang terlihat jelas.


Shigeru Fujieda (ahli sampah laut di Universitas Kagoshima) mengatakan :

"Fakta bahwa bola itu tidak ditutupi oleh cangkang atau rumput laut menunjukkan bahwa itu mungkin tidak melakukan perjalanan terlalu jauh, dugaan terbaik itu telah dirancang untuk menambatkan kapal atau benda berat lainnya."

"Ini mungkin tidak digunakan untuk tujuan ilmiah, karena tidak dicat dan lebih besar dari pelampung penelitian yang biasanya terdampar di darat (biasanya sedikit lebih besar dari bola basket, tidak sebesar ini)."



Profesor Mark Inall, ahli kelautan di Scottish Association for Marine Science, mengatakan kepada BBC :

"Ini sangat mudah dikenali. Kami menggunakannya untuk menjaga insrument (alat) tetap mengambang di lautan. Ini sering terdampar di pantai Skotlandia."

"Benda-benda ini dapat mengapung di lautan selama beberapa dekade, dan dapat kehilangan tanda-tandanya, dan menjadi berkarat ketika terdampar di daratan. Mereka dapat lepas dari tempat berlabuh mereka baik oleh badai dahsyat atau ditarik oleh kapal penangkap ikan besar."


(Sumber : Godzilla egg? Dragon Ball? Mysterious sphere washes up on Japan beach)