Presiden Meksiko, Andrés Manuel López Obrador men-tweet gambar dari apa yang dikatakan sebagai makhluk seperti peri yang terlihat di sebuah pohon.


Dalam gambar terlihat satu sosok dengan dua mata bersinar berjongkok di pohon pada malam hari. Sosok itu dikatakan sebagai Aluxe, yang dalam budaya Maya, diyakini sebagai makhluk peri nakal yang hidup di hutan.

Mr Lopez mengatakan foto itu diambil oleh seorang insinyur pekerjaan pada proyek yang dia dukung. Gambar itu tidak memiliki metadata sehingga tidak jelas kapan dan oleh siapa foto itu diambil.

David Stuart (profesor sejarah seni di University of Texas) telah meneliti peradaban Maya dan mengatakan bahwa Aluxe dikenal oleh suku Maya terutama di Semenanjung Yucatan, sebagai "sosok penipu" yang tinggal di hutan.

"Mereka hanyalah makhluk kecil di pinggiran kota yang akan membuat hidup anda sulit."

Dalam Voices of Mexico edisi 2008, sebuah majalah yang diterbitkan oleh National Autonomous University of Mexico, seorang pria dari desa Maya menggambarkan Aluxe sebagai "makhluk (peri) kecil yang kecil dan pendek, tingginya sekitar 40 cm dengan tubuh berbulu."

"Mereka muncul di jalan, tetapi tidak semua orang bisa melihatnya. Terkadang kita berpikir, 'saya tidak mempercayainya', sampai kita melakukan hal-hal yang mengganggu mereka. Kemudian, anda akan berjalan bersama mereka, dan mereka akan mengejutkan anda."

"Apa yang dilakukan anak kecil itu berdiri di sana ? dan ketika anda melihat ke belakang, (anak) itu tidak ada lagi di sana. Itu adalah roh, itu angin, tetapi gambaran itu tetap ada di matamu, agar kamu mengingatnya."


Beberapa media Meksiko melaporkan bahwa gambar itu sangat mirip dengan gambar yang dibagikan di media sosial pada tahun 2021, tetapi menyebut sosok itu sebagai penyihir di Meksiko Utara.

Namun, setelah ditelusuri, diketahui bahwa laporan foto ini telah muncul pada 5 Februari 2021, berasal dari Kalimantan, Indonesia, dengan keterangan sebagai berikut :

"Kemunculan sosok misterius ini ditangkap kamera oleh Lili, warga Singkawang. Lili mengatakan dia merekam sosok misterius ini pada Kamis malam, 4 Februari 2021, sekitar jam 11 malam. Di tengah jalan, dia mendengar suara orang tertawa. Dia dan temannya lalu berbalik untuk mencari sumber suara. Saat itulah mereka melihat sosok misterius itu, di pohon, dan langsung memotretnya menggunakan ponsel kamera."

"Setelah mengambil gambar, saya baru ingat bahwa ini adalah malam jumat, kami segera berlari."


Banyak yang kemudian menghubungkannya dengan penampakan kuntilanak atau pocong, sedangkan beberapa mengatakan itu mungkin sejenis monyet atau primata.


Berikut komentar beberapa orang yang mencoba memecahkan misteri foto ini :

"Dugaan saya itu adalah batang pohon, sebagian di antaranya karena bayangan, dan pareidolia."

"Saya tidak akan terlalu terkejut jika itu adalah gabungan sebuah objek. Intinya (itu gabungan) hewan dengan vegetasi dan bebatuan yang kemudian membuat otak berpikir itu adalah bentuk dari seseorang. Ilusi ini mungkin tidak terlihat di sudut yang lain."

"Saya tidak bisa melihat mamalia yang terlihat seperti ini. Kesimpulan saya itu adalah Photoshop. Kepala itu ditempelkan di tubuh siamang atau sejenis primata lain. Bukan tubuh manusia. Tidak ada kaki manusia yang seperti itu, dan secara umum itu tidak terlihat seperti manusia."

"Saya pikir skenario paling simpel adalah bahwa saksi mata adalah penduduk kota yang ketakutan oleh siamang pada sebuah pohon, sebuah pemandangan yang tidak biasa bagi penduduk kota. Ketakutan itu bertambah dengan ketakutan terhadap pocong."


"Semakin saya pikirkan, semakin mengarah ke hoax yang dilakukan di situs web daripada dibuat oleh situs web. Skenario nya seperti, salah satu dari 3 saksi mata benar-benar mengambil gambar ini sesuai cerita mereka, tetapi ketika mereka melihatnya...ini hanya siamang. Beberapa atau mereka semua memutuskan untuk mengeditnya dan mengirimkannya sebagai prank. Atau mereka benar-benar melihat sesuatu yang misterius, tetapi hasil fotonya mengecewakan dan tidak secara jelas memperlihatkan apa yang mereka lihat. Jadi mereka memutuskan untuk berimprovisasi untuk mendukung cerita mereka. Skenario terakhir bahwa ini hoax, mungkin seseorang mengambil foto siamang, lalu menggunakannya untuk diedit, dan tampaknya prank Pocong adalah (prank) yang sedang ramai."

"Saya mulai percaya bahwa gambar aslinya adalah pareidolia, kerudung itu secara mencurigakan menyerupai batang pohon, dan tangan/kaki tampaknya berkaitan dengan dedaunan, yang pada satu titik menciptakan ilusi ini."

"Kemungkinan penjelasan yang paling mungkin adalah ini semacam hoax dengan Photoshop, atau semacam makhluk di pohon dengan mata bersinar, dan pareidolia di sekitarnya."

"Dalam kasus ini, foto misterius tampaknya digunakan sebagai bukti cerita atau bukti penampakan dari Borneo hingga Meksiko, dengan Borneo yang sepertinya menjadi asal foto ini, di mana foto ini dikaitkan dengan legenda lokal tentang Pocong, sedangkan di Meksiko, ini dikaitkan dengan penyihir."

(Sumber : Mexican president posts photo of what he claims is an elf)