Wednesday, May 19, 2021

Makhluk aneh terekam kamera di Portugal - (Updated !!!)


Kejadian ini terjadi pada bulan agustus tahun 2016 lalu. Sebuah rekaman video yang menunjukan makhluk yang tidak dikenal dengan tangan yang panjang terlihat sedang berjalan dengan perlahan di sebuah gurun yang berlokasi di portugal.

chupacabra

Durasi dari rekaman yang hanya berselang beberapa detik ini menampilkan sesosok makhluk aneh menyerupai manusia yang sedang berjalan di tengah gurun pasir, sebelum akhirnya makhluk ini menghilang diantara semak-semak yang berukuran cukup besar. Makhluk ini dideskripsikan memiliki tangan yang panjang, warna tubuh yang hampir sama dengan warna gurun di sekitarnya, berjalan sangat lambat dengan kedua kakinya disertai dengan kepala yang terlihat menunduk.

Video ini sendiri telah dilihat lebih dari 250.000 kali penayangan. Beberapa orang mengatakan jika makhluk ini adalah sosok Chupacabra. Chupacabra termasuk makhluk cryptid legendaris yang dikabarkan menghuni wilayah benua Amerika. Penampakan pertama makhluk ini terjadi di Puerto Rico pada awal tahun 1995. Makhluk ini dilaporkan menyerang dan menghisap darah hewan ternak, terutama hewan kambing. Sementara yang lainnya mengatakan jika makhluk ini bisa jadi seekor Bigfoot ataupun sosok Alien.

Ilustrasi Chupacabra

Ilustrasi Alien

Namun, banyak juga yang mengomentari video ini dengan mengatakan jika makhluk yang muncul di video ini adalah palsu, seperti beberapa komentar di bawah ini :

"Kualitas kamera yang sangat buruk, saya tidak percaya itu.."

"Sangat lucu bagaimana anda tidak akan pernah bisa mendapatkan gambar yang jelas tentang apa yang disebut sebagai penampakan alien. Sulit bagi siapapun untuk mempercayainya ketika hal itu terjadi sepanjang waktu."

"Terlihat Palsu." ujar seseorang yang menanggapi video ini.

"Cara makhluk ini berjalan terlihat seperti animasi." Ujar seseorang lainnya.

"CGI yang sangat buruk" (CGI adalah teknik dalam penerapan bidang komputer grafis untuk pembuatan efek khusus atau spesial efek dalam film).

Adapula yang mengomentarinya dengan nada sarkastik seperti berikut :

"Wow makhluk itu menghilang tepat di balik semak yang menghalangi kamera."

Tapi dibalik itu semua, ada sesuatu yang aneh dalam video tersebut. Jika diperhatikan lebih dekat, sebelum makhluk itu menghilang di balik semak-semak, kaki dari makhluk ini sudah terlebih dahulu menghilang, dan itu sangatlah aneh. Karena, jika ini memang makhluk hidup, seharusnya kaki dari makhluk tersebut masih bisa terlihat dari sudut pandang kamera, bukannya menghilang.

chupacabra


Hal ini bisa menjadi bukti bahwa sosok yang muncul di video ini hanyalah animasi komputer, dan orang yang membuat makhluk ini sepertinya tidak terlalu memperhatikan kesalahan yang ia buat, sehingga video yang sempat membuat heboh ini, dapat dengan mudah dinyatakan sebagai video palsu.

Agar lebih jelas, bisa dengan melihat videonya dibawah ini :



Update Info !!!
(Kamis, 20 Mei 2021)

Video yang memperlihatkan makhluk aneh itu menjadi viral pada pertengahan Agustus tahun 2016, dan telah beredar lama sebelum menarik perhatian dunia.

Sebuah versi yang diunggah pada 13 Juni 2016 mengklaim bahwa rekaman tersebut diambil di tanah "Bangsa Navajo" pada tahun 2007.

Bahasa yang digunakan dalam video tampaknya adalah portugis, tetapi tidak ada bukti lain yang mengonfirmasi bahwa itu diambil di Portugal atau di Barat Daya Amerika Serikat.

Jika makhluk dalam video itu nyata, mungkin ada baiknya untuk melakukan pemeriksaan secara dekat.

Dalam hal ini, cukup perhatikan pencahayaannya, bandingkan arah jatuhnya sinar matahari dengan arah bayangan makhluk itu, dan semua bayangan lain di lingkungan itu jatuh ke belakang. Pencahayaan makhluk itu tidak sesuai dengan lingkungannya.

Makhluk itu sudah jelas adalah animasi, yang dipotong dari sumber lain dan secara tidak benar ditempelkan di atas video ini. Ini menarik, sama seperti rekaman Bigfoot yang buruk, namun sama sekali tidak bisa dipercaya.

Sebelumnya saya sudah membuat perbandingan beberapa foto dari kaki makhluk aneh ini, dan kali ini saya membuat sedikit animasi di mana makhluk ini tampak menghilang saat akan melewati semak-semak :


Situs Snopes, menulis daftar yang harus dipenuhi setiap video palsu dari "makhluk" atau "alien" sebelum diunggah ke YouTube dan kemudian menjadi viral.

~ (Video) itu harus berevolusi rendah dan tidak jelas - (video yang) pixelated adalah yang terbaik - sebisa mungkin, tanpa menimbulkan kebencian di antara pemberi komentar.

~ Si perekam - (video) terlalu goyang/shaky, berhenti dan mulai tiba-tiba, dan (video) tidak terkontrol untuk mencegah subjek "misterius" terlihat (dengan jelas).

~ (Video) dimulai di tengah-tengah aksi/kejadian dan berhenti sebelum semuanya menjadi jelas.

~ (Video) itu berisi setidaknya dua suara, lebih disukainya keduanya adalah pria - satu pria bertindak relatif tenang tetapi siap untuk merasa terkejut (biasanya adalah si perekam video), satu lagi bersikap bingung dan hampir histeris ("Oh, Ya Tuhan ! Apa Itu ?!. Tidak, itu di sana. Sekarang sudah berakhir !. Oh, TUHAN !!!").

~ Kamera akan memperbesar dan memperkecil dengan cepat.

~ Judul harus dibuat dengan kosakata seperti berikut : Mysterious, Strange, REAL, Paranormal, Disturbing, Creepy, Freakiest, TRUE, Creature, Beast, Alien, Bigfoot, Cryptid, Humanoid, Chupacabra, Caught on camera, Scary, Click Now !.

Berikut beberapa contoh video yang sudah memiliki penjelasannya :


(Penjelasan penampakan sosok misterius yang mirip dengan Gollum di Cina)


(Monster laba-laba raksasa di Rusia)


(Makhluk besar berukuran 7 kaki tertangkap kamera di Argentina)


(Legenda Putri Duyung)


(Foto Skinwalker yang viral di Internet)


(Video "Sewer Monster" di tahun 2011)

(Sumber : Mysterious Creature Filmed in Portuguese Desert)

3 comments:

  1. Klasik kalau ada suara2 histeris "Oh, Ya Tuhan ! Apa Itu ?!. Tidak, itu di sana. Sekarang sudah berakhir !. Oh, TUHAN !!!" wkwkwk

    ReplyDelete
    Replies
    1. Yup, benar sekali, ditambah dengan durasi video yang sangat singkat, semakin jelas kalo itu cuma tipuan ..

      Delete