Baru-baru ini media sosial diramaikan dengan video yang menunjukkan sebuah benda misterius yang jatuh di wilayah pesisir Jangkar, Situbondo.

Video tersebut diunggah oleh Kh Popeye Watermelon dengan keterangan :

"Barang kali ada yg tau benda apa ini yg jatuh dari langit pantai pesisir Jangkar?."


AKP Moh Fauzan (Kapolsek Jangkar) membenarkan adanya benda misterius yang jatuh di perairan Situbondo dan benda itu jatuh pada Jumat sore menjelang petang.

"Kejadiannya kemarin sore. Tepatnya di Pantai Banongan, Desa Wringin Anom, Kecamatan Asembagus."

Moh Fauzan belum mengetahui dengan pasti benda apa yang jatuh di perairan tersebut.


Beberapa komentar mengatakan bahwa lokasi jatuhnya benda tersebut dekat dengat tempat latihan TNI.

Kalo gak salah di sana ada latihan TNI ya? Kebetulan saya tadi dari Asembagus mau ke pantai daerah sana, kata saudaraku ada latihan TNI di sana."

Sementara beberapa menghubungkannya dengan UFO, banyak komentar yang mengatakan bahwa benda tersebut terlihat seperti balon udara yang kehabisan udara.

Ahsan Farades (warga Probolinggo) mengatakan :

"Benda itu terlihat seperti balon kehabisan gas, kondisinya kempis saat jatuh. Jatuh ke bawah lambat. Juga tidak ada sinar seperti benda planet angkasa, yang jelas bukan planet dan benda angkasa."

Ahsan juga mengatakan bahwa banyak nelayan setempat yang mengatakan benda itu adalah balon udara yang telah kehabisan gas sehingga jatuh ke bawah, terutama karena saat ini masih suasana lebaran dan salah satu tradisi warganya adalah menerbangkan balon udara.

Mungkin balon udara yg jatuh dari langit pantai pesisir. Banyak warga Jawa Timur menerbangkan balon udara untuk merayakan hari raya Idul fitri,”

*) Sebagai perbandingan, berikut gambar balon udara yang jatuh di Texas


Tim Terpadu perairan Situbondo melakukan penyisiran di perairan Jangkar selama 2 jam, namun tim belum menemukan benda misterius tersebut.

"Kita telah melakukan penyisiran, tetapi hasilnya nihil."

"Pencarian dugaan benda jatuh yang viral di media sosial akan kita lakukan besok juga. Bagi masyarakat yang mendapat informasi sekecil apapun mohon menghubungi aparat setempat."

(Sumber : Benda Misterius Jatuh di Perairan Situbondo Disisir Tim Terpadu, Viral Benda Misterius Jatuh di Perairan Situbondo, Polisi Bukan UFO, Ini Kesaksian Warga Lihat Benda Misterius Jatuh di Perairan Situbondo)