Mungkin ini adalah artikel lanjutan atau informasi tambahan dari postingan legenda Mothman yang membahas tentang kemungkinan Mothman sebagai burung hantu.

Menurut Joe Nickell (penulis dan penyelidik Committee for Skeptical Inquiry), Mothman yang asli, kemungkinan besar melibatkan penjelasan yang lebih biasa, yaitu dari burung hantu.

Nickell semakin tertarik dengan Mothman setelah melihat adanya monster yang serupa, Flatwoods Monster, yang pada tahun 1952, mengeluarkan desisan yang membuat takut satu keluarga dengan mata yang menatap tajam dan cakar yang panjang.

Nickell mengidentifikasi makhluk itu sebagai Barn Owl, dan menduga bahwa Mothman juga mungkin adalah Barn Owl.

"Saya pikir untuk melakukan ini, anda harus percaya pada perkataan orang-orang - membiarkan terjadinya beberapa kesalahan dan mencocokkannya dengan binatang nyata di dunia yang nyata."

Gagasan bahwa Mothman adalah sejenis burung telah diajukan selama kehebohan penampakan awal.

Nickell mengatakan, sekelompok petugas pemadam kebakaran yang pergi ke hutan untuk menyelidiki laporan orang yang melihat burung besar yang tak teridentifikasi dan seorang pria lokal menembak snowy owl (burung hantu salju) berukuran besar, dan ini telah dianggap sebagai sumber masalahnya.

Nickell menghubungkan Mothman dengan Barn Owl karena burung hantu ini sendiri sudah dianggap menakutkan.


Menurut Ryan Barbour (peneliti di Barn Owl Project), mengatakan bahwa burung ini terkenal suka bertengger di bangunan tua dan terbengkalai. Mereka memiliki penampilan aneh yang mengganggu, dengan suara vokal yang keras.

Di Texas Selatan dan Meksiko, di tempat di mana bagian dari keluarga Barbour berasal, Barn Owl adalah lechuza (penyihir pengubah bentuk yang meramalkan nasib buruk).


"Beberapa dari mereka yang menolak undangan kami untuk keluar dan melakukan penelitian lapangan bersama kami, sebenarnya adalah ahli biologi burung. Mereka mengatakan bahwa burung bantu, terutama Barn Owl, membuat mereka ketakutan."

Rob Bierregaard (ahli burung), yang telah menghabiskan 10 tahun mempelajari Barred Owl di Charlotte, North Carolina, mengatakan :

"Kalau berbicara tentang rumah berhantu dan hantu, saya selalu berasumsi bahwa itu adalah Barn Owl. Mereka membuat suara yang sangat aneh dan menyukai bangunan yang terlihat berhantu."


Berikut suara Barn Owl :





Beberapa percaya bahwa tangisan menyeramkan Banshee sebenarnya berasal dari suara burung hantu.

Nickel mengatakan ada alasan lain untuk berpikir bahwa burung hantu adalah pelaku di balik penampakan Mothman.

Bentuk atau ilustrasi Mothman yang dilaporkan, sangat mirip dengan burung hantu, dengan kepala dan tubuh yang menyatu.


Namun, ketika Nickell menyelidiki lebih lanjut, salah satunya menyangkut mata merah yang menyala di malam hari, dia menjadi kurang yakin bahwa Barn Owl adalah pelakunya.

Linda Scarberry (salah satu wanita di mobil pada penampakan Mothman), melaporkan telah melihat mata merah besar yang berkilau di depan lampu mobil, sebuah deskripsi yang didukung oleh penampakan berikutnya.

Mata yang bersinar adalah ciri yang ditemukan pada binatang nokturnal seperti anjing, kucing, alligator dan burung hantu. Namun, Nickell mengatakan :

"Barn Owl memiliki kilau mata yang relatif lemah, kemungkinan besar terlalu lemah untuk menjelaskan mata merah menakutkan yang dikaitkan dengan Mothman."

Untungnya, ada kandidat burung hantu lain yang tersedia, yaitu Barred Owl, spesies burung hantu besar dengan kepala buat, mata hitam pekat, dengan teriakan keras yang menggema di kegelapan.

Barred Owl lebih menyukai lubang di pohon tua, hutan terbuka, dan umum di seluruh wilayah tenggara.


Pejabat resmi di area "TNT", sekarang adalah McClintic Wildlife Management Area, mengonfirmasi kepada Nickell bahwa populasi Barred Owl yang melimpah tinggal di tempat perlindungan.

Selain itu, Barred Owl memiliki mata merah yang menyala karena banyaknya pembuluh darah di sekitar mata mereka.


Bagi Nickell, burung itu terdengar cocok bagi Mothman.

"Kami tahu bahwa ada Barred Owl. Kami tahu mereka ada di McClintic Wildlife Management Area. Kami tahu bahwa mereka memiliki mata merah menyala dan dengan kata lain sesuai dengan deskripsi, bersayap besar, dan sebagainya, dengan terbang tanpa mengeluarkan suara."


Lalu, bagaimana burung hantu setinggi 17 sampai 20 inci bisa menjadi makhluk Horror ?

Dalam episode di acara televisi MonsterQuest, Nickell mengantar sukarelawan menyusuri jalan gelap dengan kayu (menyerupai) Mothman, lengkap dengan reflektor sepeda untuk matanya, dan saat tes dimulai, tidak ada yang bisa menebak ukurannya dengan benar.

"Sangat sulit untuk menilai ukuran sesuatu yang terlihat di malam hari pada jarak yang tidak diketahui, dan jika anda salah menilai seberapa jauhnya, anda juga salah menilai tingginya dengan proporsi yang salah."

"Orang yang ketakutan cenderung terpaku pada objek yang membuat mereka takut, menyebabkannya membayangi ingatan mereka. Secara keseluruhan, mudah untuk melihat bagaimana perjumpaan tak terduga dengan Barred Owl bisa menjadi pengalaman yang tak terlupakan - dan berpotensi menjadi pengalaman yang menakutkan."

Interpretasi (gambaran) artistik saat ini tentang Mothman sering menganggapnya sebagai setan atau gambaran yang lebih dapat dimengerti, sebagai makhluk menyerupai-serangga.

Patung Mothman yang berdiri di Point Pleasant memperlihatkan makhluk bersayap dengan tangan besar yang bercakar, dan mata besar berwarna merah.


Nickell mengatakan : "Ada proses mengenai pembuatan legenda. (Hal) itu ditafsirkan (atau dijelaskan), dan ditafsirkan ulang dan akhirnya mereka dibawa ke tingkat yang baru. Tapi anda lihat patung di Point Pleasant, dan bagi saya, itu jauh dari apa yang dilihat oleh Linda Scarberry."

"Mothman adalah bukti bagaimana pandangan sekilas dari burung yang biasa dapat berkembang menjadi sesuatu yang hampir tidak dapat dikenali, itu (terjadi) dengan keadaan yang tepat. Burung hantu tampaknya sangat rentang terhadap perubahan metamorfosis semacam itu."

Mungkin yang awalnya adalah burung hantu biasa, karena situasi dan kondisi yang tepat, berubah menjadi penampakan Mothman, sebelum banyak hal merubahnya menjadi makhluk humanoid terbang yang menghantui Point Pleasant.


Nickell mengerjakan beberapa kasus seperti itu termasuk Flatwoods Monster, Kelly Kentucky Goblins, dan banyak cerita hantu lainnya.

"Mereka (burung hantu) hampir pasti bertanggung jawab atas penampakan monster, mungkin lebih dari satu makhluk. Karena ukurannya dan matanya yang bersinar, dan kebiasaan nokturnal, dan terbang tanpa suara, mereka benar-benar terkenal karena membodohi orang."


"Dengan kata lain, lihatlah burung hantu, anda tidak hanya melihat burung pemangsa nokturnal, tetapi anda juga bisa melihat penampakan makhluk dari cerita rakyat atau bahkan penyihir yang bisa berubah bentuk. Yang dibutuhkan hanyalah penampakan sekilas, adrenalin yang meningkat, (suasana yang gelap), dan kilatan mata yang memantulkan cahaya, maka terjadilah semua itu."

*) Blog ini akan offline selama seminggu ..

(Sumber : Mothman Revisited 
 Investigating on Site Skeptical Inquirer, Is the Mothman of West Virginia an Owl)