Struktur aneh setinggi 5,6 km terlihat dalam gambar yang diambil dari Google Moon, dan beberapa orang percaya bahwa itu adalah landasan peluncuran yang dibangun oleh makhluk luar angkasa.

Menurut UFO Sightings Daily, penemuan struktur aneh yang terlihat seperti puncak menara itu dibuat oleh pengguna YouTube, MexicoGeek.


Menggunakan Google Moon, MexicoGeek mengamati dan memperbesar area permukaan bulan di antara kawah Rupes Liebig dan Rimae Marsenius.

Sebuah situs konspirasi menjelaskan :

"Puncak menara terlihat keluar dari pusar kawah, tapi ini bukan kawah, ini banyak struktur mengkilap putih berukuran kecil."

"Puncak menara itu mungkin dibangun untuk menampung kapal yang sangat besar sehingga bisa berlabuh dengan aman tanpa mendarat."



Namun, para ahli membantah klaim yang menghubungkan hal ini dengan makhluk luar angkasa.

Noah Petro, ilmuwan proyek untuk misi Lunar Reconnaissance Orbiter Camera (LROC) menjelaskan :

"Itu bukan puncak menara ! Apa yang terjadi adalah bahwa ada kawah kecil yang terbentuk di tepi, setelah kawah yang leih besar, Marsenius."

LROC atau Lunar Reconnaissance Orbiter Camera, adalah pesawat NASA yang saat ini mengorit bulan untuk memetakan permukaannya.

Kepada Huffington Post, ilmuwan menjelaskan struktur tersebut :

"Dalam gambar (di mana posisi) matahari tinggi, kawah terang lebih mudah terlihat, tetapi tidak ada yang aneh dibandingkan dengan area yang lain di bulan."

"Matahari sangat rendah di horizon sehingga lesung pipit di dinding kawah menciptakan bayangan di sepanjang timur."

"Tampilan menara itu adalah objek yang dihasilkan dari proses menyatukan mosaik gambar."




(Sumber : Mystery of the 'alien tower' on the moon is solved: Lunar expert claims spire is actually a small crater on the rim of larger one)