Sebuah video yang belum lama ini beredar di internet, diklaim memperlihatkan kemunculan ikan raksasa di Danau Ranu Pakis, Lumajang, Jawa Timur.

Seorang warga setempat yang berprofesi sebagai nelayan, Muhammad Idris aidhowi mengatakan bahwa memang ada mitos yang berkembang di kalangan masyarakat desa Ranu Pakis bahwa danau itu dijaga oleh "penunggu danau".

"Kalau penunggu, di sini memang katanya ada yang (berwujud) ikan, ada yang (berwujud) ular. Cuman banyak yang melihat itu ular. Kalau mitos ikan besar, memang ada. Kemungkinan sebesar perahu bambu ini."

"Kata warga sekitar sini sih ikan misterius itu adalah ikan penunggu danau."

"Mereka takut terjadi hal-hal yang tidak diinginkan."



Namun, Muhammad Idris memantah jika video tersebut merupakan ikan raksasa penunggu danau, karena menurutnya, itu hanyalah ikan yang bergerombol.

"Kemarin itu saking banyaknya (ikan), dari atas tampak seperti ikan besar, ya kira-kira panjangnya 7 meteran karena memang 3 gerombolan jadi satu."

"Sebenarnya ikan yang viral itu adalah ikan mas yang diikuti oleh ikan kecil-kecil yang sangat banyak jumlahnya, sehingga tampak seperti ikan besar kalau (dilihat) dari atas danau."



Idris menambahkan bahwa saat pengambilan video, Danau Ranu Pakis dalam keadaan berkabut, yang membuat gerombolan itu tampak seperti bayangan dari ikan raksasa.

"Ranu Pakis kan memang misterius ya di dalamnya, jadi warga-warga di sini percaya kalau (danau ini) ada penunggunya. Tapi, yang pasti bukan yang viral di video itu."

Idris menjelaskan bahwa gerombolan itu adalah ikan mujaer yang dia buru di sekitar Danau Ranu Pakis.

Di danau ini diketahui hidup beragam ikan seperti ikan mas, ikan mujaer, gurame, sidat, gabus dan lain-lain.

"Itu ikan yang saya cari, karena ada gerombolan, jadi nangkapnya enak, kemarin saja saya dapat tangkapan seberat 15 kg dari gerombolan ikan itu."


Idris mengakui bahwa belakangan ini mememang banyak ikan-ikan yang berenang secara bergerombol, dan pada saat itu kebetulan ada warga yang merekam momen ikan-ikan ini yang naik ke permukaan, sehingga terlihat seperti bayangan dari ikan yang berukuran raksasa.

* Penampakan ikan yang diambil dari jarak jauh tidak ditampilkan karena gambarnya tidak begitu jelas ..

(Sumber : Viral Ikan Raksasa Muncul di Ranu Pakis Lumajang, Penunggu Danau ?)