Pada bulan lalu, sebuah video berjudul "mermaid in kenya" sempat viral di TikTok karena menunjukkan makhluk aneh yang terdampar di pantai Afrika.

Video ini diklaim memperlihatkan sekelompok orang yang berkerumun di sekitar sosok setengah manusia setengah ikan, atau yang biasa disebut putri duyung..

"Jika anda percaya, anda percaya, jika anda tidak percaya, jangan percaya - ini sederhana. Jangan terlalu agresif dalam berkomentar.".


Beberapa pengguna mempertanyakan keaslian dan mengamati bahwa putri duyung terseut tidak memiliki jari berselaput atau insang.

Sebagian besar penonton skeptis dengan rekaman ini dan berspekulasi bahwa objek seperti ekor mungkin terhubung dengan satu set tali yang dapat ditarik untuk membuatnya bergerak.

Jika diperhatikan juga, suara orang-orang di video tersebut tidak sinkron dengan videonya sendiri, mungkin audio dari suara lain telah ditempelkan ke video ini..


"Cara sirip bergerak pada saat yang sama hampir dalam ritme. Itu boneka.".

"Bagi saya itu terlihat seperti anak kecil di dalam mulut ikan, dan orang-orang menyebutnya putri duyung.".

"Yang membuat saya bertanya-tanya adalah, apakah orang-orang memeriksa untuk melihat apakah bagian ikan dan manusia itu terhubung ? Apakah seekor ikan menelan seorang anak atau apakah itu benar-benar satu makhluk hidup ?."


Sebuah video yang berdurasi sedikit lebih lama dikatakan telah ditemukan dan menunjukkan bagian bawah putri duyung tersebut hanyalah ekor ikan, sedangkan rambut putri duyung itu sendiri seperti rambut dari film Disney, rambut ombre panjang yang tampak merupakan wig merah, mirip dengan rambut Ariel (tokoh fiksi dalam Little Mermaid).


Dan Evon (Snopes) menulis bahwa :.

"Kemungkinan besar, video ini adalah komposit yang diubah secara digital yang menampilkan rekaman asli dari ikan yang sekarat dan gambar anak atau boneka yang ditambahkan secara digital."

ITV News (outlet berita televisi Inggris) juga menganalisis video dalam laporan yang disiarkan secara ekslusif di Instagran dan YouTube..

Mereka menyimpulkan bahwa : "Tanpa bukti ilmiah yang kuat tentang putri duyung, dan keaslian video ini diperdebatkan, sangat tidak mungkin bahwa ini benar putri duyung."

Seorang juru bicara dari Dinas Kepolisian Afrika Selatan Muizenberg, mengatakan kepada Snopes :

"Harap dicatat bahwa Muizenberg SAPS tidak memiliki laporan tentang putri duyung yang terdampar di pantai, dan belum menerima laporan tentang anak yang digigit ikan dalam beberapa bulan terakhir."

Menurut Kenya NTV News (saluran berita lokal), Komisionaris Regional Pantai dan Komandan Kwale County di Kenya, telah menyatakan video itu sebagai "kebohongan" dan laporan tentang putri duyung yang beredar di media sosial adalah palsu.

(Sumber : Was a mermaid found in Africa bizarre TikTok goes viral ?)