Koleksi perpustakaan di Museum Nasional Skotlandia telah mengungkapkan bahwa mereka memiliki File monster mereka sendiri, termasuk sketsa dari Monster Loch Ness.

File-file tersebut termasuk anjing iblis, ular laut hingga yeti, tersusun folder demi folder dari laporan dan surat-surat tentang monster yang mereka temui.

Dalam sebuah log, Monster File museum menyatakan :

"Koleksi kami mengungkapkan bagaimana selama bertahun-tahun penampakan, teori, dan 'bukti', yang menarik, menunjukkan bahwa cryptid ini berada dalam kesadaran kolektif kita."

Pada tahun 1975, Ian HJ Lyster (Departemen Royal Scottish Museum untuk sejarah alam), menerima sketsa makhluk besar yang diduga naik ke darat di dekat Drumnadrochit pada tahun 1936.

"Saya cukup goyah saat pertama kali melihat sketsa itu."


"Reaksi pertama saya adalah bahwa makhluk seperti itu akan menjelaskan bahwa deskripsi yang tampaknya aneh tentang monster Loch Ness, dan juga foto-foto seperti tiga punuk yang diambil oleh Lachlan Stuart pada tahun 1951."

"Lobus berdaging aneh yang tergantung di kepalanya juga telah banyak dijelaskan oleh para saksi."



Sketsa itu dilaporkan oleh seorang pria dari Galloway yang menggambarkan monster itu sebagai makhluk "berdaging dan lembek" dengan "penampilan kurus" dan mengisap rumput dari bebatuan.

Ian HJ Lyster tidak merasa aneh bahwa pria itu belum pernah maju untuk menceritakan kisahnya.

"Beberapa orang yang telah saya ajak bicara, yang telah melihat monster itu, enggan untuk membicarakannya karena takut diejek."

Gambar itu telah dilihat oleh John Dennis (ahli botani Amerika), yang mengira itu tampak seperti karikatur dari Walt Disney, tetapi dia juga percaya itu asli.

File-file itu juga mencangkup pertukaran surat dari tahun 1950, setelah seorang anggota masyarakat menulis kepada Dr. A.C. Stephen (penjaga departemen sejarah alam), tentang penampakan aneh di Loch Craignish.

Surat itu menggambarkan makhluk menyerupai ular laut yang muncul di permukaan, yang disaksikan oleh tiga orang termasuk seorang seniman yang menggambar beberapa sketsa yang menyertai surat tersebut.

(Sumber : Sketch of creature seen on Loch Ness in 1936 held in 'Monster Files' collection at National Museum of Scotland)