Gambar sonar yang diambil oleh pengemudi Cruise Loch Ness, Ronald Mackenzie pada Rabu sore, memperlihatkan objek berukuran besar, dan jika gambar itu memang menangkap Nessie, itu menunjukkan bahwa makhluk itu memiliki panjang sekitar 33 kaki (10 meter).

"Kami berada di titik tengah dari Invermoriston, di mana kami berbalik. Kedalaman airnya 620 kaki (188 meter)."

"Penumpang cukup bersemangat karena kami baru saja melihat elang laut, tetapi kemudian saya melihat sesuatu yang lebih menarik di sonar."

"Itu tepat di tengah-tengah danau, sekitar 558 kaki (170 meter) ke bawah. (Sesuatu) itu besar - setidaknya (berukuran) 33 kaki (10 meter)."

"Kontak itu berlangsung 10 detik saat kami lewat."


"Saya sudah berada di danau sejak saya berusia 16 tahun dan belum pernah melihat yang seperti itu."

"Kami memiliki sonar yang sangat canggih di kapal yang baru. (Sonar) itu tidak berbohong. (Sonar) itu menangkap apa yang ada di sana."


"Saya yakin ada sesuatu di danau yang tidak diketahui siapa pun, entah itu belut berukuran besar, atau sturgeon, atau sejenis ikan besar - atau bahkan Nessie."

"Siapa yang tahu apa itu, ada cukup banyak ikan di dasar danau, ada trout dan belut karnivora."

"Saya percaya bahwa ada sesuatu berukuran besar yang hidup jauh di dalam Loch (danau), siapa yang tahu apa itu, tetapi saya sangat senang untuk berpikir itu adalah Nessie."

"Itu adalah sesuatu yang memakan belut atau ikan trout. Ini sangat tidak biasa."

"Saya akan memberikan gambar tersebut kepada perusahaan yang membuat peralatan untuk dilihat (mereka)."

Michael Golding dari Inverness mengatakan :

"Nessie benar-benar mengalami masa yang cukup sulit selama pandemi."

"Saya pikir ia menikmati bersembunyi seperti orang lain selama periode lockdown, dan saya pikir penting bagi orang untuk menanyakan pertanyaan 'Apa yang ada di Loch Ness dan apa yang bisa anda lihat jika anda pergi ke sana ?."

"Tidak ada yang memiliki jawaban untuk pertanyaan itu."

Pakar sonar, Craig Wallace mengatakan bahwa "itu 100 persen asli."

"Ahli sonar telah melihatnya dan memverifikasi bahwa ini 100 persen asli. Jika ada sesuatu di sana, pasti itu akan muncul di layar. Pasti ada sesuatu di sana."


Namun, spesialis marine robotics senior application, menambahkan "Saya yakin sturgeon besar benar-benar masuk ke Loch Ness. Itu mungkin sturgeon atau sekelompok ikan kecil."

"Tapi ini jelas merupakan kontak yang mempesona dan menarik, dan tanpa diragukan lagi, itu semakin menambah perdebatan tentang Nessie."


Pengamat Nessie, Steve Feltham menggambarkan gambar sonar yang diambil oleh Mackenzie sebagai bukti "paling meyakinkan" yang telah dia lihat, bahwa makhluk legendaris itu benar-benar ada.

"Ini sangat menarik. Saya telah mengenal Ronald Mackenzie selama 30 tahun. Dia adalah pemuda dataran tinggi yang tidak mencari publisitas dan menghindar dari teori Nessie yang fantastis."

"Dia bukan seseorang yang suka (membuat klaim palsu) - atau Nessie - tapi dalam waktu tujuh menit setelah kontak sonar, dia mengirimkan pesan kepada saya."

"Saya pasti menganggap Nessie adalah binatang. Saya pikir kita semakin dekat untuk menemukan jawabannya."

Sepanjang tahun ini, delapan penampakan telah diterima oleh The Official Loch Ness Monster Sightings Register.

(Sumber : Loch Ness Monster 'caught on sonar' as 30ft shape detected 500ft below surface in 'most compelling evidence yet', Nessie 'captured' on sonar equipment by cruise boat)