Sebuah video yang cukup aneh tampak memperlihatkan pesawat yang "berhenti" atau "membeku" di langit Rusia.

Rekaman itu diambil oleh seseorang dalam mobil yang bepergian di dekat bandara Vnukovo, di mana pesawat terlihat tidak bergerak saat melayang di udara.


"Glitch dalam Matrix."

"Pesawat tersangkut di udara."

"Apa ini nyata ?."

Teori bagaimana hal itu bisa terjadi kemudian beredar, dan yang lain menyarankan bahwa pilot baru saja menggunakan rem tangan pesawat.

Namun, beberapa pengguna telah menunjukkan bahwa itu hanyalah ilusi optik yang disebabkan oleh kecepatan rendah dari pesawat yang tampaknya baru saja terbang atau akan mendarat dari bandara terdekat, serta angin kencang yang bertiup ke arahnya. Cuaca cerah dan posisi pengendara juga berperan dalam membuat pesawat itu terlihat lebih menggantung di udara.

Dalam penerbangan, ada istilah angin silang atau crosswind (angin kencang yang datang dari samping), dan salah satu cara terbaik untuk menghadapinya adalah dengan memperlambat sebanyak mungkin, menghadapkan pesawat ke arah angin, dan menyentuh tanah secepat mungkin.

"Saat orang mengira pesawat "membeku" di udara, itu mungkin sebenarnya bergerak sangat lambat untuk menghindari bencana."

"Sebuah pesawat bisa saja 'membeku' di atas tanah (memiliki kecepatan gerak nol) jika kecepatan angin lebih besar dari kecepatan daya angkat pesawat. Bahkan (pesawat) dapat mundur ke tanah."

"Dan tentu saja ada pesawat aerobatik yang memiliki daya dorong di mana mereka dapat menggunakan mesin sebagai pengganti sayap untuk tetap di udara dan tidak bergerak."

"Kecepatan rendah pesawat, yang terlihat akan mendarat, kemungkinan besar menghadapi angin kencang."

"(Itu) ilusi optik. Banyak terjadi di kota saya, saat (pesawat) C-Class datang untuk mendarat. C-130s dan pesawat yang lebih besar dapat terlihat melayang saat anda mengemudi ke arah yang berlawanan."

(Sumber : Bizarre video of passenger plane 'suspended in mid-air' sparks wild theories)