Pada akhir pekan lalu, Adam Schwartz, seorang penduduk Calgary yang sedang berlibur di Okanagan, merekam ombak aneh di Danau Okanagan.

Adam mengatakan mereka mengamati ombak atau gelombang yang "bergerak sangat aneh" itu selama sekitar 30 detik, lalu merekamnya selama 30 detik atau lebih, sebelum gelombang itu menghilang.

"Kami nongkrong di pantai. Itu adalah hari yang sangat tenang dan tidak ada perahu yang lewat atau apapun."

"Kami sedang melihat ke air. Lalu, tiba-tiba, kami melihat formasi gelombang aneh yang berlawanan dengan arus yang datang."

Adam, yang telah berkali-kali berlibur di wilayah tersebut, cukup familiar dengan Danau Okanagan, dan mengetahui tentang mitos Ogopogo.

"Saya pasti berpikir ada sesuatu di bawah sana."

"Ini adalah pertama kali (saya) melihat hal seperti itu di Danau Okanagan."


Adam berpikir bahwa ogopogo adalah makhluk seperti ikan dan "sangat panjang dan meyukai (berenang) rendah di danau dan sesekali muncul (ke permukaan)."

Dia mengunggah video yang dia dapatkan ke TikTok pada Selasa pagi, dan mendapatkan ribuan penayangan.

"Kami cukup senang dengan penampakan kami dan kami membicarakannya sepanjang hari. Setiap orang yang kami perlihatkan videonya juga cukup tertarik untuk melihatnya."

Kepada Global News, Bill Steciuk mengatakan :

"Hal yang gila adalah, saat ini, adalah waktu yang penuh gejolak di Danau Okanagan. Anda memiliki air dingin yang muncul ke permukaan, menciptakan segala macam perhatian."

"(Penampakan) ini bisa juga dari pantulan cahaya dari puncak gelombang yang sebenarnya. Jadi ini bisa jadi banyak hal."

Tapi, Steciuk juga berkata :

"Menurut saya, itu bukan teman kita (Ogopogo)...terkadang ombak hanyalah ombak. Saya tahu orang-orang memotretnya di danau yang tenang dan (berpikir), 'Oh' ada sesuatu yang menyebabkannya (terjadi). Tapi seringkali, tidak ada (yang menyebabkannya)."

Steciuk mengatakan bahwa sebagian besar penampakan Ogopogo terjadi pada akhir musim panas dan pada awal musim gugur, rentang minggu antara awal September dan pertengahan Oktober.

"Saya selalu mengatakan jika ingin mengambil foto, itu adalah waktu yang tepat. Pergilah ke danau dan ambil kamera. Anda akan mendapatkan kesempatan terbaik anda."

Saat ditanya mengapa rentang minggu itu terdapat banyak penampakan, Steciuk mengatakan dia tidak tahu mengapa, tetapi menambahkan, "inilah saatnya".

Di tahun ini juga terjadi peningkatan jumlah orang yang mengirim video tentang penampakan Ogopogo.

Steciuk mengatakan dua penampakan baru-baru ini, yang dilaporkan kepadanya, salah satunya berasal dari pria asal Vernon.

"Pria ini menangkap sturgeon di Sungai Fraser, lalu dia dan temannya benar-benar melihat Ogopogo, tiga meter dari bagian belakang kapal mereka."

"Pria ini mengatakan bahwa dia ragu bisa melingkarkan lengannya ke tubuh (makhluk itu), itu sangat tebal."

Meskipun penampakan itu hanya diceritakan melalui wawancara telepon, dari nada dan perasaan bersemangat yang ditunjukkan, "bahwa pria ini telah melihat sesuatu yang tidak dapat dia percayai".

(Sumber : Odd waves or Ogopogo Calgary resident captures ‘weird waves’ on Okanagan Lake